Skip to main content

PAS GENAP PKn KLS 8 SMP

 


1.    Adanya kesadaran di antara bangsa Asia dan Afrika yang masih terjajah  mendorong bangsa Indonesia untuk melakukan pergerakkan nasional. Semangat pergerakkan  itu juga sebenarnya dipengaruhi oleh paham baru yang lahir di Eropa, seperti demokrasi, nasionalisme, liberalisme dan sosialisme. Lahirnya paham-paham ini dapat disimpulkan bahwa….
a.    Penjajahan bertentangan dengan kebebasan dan hak asasi manusia
b.    Eropa ingin menguasai negara-negara lain sebagai perluasan wilayahnya
c.    Adanya kebebasan untuk menjadikan negara-negara lain sebagai uni Eropa
d.    Menerapkan paham- paham baru tersebut ke negara-negara jajahannya

2.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Terjadinya Revolusi Rusia tahun 1917
2)    Kemenangan dan perlawanan bangsa Asia terhadap bangsa Barat
3)    Kesadaran akan peristiwa Perang Dunia I  (1914- 1918)
4)    Tindakan pemerintah Kolonial yang sangat diskriminatif
5)    Lahirnya golongan terpelajar
Perkembangan pergerakan nasional Indonesia dipengaruhi faktor dari dalam, yaitu….
a.  1 dan 2                   
b.  2 dan 4
c.  1 dan 3
d.  4 dan5

3.    Perhatikan gambar berikut! 

Gambar tersebut adalah suasana kongres….
a.    Pemuda I
b.    Budi Utomo I
c.    Pemuda II
d.    Jong Ambon

4.    Lahirnya Negara Indonesia sebagai Negara yang merdeka merupakan hasil perjuangan seluruh bangsa. Semangat nasionalisme yang tinggi dari rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan adalah modal penting bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Adanya kesadaran akan pentingnya semangat nasionalisme mulai tumbuh pada tahun 1908 dimana momentum tersebut dinamakan sebagai kebangkitan nasional. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan makna kebangkitan nasional adalah….
a.    Titik awal untuk melawan bangsa-bangsa penjajah
b.    Proses awal pembentukkan pemerintahan Indonesia yang dicita-citakan
c.    Momentum perubahan perjuangan dari perjuangan yang sifatnya kedaerahan menjadi perjuangan nasional
d.    Perjuangan bangsa harus dilakukan secara frontal dengan menggunakan senjata

5.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Saling menghormati antar teman
2)    Bekerja sama dalam kegiatan kepanduan
3)    Ketua kelas memutuskan sendiri tentang masalah kelasnya
4)    Guru kelas mengajak semua siswa untuk membahas kebersihan kelas
5)    Menghargai pendapat teman dalam diskusi
6)    Tidak melaksanakan hasil musyawarah karena tidak berpartisipasi dalam musyawarah
Dari pernyataan ini, budaya demokrasi di sekolah ditunjuk dengan nomor….
a.    1, 2, 3, dan 4
b.    2, 3, 4, dan 5
c.    3, 4, 5, dan 6
d.    1, 2, 4, dan 5

6.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Ada keterlibatan masyarakat dalam semua aspek kehidupan
2)    Pengakuan atas aturan hukum
3)    Kesetaraan gender diakui
4)    Ada kebebasan warga
5)    Ada diskriminasi terhadap warga Negara
6)    Paksaan partai politik
Dari pernyataan ini muncul bahwa unsur-unsur demokrasi sebagai bentuk pemerintahan ditunjuk dengan nomor….
a.  1, 2, 3, dan 4                       
b.  1, 2, 3, dan 5 
c.  1, 2, 3, dan 6
d.  3, 4, 5, dan 6

7.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Dapat memperkokoh suatu bangsa
2)    Sebagai pedoman membangun bangsa dan Negara
3)    Memberi arah dan cita-cita bangsa
4)    Digunakan untuk melanggengkan kekuasaan pemerintah
5)    Menghilangkan berbagai keragaman bangsa
Dari kelima pernyataan di atas, manakah yang menunjukkan pentingnya ideology bagi suatu bangsa….
a.  1, 2, dan 3                          
b.  1, 2, dan 4
c.  2, 3, dan 5
d.  3, 4, dan 5

8.    Salah satu contoh dari sikap yang sesuai dengan Pancasila sila kedua ialah….
a.    Memberi sumbangan kepada korban bencana alam
b.    Membina kerukunan dengan pemeluk agama lain
c.    Mengutamakan musyawarah untuk mufakat
d.    Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

9.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Memakai seragam sesuai dengan ketentuan sekolah
2)    Menjaga keutuhan barang-barang milik sekolah
3)    Memalak uang adik kelas untuk membeli LKS
4)    Menaati tata tertib yang menguntungkan diri sendiri
5)    Tidak membedakan bergaul dengan teman karena agamanya
Sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah ditunjukkan pada nomor….
a.  1, 2, dan 3                            
b.  1, 2, dan 5   
c.  2, 3, dan 4
d.  2, 4, dan 5

10.  UUD 1945 menganut system pemerintahan Kabinet Presidensil yang berarti bahwa….
a.    Menteri-menteri bertanggung jawab kepada Presiden
b.    Menteri-menteri bertanggung jawab kepada DPR
c.    Menteri-menteri dipilih oleh rakyat
d.    Menteri-menteri dipilih oleh DPR

11.   Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Pengangkatan Soekarno sebagai presiden seumur hidup
2)    Pengangkatan Soeharto sebagai presiden
3)    Pembubaran DPR oleh Presiden
4)    Pimpinan lembaga Negara sebagai menteri
5)    Hak budged DPR tidak berjalan
6)    Mengeluarkan Tap MPR tentang referendum
Dari pernyataan tersebut, manakah yang merupakan bentuk dari penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama (masa pemerintahan Presiden Soekarno)….
a.  1, 2, 3, dan 5                      
b.  1, 3, 4, dan 5 
c.  1, 2, 4 dan 6
d.  1, 3, 5, dan 6

12.  Dalam Pasal 7 UUD 1945 hasil amandemen menyatakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk….
a.    Satu kali masa jabatan
b.    Dua kali masa jabatan
c.    Tiga kali masa jabatan
d.    Empat kali masa jabatan

13.    Perhatikan urutan dari Peraturan Perundang-Undangan Negara RI menurut UU NomorPerhatikan urutan dari Peraturan Perundang-Undangan Negara RI menurut UU Nomor 12 Tahun 2011 berikut
1.    UUD UUD 1945
2.    Ketetapan MPR
3.    UU atau Peraturan Pemerintah pengganti UU
4.    ....
5.    Peraturan Presiden
6.    Peraturan Daerah Provinsi
7.    Peraturan Daerah Kabupaten atau Kota
Pada titik- titik di nomor 4 adalah….
a.    Peraturan Pemerintah
b.    Keputusan Presiden
c.    Keputusan Pemerintah
d.    Keputusan Menteri

14.    Manakah perlakuan yang benar bagi pelaku korupsi yang telah merugikan keuangan Negara….
a.    Dihukum maksimal sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku
b.    Harus mengembalikan uang hasil korupsinya kepada masyarakat
c.    Dihukum mati tanpa disidang terlebih dahulu
d.    Diarak keliling kampong supaya jera

15.    Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik….
a.    Devide et impera
b.    Balas Budi
c.    Etische Politic
d.    Dumping

16.    Perhatikan nama-nama berikut ini!
1.    Baron Van Houvel
2.    Van Den Bosch
3.    Mr. Van Deventer
4.    Edward Douwes Dekker
Siapakah orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia yang mengetahui penderitaan rakyat Indonesia karena diterapkannya sistem Tanam Paksa?
a.  1, 2, dan 3                                
b.  1, 2, dan 4
c.  1, 3, dan 4
d.  2, 3, dan 4

17.    Kongres Budi Utomo yang pertama berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 3- 5 Oktober 1908. Kongres ini dihadiri beberapa cabang yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta I, Yogyakarta II, Magelang ,Surabaya, dan Batavia. Dalam kongres yang pertama berhasil diputuskan beberapa hal, diantaranya adalah….
a.    Tidak membatasi jangkauan geraknya kepada penduduk Jawa dan Madura
b.    Melibatkan diri dalam politik
c.    Bidang kegiatan adalah bidang pendidikan dan budaya.
d.    Merumuskan tujuan utama organisasi adalah kemajuan organisasi itu sendiri

18.    Perhatikan nama tokoh-tokoh berikut ini!
1.    Wahidin Sudirohusodo
2.    Sutomo
3.    Suwardi Suryadiningrat
4.    Cipto Mangunkusumo
Siapakah tokoh-tokoh perintis kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia?
a.  1, 2, dan 3                       
b.  2, 3, dan 4
c.  1, 3, dan 4
d.  1, 2, dan 4

19.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya
2.    Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin
3.    Menjaga kelestarian alam
4.    Membuang sampah pada tempatnya
Dari pernyataan tersebut, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor….
a.  1, 2, dan 3                      
b.  1, 3, dan 4
c.  2, 3, dan 4
d.  1, 2, dan 4

20.    Perhatikan tindakan-tindakan berikut  yang tidak sesuai dengan gagasan Wahidin Sudirohusodo tentang pendidikan;
a.    Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga dia belajar dengan serius
b.    Indah ingin sekolah yang tinggi  supaya menjadi karyawan di perusahaan terkenal
c.    Diana merasa sangat bersedih saat melihat temannya putus sekolah karena tidak ada biaya
d.    Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar

21.    Negara Indonesia merupakan suatu Negara yang letak wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai….
a.    Keistimewaan
b.    Keunggulan
c.    Kehebatan
d.    Kelebihan

22.    Dalam rapat  para pemuda Indonesia yang pertama pada Sabtu 27 Oktober 1928, Moh.Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut Moh.Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hokum adat serta….
a.    Bahasa dan pendidikan
b.    Bahasa dan lagu kebangsaan
c.    Bendera kebangsaan dan lambang Negara
d.    Bahasa dan bendera Negara

23.    Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 bukan saja untuk menggerakkan para pemuda meraih kemerdekaan, namun juga….. bangsa Indonesia sebagai sebuah Negara. Manakah jawaban yang tepat untuk melengkapi wacana tersebut….
a.    Menumbuhkan rasa cinta
b.    Menggerakkan hati
c.    Mempertegas jati diri
d.    Mempertegas keinginan

24.    Perhatikan nama- nama berikut!
1.    Soegondo Djojopoespito
2.    R.M. Djoko Marsaid
3.    Amir Syarifuddin
4.    WR. Supratman
5.    Senduk
6.    Johanes Laimena
Siapa sajakah yang menjadi panitia Kongres Pemuda II….
a.    1, 2, 3, 4, dan 5
b.    2, 3, 4, dan 6
c.    1, 2, 3, 5, dan 6
d.    3, 4, 5, dan 6

25.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Merusak, menyobek, menginjak-injak, membakar bendera Negara
2.    Menggunakan bendera Negara untuk promosi atau iklan komersia
3.    Membentangkan bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut atau kusam
4.    Mencetak, menyulam, menulis huruf, angka dan gambar
5.    Mengibarkan bendera Negara di depan gedung sekolah
Dari pernyataan tersebut, hal-hal yang dilarang dilakukan terhadap bendera Negara adalah….
a.    1, 2, 3, dan 5
b.    1, 3, 4, dan 5
c.    2, 3, 4, dan 5
d.    1, 2, 3, dan 4

26.    Perjuangan sekarang ini yang tak terbatas oleh waktu karena perjuangan bermaksud mencapai tujuan akhir nasional seperti yang dimaksud dalam UUD 1945. Pernyataan tersebut ditunjuk pada pilihan….
a.    Periode I   :  Masa sebelum Pergerakan Nasional
b.    Periode II  :  Masa Pergerakan Nasional
c.    Periode III :  Masa Proklamasi serta Perang Kemerdekaan
d.    Periode IV :  Masa Perjuangan Mengisi Kemerdekaan

27.    Setiap warga Negara Indonesia mempunyai hak dalam memanfaatkan kekayaan wilayah nusantara untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari. Hal tersebut adalh wujud dari Indonesia sebagai kesatuan….
a.    Ekonomi
b.    Sosial Budaya
c.    Wilayah
d.    Spiritual

28.    Rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan yang digunakan untuk mengabdi kepada Negara adalah perwujudan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan yaitu….
a.    Rela berkorban
b.    Semangat kekeluargaan
c.    Cinta tanah air
d.    Membina persatuan dan kesatuan

29.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan Indonesia
2.    Tidak melakukan hal-hal yang dapat mengancam persatuan bangsa
3.    Memberikan tenaga dan waktu dengan ikhlas untuk kepentingan bersama
Ketiga pernyataan tersebut menggambarkan perilaku dan komitmen kebangsaan yaitu….
a.    Membina persatuan dan kesatuan
b.    Semangat mengabdi
c.    Cinta tanah air
d.    Rela berkorban

30.    Pak Dedi merupakan seorang pejabat di lingkungan pemerintahan di kota tempat ia tinggal. Pak Dedi memiliki sikap disiplin dan tidak pernah melanggar hokum terutama yang berhubungan dengan korupsi. Sikap tersebut mencerminkan….
a.    Ketokohan
b.    Keteladanan
c.    Kebangsaan
d.    Pewarisan

31.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Menerapkan UUD 1945
2.    Memilih Presiden dan Wakil Presiden
3.    Membentuk  Komite Nasional untuk membantu Presiden
4.    Membentuk Badan Keamnan Rakyat (BKR)
5.    Pembubaran BPUPKI
Pernyataan tersebut, yang termasuk hasil sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945 adalah….
a.  1, 2, dan 3                            
b.  1, 3, dan 4
c.  2, 3, dan 5
d.  2, 4, dan 5

32.    Perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 

 

 

 

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam gambar tersebut adalah….
a.    Cinta tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia.
b.    Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
c.    Berani membela kebenaran dan keadilan
d.    Mengembangkan perbuatan luhur dan suka bekerja keras

33.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Menyebarluaskan ideology Pancasila ke seluruh dunia
2)    Mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara
3)    Menghafalkan nilai-nilai Pancasila
4)    Mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Sikap positif terhadap Pancasila ditunjukkan nomor….
a.  1 dan 2                
b.  1 dan 3 
c.  2 dan 4
d.  3 dan 4

34.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    UU NKRI Tahun 1945
2)    Konstitusi RIS 1949
3)    UUD Sementara Tahun 1950
4)    UUD Sementara Tahun 1955
5)    Konstitusi Sementara 1950
Dari pernyataan tersebut, konstitusi
Yang pernah berlaku di Indonesia adalah….
a.  1, 2, dan 3.                    
b.  1, 3, dan 4 
c.  2, 3, dan 4
d.  3, 4, dan 5

35. Perhatikan gambar!
  

 

 

 

 

 

 

Gambar tersebut merupakan pengamalan Pancasila terutama sila….
a.    I                  
b.  II                     
c.  III                       
d.  IV.

35.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Presiden memegang kekuasaan sebagai kepala pemerintahan
2)    Menteri dipilih dan diberhentikan oleh Presiden
3)    Kedudukan Presiden dan DPR adalah sederajat
4)    Presiden adalah kepala Negara bukan kepala pemerintahan
5)    Kedudukan DPR lebih tinggi daripada Presiden
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri system pemerintahan presidensial adalan….
a.  1, 2, dan 3.                    
b.  1, 2, dan 4 
c.  1, 3, dan 4
d.  2, 3, dan 5

36.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Menetapkan pembubaran Konstituante
2)    Berlakunya kembali UUD 1945
3)    Pembentukan DPRS dan BPKS
4)    Pembentukan MPRS dan DPAS
5)    Penetapan Presiden seumur hidup
Dekit Presiden 5 Juli 1959 ditunjukkan nomor….
a.  1 dan 3                   
b.  1 dan 4
c.  2 dan 4
d.  2 dan 5

37.    Perbedaan pokok antara UUD 1945 dengan UUDS 1950 adalah….
    UUD 1945    UUDS 1950
a.    Negara Republik    Negara Monarki
b.    Demokrasi Pancasil    Demokrasi Terpimpin
c.    Menjamin Hak Asasi Manusia    Hak Asasi Manusia diabaikan
d.    Sistem Presidensia    System Perlamenter

38.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Perubahan system presidensial menjadi parlamenter
2)    Perubahan UUD 1945
3)    Perubahan MPR sebgai lembaga tertinggi Negara
4)    Penghapusan Dwifungsi ABRI
Tuntutan Reformasi pada tahun 1988 ditunjukkan nomor….
a.  1 dan 2                    
b.  2 dan 4
c.  1 dan 3
d.  3 dan 4

39.    Perhatikan gambar berikut!


 

 

 

 

 

Gambar tersebut merupakan pengamalan sila kedua Pancasila yaitu….
a.    Berani membela kebenaran dan keadilan
b.    Mengakui persamaan hak dan kewajiban
c.    Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
d.    Hormat-menghormati dan bekerja sama

40.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Tahap pembahasan di DPR
2.    Tahap persiapan pembentukan UU
3.    Tahap pengundangan dan penyebarluasan
4.    Tahap pengesahan oleh Presiden
Prosedur tingkatan pembahasan RUU adalah….
a.    1-2-3-4                        
b.    2-1-4-3
c.  2-3-1-4
d.  2-1-3-4

41.    Nama-nama para ahli:
1.    Ernest Renan
2.    Otto Bauer
3.    Miriam Budiardjowillem Daendels
4.    Robert Brownhill
5.    Branson
Berdasarkan ahli-ahli tersebut, manakah tokoh ahli yang mencetuskan gagasan berkaitan dengan nasionalisme….
a.    1 dan 2                
b.    3 dan 4     
c.  4 dan 5
d.  5 dan 6

42.    Tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, pejabat Negara dan anggota dewan harus lebih mendengarkan dan menghargai aspirasi rakyat, serta lebih mementingkan kepentingan rakyat. Hal tersebut merupakan contoh sikap positif terhadap komitmen kebangsaan di lingkungan….
a.    Sekolah
b.    Masyarakat
c.    Masyarakat, bangsa,dan Negara
d.    Keluarga

43.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
2.    Tekat bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, dan bersatu
3.    Cinta akan tanah air dan bangsa
4.    Anarkisme antarumat beragama
5.    Keindividualistikan sosial
6.    Masyarakat yang saling curiga satu sama lain
Pernyataan yang termasuk dalam nilai-nilai wawasan kebangsaan ditunjukkan dengan nomor….
a.  1, 2, 3                    
b.  2, 3, 4
c.  4, 5, 6
d.  2, 5, 6

44.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.    Perjuangan bangsa Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, tapi bersifat nasional
2.    Perjuangan dilakukan dengan cara organisasi modern, dimana sejak berdirinya Budi Utomo merupakan titik awal kesadaran nasionalisme
3.    Masa ini disebut angkatan perintis, sebab di samping merintis kesadaran nasional juga merintis berdirinya organisasi
Pernyataan tersebut relevan dengan ciri-ciri….
a.    Masa sebelum kebangkitan nasional
b.    Masa Kebangkitan Nasional
c.    Masa Sumpah Pemuda
d.    Masa Proklamasi Kemerdekaan

45.    Perhatikan gambar!

Perbuatan dalam gambar tersebut termasuk pelanggaran terhadap….
a.    Aturan berlalu lintas
b.    Aturan sekolah
c.    Aturan walikota
d.    Aturan polisi

46.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Memberikan pelayanan tentang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan juga Bela Negara
2.    Setiap anggota keluarga dapat memberikan contoh atau tauladan tentang rasa kecintaan dan penghormatan pada bangsa
3.    Membiasakan hidup bersih, disiplin dan taat aturan melalui pelaksanaan tatatertib sekolah
4.    Membiasakan menanamkan nilai demokrasi melalui musyawarah keluarga
Manakah yang termasuksikap positif terhadap komitmen kebangsaan di lingkungan keluarga?
a.  1 dan 2                
b.  2 dan 3
c.  2 dan 4
d.  3 dan 4

47.    Perhatikan sebab-sebab kemunduran atau semakin lambannya suatu organisasi pergerakan berikut!
1.    Sering menunjukan pendidikan untuk kalangan priyayi darpada penduduk umumnya
2.    Lebih mementingkan pemerintah Kolonial Belanda darpada kepentingan rakyat Indonesia
3.    Menonjolkan kaum priyayi yang lebih mengutamakan jabatan menyebabkan kaum terpelajar tersisih
4.    Mulai terjerat oleh devide et impera
5.    Tumbuh suburnya biaya korupsi, kolusi, dan nepotisme
Berdasarkan hal-hal tersebut, faktor-faktor yang menyebabkan semakin lambannya organisasi Budi Utomo ditunjukkan dengan nomor….
a.  1, 2, dan 3                   
b.  4 dan 5
c.  1, 2, 3, dan 5
d.  1, 2, 3, dan 4

48.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Melancarkan isu pentingnya pertahanan sendiri dari serangan bangsa lain
2.    Menyokong gagasan wajib militer pribumi
3.    Mengirimkan komite Indie Weerbaar ke Belanda untuk pertahanan Hindia
4.    Membubarkan Badan Konstituante
5.    Mendirikan sekolah
Bentuk- bentuk peran politik Budi Utomo ditunjukan dengan nomor….
a.  1, 2, dan 3                   
b.  2, 3, dan 4
c.  1 dan 4
d.  3, 4, dan 5

49.    Perhatikan badan usaha berikut ini!
1.    Koperasi
2.    BUMN
3.    CV atau PT
4.    Company
5.    Corp
Badan usaha atau lembaga ekonomi yang dibentuk untuk melaksanakan Pasal 33 UUD 1945, ditunjukan dengan nomor….
a.  1, 2, dan 3                       
b.  4 dan 5
c.  3 dan 4
d.  1, 2, dan 5

50.    Contoh partisipasi rakyat di bidang hokum terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen ditunjukan di bawah ini!
1.    Menaati peraturan yang ada
2.    Ikut serta dalam usaha bela Negara
3.    Tidak main hakim sendiri
4.    Mewujudkan kesejahteraan
5.    Menolak ditahan jika penahanan tidak sesuai dengan prosedur
6.    Ikut memajukan kopersai di desa
Jawaban yang tepat ditunjukan dengan nomor….
a.  1, 2, 3               
b.  2, 4, 6 
c.  1, 3, 5
d.  4, 5, 6

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script>

Comments

Popular posts from this blog

4. LINK SEMESTER GENAP SMP SEMUA PELAJARAN

   LINK SEMESTER GENAP SELURUH MATA PELAJARAN SMP   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script> BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA  ISLAM KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-7-smp.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-8-smp_11.html KELAS 9   KRISTEN KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/blog-post_11.html KELAS 8   https://gammaomega1990.blogspot.

2. LINK SEMESTER GANJIL SMP SEMUA PELAJARAN

  <script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP   BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA ISLAM   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-7.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-8.html KELAS 9   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-9.html   1. AGAMA KRISTEN   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-kristen-kl

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha