Skip to main content

PAS GENAP PKn KLS 7 SMP


 

1.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Mengesahkan dan menetapkan UUD 1945
2.    Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh.Hatta sebagai wakil presiden
3.    Pembagian wilayah atas 8 provinsi
4.    Pembentukan Komite Nasional
Berdasarkan pernyataan tersebut, keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ditunjuk oleh nomor….
a.    1 dan 2               
b.    2 dan 4   
c.  1 dan 3
d.  3 dan 4

2.    Perhatikan nama tokoh berikut!
1.    Otto Iskandardinata
2.    Mr. Achmad Soebardjo
3.    Mr.Sartono
4.    Ir.Soekarno
Berdasarkan nama tokoh tersebut, yang merupakan ketua perancang UUD 1945 ditunjukan nomor….
a.    1                           
b.    2 
c.  3
d.  4

3.    Perhatikan tabel berikut!

Berdasarkan tabel tersebut, usulan dasar Negara dari Moh.Yamin ditunjukan pada tabel nomor….
a.  I                         
b.  II      
c.  III
d.  IV

4.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Mengesahkan UUD 1945
2.    Membentuk Komite Nasional Daerah
3.    Memilih presiden dan wakil presiden
4.    Menetapkan 12 kementerian yang membantu pemerintah
Hasil sidang PPKI yang pertama pada pernyataan tersebut ditunjukan dengan nomor….
a.  1 dan 2                                 
b.  2 dan 4 
c.  1 dan 3  
d.  3 dan 4

5.   Perhatikan gambar tokoh berikut!

 Gambar tersebut adalah….
a.    Pemimpin sidang BPUPKI I
b.    Pemimpin Pergerakan Nasional
c.    Perumus naskah Proklamasi
d.    Presiden dan Wakil Presiden Indonesia II

6.    Perhatikan tabel berikut!
   

Kalimat perubahan yang benar dari Piagam Jakarta ke pembukaan UUD 1945 pada sidang PPKI ditunjuk dengan nomor….
a.  I                   
b.  II                      
c.  III                       
d.  IV

7.    Perhatikan gambar berikut!
 

Kalimat yang sesuai untuk gambar tersebut adalah….
a.    Keberagaman yang ada di masyarakat Indonesia dapat disatukan oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika
b.    Pertunjukan pakaian adat nusantara sebagai wujud persatuan
c.    Memperingati hari Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita
d.    Ajang pemilihan wanita Indonesia  dalam busana adat nusantara

8.    Hak asasi manusia berkaitan dengan peran Bhinelka Tunggal Ika adalah menjaga keadilan di berbagai aspek. Salah satu hak asasi yang dimiliki manusia adalah hak untuk menentukan agama dan kepercayaan masing-masing. Jika ada warga yang mengganggu hak asasi manusia tersebut, dia akan terkena sanksi hukum yang tegas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa….
a.    Hak asasi manusia untuk memilih agama adalah hak yang diperoleh dari orang lain
b.    Hak untuk beragama ditentukan oleh orang tua
c.    Hak untuk menjalankan agama diatur oleh pemerintah pusat
d.    Hak untuk menentukan agama adalah hak pribadi yang tidak dipengaruhi oleh orang lain.

9.    Alinea kedua Pembukaan UUD 1945 berbunyi: “ dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia  ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur”.
Nilai yang terkandung dalam alinea ini adalah….
a.    Adanya kesadaran bahwa keadaan sekarang tidak dapat dipisahkan dari masa lampau.
b.    Bangsa Indonesia mendambahkan kehidupan berkesinambungan antara kehidupan material dan spiritual, rohani dan jasmani
c.    Keamanan, kesejahteraan, keadilan, dan persahabatan untuk menyusun kemerdekaan dengan UUD NKRI 1945
d.    Menunjukan keteguhan dan kuatnya pendiri bangsa Indonesia menghadapi masalah kemerdekaan

10.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Mengembangkan budaya hokum di semua lapisan masyarakat untuk terciptanya kesadaran dan kepatuhan hokum
2.    Tetap memperthankan undang-undang warisan colonial
3.    Mewujudkan lembaga keadilan yang mandiri dan bebas dari pengaruh penguasa dan pihak manapun
4.    Lembaga peradilan harus berkolerasi dengan pemerintah dalam memutus suatu perkara
5.    Berbagai proses peradilan terhadap pelanggaran hokum yang terjadi di masa lampau yang belum tuntas menjadi tanggung jawab pemerintah di masa lampau
Cara yang dapat dilakukan pemerintah dalam menumbuhkan ketaatan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan adalah….
a.  1 dan 2                     
b.  1 dan 3.          
c.  2 dan 4
d.  4 dan 5

11.    Pancasil merupakan jiwa dan kepribadian karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia serta memberikan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dari bangsa lain. Hal ini menunjukan Pancasila sebagai….
a.    Falsafah  bangsa Indonesia
b.    Pandangan bangsa Indonesia
c.    Kepribadian bangsa.
d.    Dasar Negara

12.    Dalam UUD 1945 kedaulatan di tangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR. Setelah UUD 1945 diamandemen menjadi….
a.    Kedaulatan di tangan rakyat dan dilakukan menurut undang-undang.
b.    Kedaulatan berada di tangan presiden dan wakil presiden
c.    DPR memegang kekuasaan tertinggi
d.    Kekuasaan Presiden seumur hidup

13.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Memilih  Ir.Soekarno dan Moh.Hatta sebagai Presiden dan wakil Presiden
2.    Menetapkan undang-undang dengan melakukan beberapa perubahan
3.    Untuk sementara waktu presiden dibantu oleh KNIP
Pernyataan tersebut merupakan hasil sidang….
a.  Renvile                       
b.  PPKI    
c.  BPUPKI
d.  Linggarjati

14.    Contoh partisipasi rakyat di bidang hokum terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen ditunjukan di bawah ini
1.    Menaati peraturan yang ada
2.    Ikut serta dalam usaha bela Negara
3.    Tidak main hakim sendiri
4.    Mewujudkan kesejahteraan
5.    Menolak ditahan jika penahanan tidak sesuai dengan prosedur
6.    Ikut memajukan koperasi di desa
Jawaban yang tepat ditunjukan oleh nomor….
a.  1, 2, 3                         
b.  2, 4, 6      
c.  1, 3, 5
d.  4, 5, 6

15.    Merupakan contoh partisipasi yang dapat dilakukan masyarakat terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen dalam bidang sosial budaya berikut ini
1.    Menjadi anggota pengurus partai
2.    Aktif menciptakan lapangan pekerjaan
3.    Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
4.    Aktif mengembangkan budaya daerahnya
5.    Mengusulkan adanya suatu jaminan sosial
6.    Pelanggar hokum harus diadili
Jawaban yang benar ditunjukan oleh nomor….
a.  1, 2, 3
b.  1, 3, 5
c.  2, 4, 6
d.  3, 4, 5

16.    Berkaitan dengan Rancangan undang-undang, UUD NRI Tahun 1945 Pasal 20 Ayat (3) menyatakan bahwa….
a.    Jika RUU tidak  mendapat persetujuan bersama, maka UU itu tidak dapat diajukan lagi pada masa persidangan itu
b.    Jika RUU tidak mendapat persetujuan bersama, maka RUU sah menjadi UU
c.    Jika RUU tidak mendapat persetujuan bersama, maka UU itu harus dipemilukan
d.    Jika RUU tidak mendapat persetujuan bersama, maka UU itu batal demi hukum

17.    Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan  bisa saja mengancam keuthan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip….
a.    Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
b.    Kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
c.    Musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian
d.    Kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan

18.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Letak strategis wilayah Indonesia
2.    Berasal dari nenek moyang yang berbeda
3.    Kondisi Negara kepulauan
4.    Perbedaan kondisi alam
5.    Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian
6.    Keadaan transportasi dan komunikasi
Dari pernyataan tersebut, mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia….
a.  1, 2, 3, dan 4                      
b.  2, 3, 4, dan 5  
c.  1, 3, 4, dan 6
d.  3, 4, 5, dan 6

19.    Pada peringatan hari Kartini, semua siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari….
a.  Ras                                      
b.  Agama        
c.  Suku bangsa
d.  Multi kulturalisme

20.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Agama Hindu dan Buddha dibawa oleh bangsa India
2.    Agama Islam dibawa oleh pedagang dari Gujarat
3.    Agama Hindu dan Buddha dibawa oleh bangsa Eropa
4.    Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia
5.    Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina
Pernyataan tersebut, yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah….
a.  1, 2, 4                                       
b.  1, 2, 5 
c.  1, 3, 4
d.  1, 3, 5

21.    Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar, dan berwarna coklat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat berambut lurus, mata sipit dan berwarna coklat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita dinamakan….
a.  Ras                                          
b.  Budaya      
c.  Golongan
d.  Suku bangsa

22.    Negara Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama, dan adat istiadat. Ari penting dari keberagaman suku, ras, agama, dan antar golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….
a.    Penyebab konflik antar suku, agama, ras, dan antar golongan
b.    Penyebab banyaknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat
c.    Keberagaman bangsa yangh sangat berharga untuk mencapai tujuan
d.    Keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas

23.    Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol ter[pilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Dari cerita singkat tersebut, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalamm keberagaman, yaitu toleransi antar….
a.  Umat beragama                        
b.  Suku  
c.  Golongan
d.  Daerah

24.    Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal….
a.    Berkompromi dengan penjajah
b.    Mempersatukan perbedaan yang ada
c.    Berdialog dengan penjajah
d.    Membentuk organisasi politik

25.    Penerimaan masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik yang datang dari dalam maupun dari  luar membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Contohnya, mudahnya menerima budaya asing yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Akan tetapi, ada juga masyarakat yang tetap bertahan pada budaya sendiri, contohnya pada masyarakat Baduy yang tetap memegang teguh budaya leluhur sampai saat ini. Berdasarkan pengaruh faktor-faktor tersebut dapat disimpulkan bahwa….
a.    Negara Indonesia menjadi Negara yang memiliki keanekaragaman dari segi suku, agama, ras dan kebudayaan.
b.    Negara Indonesia memiliki budaya yang sama
c.    Masyarakat Indonesia tertutup terhadap masuknya budaya asing
d.    Negara Indonesia mudah menyerap kebudayaan lain secara menyeluruh

26.    Perhatikan tabel berikut! 

Suku- suku yang sesuai  dengan daerah Provinsinya adalah….
a.  I                        
b.  II  
c.  III
d.  IV

27.    Di dalam pasal 33 ayat 1 pada UUD 1945 menyebutkan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Dari pernyataan tersebut berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, membantu satu sama lain dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kemakmuran  bersama secara adil. Berikut ini adalah salah satu bentuk kerja sama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal tersebut yaitu….
a.  Firma                           
b.  Koperasi
c.  BUMN
d.  VC

28.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Memperat persaudaraan dan kebersamaan
2.    Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan
3.    Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan
4.    Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan
Ditunjukkan pada pernyataan nomor berapakah yang memiliki arti pentingnya kerja sama….
a.  1, 2, 3                            
b.  1, 3, 4 
c.  1, 2, 4
d.  2, 3, 4

29.    Bagaimanakah cara yang dilakukan untuk mewujudkan kerja sama antar sesame warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara….
a.    Membantu tugas tentara ketika Negara berperang
b.    Mematuhi peraturan perundang-undangan
c.    Ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk
d.    Mengumpulkan dana untuk membeli senjata api

30.    Negara Indonesia mempunyai banyak pemeluk agama yang harus dilindungi oleh Negara dan harus dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan. Berikut ini, manakah perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama….
a.    Membantu orang lain yang sama-sama memahami agama
b.    Menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama
c.    Menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara
d.    Menghormati umat seagama dan berbeda agama

31.    Dika merupakan mahasiswa di universitas terkemuka di kotanya. Dika ingin mengikuti usaha bela Negara. Salah satu bentuk usaha bela Negara yang bis dilakukan Dika sebagai mahasiswa adalah….
a.    Mengikuti pelatihan dasar kemiliteran (Menwa)
b.    Mengikuti organisasi anarkis
c.    Melakukan demonstrasi di depan istana Negara
d.    Mnolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil

32.    Rianti berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Rianti menganggap kebbudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan kebudayaannya sendiri. Hal yang dilakukan Ranti adalah bentuk ancaman dari bidang sosial dan budaya yang menunjukkan adanya sikap….
a.    Etnosentrisme
b.    Konsumerisme
c.    Nasionalisme
d.    Primordialisme

33.    Perhatikan beberapa sikap berikut!
1.    Mengutamakan semangat primordialisme dan chauvinism
2.    Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang dihormati
3.    Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
4.    Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme yang tinggi
5.    Bersedia melakukan pengorbanan pribadi demi kepentingan bangsa dan Negara
6.    Berupaya keras mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur
Komitmen yang dimiliki para pendiri Negara dal;am perumusan dan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara, ditunjukkan oleh sikap nomor….
a.  1, 2, dan 3                   
b.  2, 3, dan 4    
c.  3, 4, dan 5
d.  4, 5, dan 6

34.    Rakyat Indonesia Timur merasa keberatan dengan rumusan dasar Negara yaitu, “…..dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” dalam piagam Jakarta. J.Latuharhary sebagai perwakilan mereka menemui Moh.Hatta untuk menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia Timur. Moh.Hatta selanjudnya menemui tokoh Islam PPKI. Moh.Hatta memberikan usul agar 7 kata pada rumusan ketuhanan dalam Piagam Jakarta dihapus. Setelah melalui pembicaraan yang panjang, diputuskan rumusan ketuhanan dengan kewajiban mejalankan sysriat Islam bagi pemeluk-pemeluknya diubah menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan demikian rumusan dasar Negara diterima bulat, tidak ada pihak yang keberatan.
Berdasarkan fakta tersebut, semangat dan komitmen kebangsaan yang dimiliki oleh para pendiri Negara dalam proses perumusan dasar Negara adalah….
a.    Tidak memaksakan kehendak pribadi
b.    Menghargai pihak lain yang berbeda pendapat
c.    Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
d.    Komitmen terhadap pendirian dan pendapat sendiri

35.     Perhatikan beberapa sidang berikut!
1.    Sidang BPUPKI
2.    Sidang Panitia Delapan
3.    Sidang Panitia Sembilan
4.    Sidang PPKI
Kegiatan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara ditunjukkan oleh nomor….
a.  1                   
b.  2   
c.  3
d.  4.

36.    Pada saat sidang BPUPKI I, para tokoh perumus Pancasila mengutamakan jiwa kebersamaan. Jiwa kebersamaan yang timbul dari para tokoh perumus Pancasila saat itu diwujudkan dalam bentuk sikap….
a.    Melindungi hak golongan minoritas
b.    Mengutamakan golongan mayoritas
c.    Mengedepankan semangat persatuan bangsa.
d.    Menghargai orang lain yang berpendapat sama

37.    Pada tanggal 18 Agustus 1945 hukum dasar untuk Negara Indonesia telah ditetapkan oleh PPKI. Penetapan  ini bertujuan untuk melengkapi pemerintahan Indonesia setelah menyatakan kemerdekaannya. Akibat yang ditimbulkan terhadap Pancasila adalah….
a.    Disahkan pula sebagai dasar Negara.
b.    Disahkan pula rumusan pancasila sebagai hukum dasar
c.    Sila-sila Pancasila dalam Piagam Jakarta yang berlaku sebagai dasar Negara
d.    Kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara diganti oleh UUD Tahun 1945

38.    Simaklah ilustrasi berikut!
Ada seorang wanita buta yang akan menyeberang jalan, tetapi arus lalulintas cukup ramai, wanita buta tersebut kelihatan kebingungan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, sebagai seorang siswa yang sadar akan nilai-nilai Pancasila, tindakan yang kamu lakukan adalah….
a.    Pura-pura tidak melihat wanita buta tersebut
b.    Membantu menyeberangkan dengan meminta imbalan
c.    Masa bodoh karena kita tidak mengenal wanita tersebut
d.    Segera menyeberangkan wanita buta tersebut dengan ikhlas.

39.    Perhatikan beberapa kalimat berikut!
1.    Bono dan Lala menjenguk Sofia yang sedang sakit di Rumah Sakit
2.    Pak RT menyelesaikan masalah antar tetanggamelalui musyawarah mufakat
3.    Rena seorang siswi SMP Mulia Bakti terpilih menjadi anggota Paskibra Nasional
4.    KPK berhasil melakukan tangkap tangan pelaku kasus korupsi proyek pembangunan pelabuhan
5.    Pemerintah melindungi dan menjamin umat beragama dan aliran kepercayaan untuk bneribadah.
Berdasarkan  kalimat tersebut, analisislah penerapan nilai Pancasila dari sila 1 sampai 5 secara berurutan. Susunan urutan yang benar ditunjukkan nomor….
a.    1- 5- 4 -3
b.    2- 3- 4- 5
c.    4- 5- 1- 3
d.    5- 1- 3- 2- 4

40.    Perhatikan nilai-nilai Pancasila berikut!
1.    Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
2.    Mengutamakan musyawarah untuk kepentingan bersama
3.    Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan Negara dan bangsa
4.    Melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata
5.    Mengembangkan rasa kebnggaan kebangsaan dan bertanah air Indonesia
6.    Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan  kesejahteraan bersama.
Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila sila ketiga ditunjukkan nomor….
a.  1, 3, 5.                     
b.  2, 4, 6   
c.  1, 4, 5
d.  2, 3, 6

41.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.    Pancasila dijadikan pemersatu  partai/ golongan
2.    Pancasila menjadfi pedoman penyelenggaraan Negara
3.    Pancasila sebagai ideologi tertutup
4.    Pancasila sebagai pokok kaidah Negara yang fundamental
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negarditunjukkan nomor….                  
a.  1 dan 2                      
b.  1 dan 3 
c.  2 dan 4
d.  3 dan 4

42.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Menyebarkan ideologi Pancasila ke seluruh dunia
2.    Mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara
3.    Menghafalkan nilai-nilai Pancasila
4.    Mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan.
Sikap positif terhadap Pancasila ditunjukkan oleh nomor….
a.  1 dan 2              
b.  1  dan 3
c.  2 dan 4.
d.  3 dan 4

43.    Perhatikan tabel berikut!
NO    URAIAN
1    Presiden di bawah oleh sebuah komisi nasional
2    Memilih Presiden dan Wakil Presiden RI
3    Mengesahkan dan menetapkan UUD 1945
4    Merumuskan dasar falsafah Negara Indonesia merdeka
Pada tabel tersebut, hasil sidang BPUPKI Tanggal 29 Mei- 1 Juni 1945 ditunjukkan nomor….
a.  1                       
b.  2 
c.  3
d.  4

44.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.    Menghapus system koperasi dalam kehidupan ekonomi masyarakat
2.    Meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat terutama kaum pria
3.    Mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyangkut kepentingan umum secara bersama-sama
4.    Memberdayakan kegiatan posyandu
5.    Menggalang kegiatan bakti sosial di lingkungan masyarakat
Upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan semangat gotong-royong dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah….
a.  1 dan 2                 
b.  1 dan 3   
c.  2 dan 4
d.  4  dan 5

45.    Perhatikan tabel berikut!

No.    Agama    Pelaksanaan Hari Besar di Indonesia
1    Katolik     Hari Natal, Paskah, Waisak
2    Hindu     Isra’ Mi’raj, Cap Gomeh, Waisak
3    Buddha     Asadha, Pagerwesi, Saraswati
4    Konghucu     Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh
Dari tabel tersebut, pelaksanaan hari besar yang sesuai dengan agamanya ditunjuk dengan nomor….
a.  1                     
b.  2    
c.  3
d.  4

46.    Perhatikan gambar berikut!
 


Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menyeberangi zebra cross merupakan sikap….
a.    Menghargai hak setiap orang
b.    Kerja sama yang baik dengan polisi lalulintas
c.    Toleransi dengan pejalan kaki
d.    Menjunjung tinggi  UU tentang lalulintas

47.    Perhatikan data berikut!
1.    Batas laut 12 mil yang dihitung dari garis pantai pulau paling luar Indonesia
2.    Batas wilayah laut dilihat dari segi ekonominya, yaitu 200 mil laut diukur dari garis pantai kea rah laut bebas
3.    Wilayah lautan suatu Negara yang letaknya lebih dari 200 mil laut dihitung dari garis pantai yang meliputi dasa laut beserta lahan di bawahnya
4.    Batas  wilayah suatu Negara mengikuti pola aliran sungai
Data tersebut, yang merupakan batas Landas Kontinen ditunjuk dengan nomor….
a.  1                           
b.  2  
c.  3
d.  4

48.    Bahasa daerah sering disebut sebagai bahasa ibu. Bahasa dearah digunakan pada saat berbicara dengan orang-orang yang berasal dari daerah atau suku yang sama. Misalnya orang Papua ketika bertemua dengan orang Papua lagi akan menggunakan bahasa Papua untuk berkomunikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa….
a.    Bahasa daerah dapat digunakan dengan orang yang berbeda suku
b.    Bahasa daerah hanya dapat digunakan dengan orang sedaerah/sesuku.
c.    Kualitas bahasa daerah hanya memperkaya khasana bahasa setempat
d.    Kekayaan kosa kata bahasa Indonesia bukan dari bahasa daerah

49.    Perhatikan tabel lembaga dan fungsinya berikut!
 

NO    LEMBAGA    FUNGSI
1    Kehakiman    Menjatuhkan putusan pengadilan
2    Kejaksaan     Menangkap pelaku kejahatan
3    Kepolisian     Menuntut pelaku kejahatan
4    KPK    Mengadili perkara
Dari tabel tersebut, pasangan yang tepat antara lembaga dengan fungsinya ditunjukkan nomor….
a.  1.                              
b.  2
c.  3
d.  4

50.    Saya bukanlah orang Jawa, saya adalah orang Indonesia yang lahir di Tapanuli. Namun sedikitpun saya tidak pernah merasa asing selama pengembaraan di Pulau Jawa dan dalam perang kemerdekaan ini. Syafrudin, putra Jawa Barat yang memimpin seluruh perang rakyat di Minangkabau, pastilah tidak akan merasa dirinya asing di sana.
Tokoh pahlawan nasional yang menuturkan kalimat tersebut adalah….
a.    Sudirman
b.    T.B Simatupang.
c.    Soekarno
d.    soeharto

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script>

Comments

Popular posts from this blog

4. LINK SEMESTER GENAP SMP SEMUA PELAJARAN

   LINK SEMESTER GENAP SELURUH MATA PELAJARAN SMP   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script> BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA  ISLAM KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-7-smp.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-8-smp_11.html KELAS 9   KRISTEN KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/blog-post_11.html KELAS 8   https://gammaomega1990.blogspot.

2. LINK SEMESTER GANJIL SMP SEMUA PELAJARAN

  <script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP   BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA ISLAM   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-7.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-8.html KELAS 9   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-9.html   1. AGAMA KRISTEN   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-kristen-kl

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha