Skip to main content

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 7 SMP

 



1.  Bacalah kutipan cerita  berikut
(1) Saya  kagum dengan  Rangga karena kepribadian dan kecerdasannya.(2) Ia anak yang suka membantu siapa saja tanpa kecuali. (3) Ia paling bisa melucu, membuat aku dan teman-teman senang. (4) Dia anak yang tak pernah sedih dan muram.
Bukti upaya  Rangga membuat suasana ceria dalam kutipan cerita tersebut terdapat   
pada kalimat ….
A.  (1) dan (2)                        
B.  (1) dan (3)
C.  (3) dan (4)                       
D.  (2) dan (3)

2.  Cermati teks fiksi berikut!
(1) Pengkonsumsi beras akingku adalah masyarakat miskin yang tidak mampu lagi membeli beras yang harganya sudah menggila”
(2) “Usahaku ini adalah solusi untuk mereka dan cacing-cacing itu.Ya , makan nasi aking adalah sebuah pilihan rakyat-rakyat miskin untuk  tetap hidup.”
(3) “Ya… untungnya dua ratus lah,itu dari perliternya.Tapi niat saya nolong, Pak.”
(4) “Aku menjual harga beras akingku berbeda-beda.Untuk beras yang butirannya masih utuh aku jual Rp.1.500 per liter.Butiran yang masih terbelah lima puluh persenaku hargai Rp.1.100 perliter, dan untuk yang banyak belahannya aku hargai Rp. 800 perliter.
Kalimat yang menggunakan makna konotasi kias  pada teks fiksi tersebut  ditandai dengan nomor....
A. 1              
B. 2        
C. 3        
D. 4

3.  Perhatikan teks cerita berikut!
Raden Abimanyu terkepung prajurit Korawa. Kesatria Pandawa itu bertempur tanpa bala bantuan. Raden Abimanyu terdesak dan gugur di medan Kurusetra. Di badannya tertancap puluhan anak panah dari para prajurit Kurawa. Dewi Subadra terdiam dengan tatap mata sendu saat mendengar kabar anak semata wayangnya itu.
Maksud kalimat bercetak miring adalah ....
A. Dewi Subadra bergembira karena kematian bala tentara Kurawa
B. Dewi Subadra hendak maju berperang melawan Kurawa
C. Dewi Subadra bersedih karena kematian anak tunggalnya
D. Dewi Subadra menatap prajurit Korawa yang berjumlah ribuan

4.  Bacalah kutipan cerita berikut!
...Samsyudin meniup  peluitnya keras-keras, Priiit! Priiit! Regu Elang semakin bersemangat! Kaki yang sudah lelah menjadi tak terasa! Regu Garuda, Merpati, Camar, dan Rajawali ada di belakang mereka. Tinggal sedikit lagi mereka menjadi pemenang! “Aduh...!” terdengar Sesya mengeluh pendek dan..bruk! Sesya  pingsan! Conan, Tensen, Jeffin, Eksan, Ratna  terpana, tapi hanya sejenak. Segera mereka menolong Sesya. Regu-regu lain kini melewati mereka, tapi mereka tak peduli. Sesya harus ditolong...
Amanat cerita tersebut adalah...
A. Hadapilah persaingan dalam lomba dengan penuh semangat
B. Pergunakanlah segala kesempatan untuk memenangkan lomba
C. Memenangkan lomba jangan sampai terhalang oleh apapun
D. Kesetiakawanan lebih penting daripada memenangkan lomba

5.  Bacalah kutipan teks  berikut!
"Ini uang upah menyapu yang kamu berikan padaku tempo hari," jelas Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangnya Sam dengan pandangan berpijar.
"Aku tahu sekarang, mengapa kamu pelit jajan. Aku pun merasa amat sayang bila harus jajan dengan uang ini. Karena ...."
"Itu uang ajaib!" potong Sam.
"Ya. Uang ini mengandung nilai perjuangan!" cetus Yusa pasti.
Sam mengangkat alisnya tinggi. Lantas tersenyum sendiri.
"Uang ini akan kujadikan modal," lanjut Sam mengagetkan Yusa.
"Modal?"
"Tentu kutambahi dengan uang tabungan dari dalam celengan. Akan kubelikan ayam. Aku ingin beternak. Agar sering-sering memiliki uang ajaib." tegas Sam sambil tertawa. Yusa juga.
Matahari semakin terik. Namun, rasa haus terlupakan begitu saja. Mereka berjalan ke luar kelas.
Komentar yang tepat tentang kutipan teks  tersebut  adalah...
A. Tokohnya memiliki karakter yang menarik dan penuh semangat
B. Latar cerita mengambil tempat di sebuah desa yang damai
C. Temanya terlalu sederhana dan tidak masuk akal
D. Dilihat dari urutan peristiwanya, cerita tidak memiliki alur

6.  Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Komentar mengenai amanat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
A.  Cerita tersebut mengajarkan kita agar berusaha selalu memberi hadiah kepada teman orang  tua!
B.  Cerita tersebut mengajarkan kita agar menemani ibu kita saat duduk-duduk di beranda!
C.  Cerita tersebut mengajarkan kita agar mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan!
D.  Cerita tersebut mengajarkan kita agar jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin
memberi  hadiah teman

7.  Bacalah kutipan teks berikut!
Jamur memiliki sifat menetralkan racun dan zat-zat aktif di dalam tanah. Jamur dapat mencegah penyakit darah tinggi, menurunkan kolesterol. Sealian itu, kandungan lentinon dan retinan dalam jamur berfungsi mencegah kanker. Hal ini, membuktikan jamur mempunyai banyak kasiat.
 Gagasan utama paragraph tersebut adalah ….
A.  Cara menetralkan racun           
B.  Berbagai khasiat jamur
C.  Teknik pengolahan jamur
D.  Kandungan dalam jamur           

8.  Perhatikan kutipan biografi berikut!
Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan Ibu Kartini merupakan keturunan keluarga terpandang Jawa. Dia lahir 21 April 1879, di mana adat istiadat masih kukuh dipegang oleh masyarakat, termasuk keluarganya. Satu hal yang diwariskan dari keluarganya adalah pendidikan.
Kutipan biografi R.A Kartini tersebut termasuk bagian dari....
A. Orientasi
B. Permasalahan
C. Puncak konflik   
D. Peristiwa dan masalah

9.  Cermatilah kutipan teks berikut!
Jenderal Sudirman salah seorang pejuang dan pemimpin bangsa Indonesia. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan bangsa di atas kepentingan pribadi. Beliau selalu membela kepentingan tanah air, bangsa, dan negara. Hal ini dapat dilihat ketika Agresi Militer II Belanda. Ia, yang saat itu dalam keadaan sakit dan lemah tetap ikut terjun bergerilya walaupun harus ditandu.
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah....
A.  Teguh pada prinsip dan keyakinan
B.  Pejuang yang anti Belanda
C.  Seorang tokoh besar Revolusi
D.  Pemimpin besar perang gerilya

10.  Cermatilah data buku berikut!
(1) Uniknya cerpen-cerpen dalam antologi ini diolah dengan bahasa yang komunikatif, sehingga terlihat  lebih mementingkan unsur hiburan daripada segi sastranya. (2) Meski ringan, cerpen-cerpen dalam antologi ini dapat menjadi refleksi kehidupan sehari-hari  tanpa terkesan menggurui. (3) Justru, jika refleksi kejadian tersebut diolah dengan bahasa sederhana tidak muluk-muluk atau sengaja memperindah  bahasa agar terkesan menarik. (4) Ilustrasi gambar yang kurang tajam membuat pembaca tidak fokus untuk membacanya. (5) Cover yang digunakan mengesankan buku ini termasuk bacaan berat.
Kelemahan kutipan ulasan karya sastra terdapat pada kalimat....
A.  (1) dan (2)
B.  (2) dan (3)
C.  (3) dan (4)
D.  (4) dan (5)

11.  Bacalah kutipan surat pribadi berikut !
Untuk sahabatku, Desha
Hai,apa kabar, Desha? Semoga kamu dan keluarga di Cilacap selalu dalam lindungan-Nya.Aku dan keluarga di Semarang juga dalam keadaan sehat Sebentar lagi kita UAS ,bagaimana persiapanmu menghadapi UAS  besok?Kamu yang selalu mendapatkan peringkat pertama tentu  sudah mempersiapkannya dengan baik.Aku juga sedang sibuk belajar untuk memperdalam materi untuk UAS  nanti.Semoga kita dapat naik kelas dengan hasil yang memuaskan.
.…
Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah….
A.  Demikianlah surat saya.Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
B.  Kerjakan selalu soal-soal latihan UAS  supaya nilaimu bagus , ya.
C.  Cukup sekian surat dariku.Kunanti selalu balasan surat darimu.
C.  Kuucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas perhatianmu.

12.  Cermati surat berikut!
Yth. Saudara Erlangga
Jalan Emas Permata II/10
Kampung Melayu, Jakarta Timur
{….}
hari          : Senin
tanggal    : 22 Juni 2020
waktu      : pukul 08.30 sampai selesai
tempat     :  Aula Lt 4 Sekolah Cahaya sakti
Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat  tersebut  adalah ….
A.  Bersama surat ini, saya mengundang  Saudara rapat
B.  Kami mengundang Saudara hadir untuk  rapat
C.  Dengan surat ini kami mengundang  Saudara untuk menghadiri rapat pada
D.  Surat ini mengundang Saudara untuk hadir   rapat

13.  Bacalah kutipan surat dinas berikut!
{….}
Dengan hormat,
Kami mengharap kehadiran Bapak dalam Rapat  Koordinasi dan Penyusunan Program Kerja  Komite Sekolah yang akan dilaksanakan pada:
hari ,tanggal    : Sabtu, 27 Juni 2020
waktu        : pukul 14.00
tempat        : aula SMP Cahaya Sakti, Jakarta
acara        : penyusunan program kerja komite  sekolah
Alamat surat yang tepat untuk melengkapi surat dinas tersebut adalah….
A.  Kepada Yth.Bapak Ketua Komite SMP   Cahaya Sakti
      Jalan Otista 1 No.11
      Jakarta Timur
B.  Yth.Ketua Komite SMP Cahaya Sakti
      Jalan Otista 1 Nomor 11
      Jakarta Timur
C. Yth.Bapak Ketua Komite SMP Cahaya   Sakti
      Jln. Otista 1 Nomor 11
      Jakarta Timur.
D.  Kepada Yth.Ketua Komite SMP Cahaya Sakti.
      Jalan Otista 1 No.11.
      Jakarta – Timur

14.  Cermati kutipan surat berikut!
Dengan hormat,
Kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu guru pada,
 hari, tanggal: Sabtu,  22 Maret 2020
 waktu          : pukul 08.00 –1 2.00 WIB
 acara           :  Rapat Persiapan Ujian
 tempat        :  Ruang Rapat SMP Cahaya Sakti
            ……
Kalimat penutup surat yang tepat untuk mengakhiri surat tersebut adalah….
A. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
B. Atas kehadirannya diucapkan terimakasih.
C. Atas kehadiran Bapak/Ibu guru kami mengucapkan terimakasih.
D. Atas kerelaan Bapak/Ibu guru untuk datang kami ucapkan terimakasih
    
15.  Perhatikan pantun berikut!
…………………………………
…………………………………
Jangan durhaka pada orang tua
Supaya hidup tentram dan berkah
Sampiran yang tepat untuk pantun tersebut adalah…
A. Ke Ciloa membeli Kelapa  
     Kelapa muda enak dimakan.          
B. Jalan-jalan ke Pasar Ketra   
     Beli sayur beserta buah                    
C. Kota Banjar kota idaman    
    Kota Tasik Kota Resik    
D. Beli sayur di pasar
     Beli baju di toko

16.  Perhatikan pantun berikut!
Pergi ke Sumedang membeli tahu
Tahu dibeli untuk dimakan
…………………………………….
……………………………………
Isi yang tepat untuk melengkai pantun tersebut adalah…
A. Ingat selalu nasihat guru   
    Jadikan pedoman kehidupan            
B. Jadi anak harus berbakti    
    Agar hidup sukses selalu        
C. Jadilah hidup penuh teladan
    Agar hidup kian berwarna
D. Belajarlah dengan sungguh-sungguh
    Masa depan cerah di hadapan

17.  Perhatikan pantun berikut ini!
Pergi ke laut membawa jala,
Jala ditebar sambil mengingat;
Meski hidup banyak kendala,
Haruslah kita selalu semangat.
Isi pantun tersebut adalah …
A. Janganlah putus asa dengan nasib yang telah  digariskan.
B. Jika kita berusaha dengan keras, maka cita -cita akan tercapai.
C. Kita harus selalu membantu sesame manusia  agar hidup kita jadi bahagia.
D. Meski kehidupan banyak cobaan dan aral   melintang.

18.  Perhatikan pantun berikut!
Menyapa tamu duduk dibangku,
hujan deras membuat badan sakit.
Apakah kamu bisa membantuku,
mengerjakan tugas yang sangat sulit.
Menyapa tamu duduk dibangku,
itu sangat baik sekali.
Kamu tidak perlu malu-malu,
aku akan bantu dengan senang hati.
Pantun berbalas tersebut berisi ….
A. Dua orang siswa yang bekerja sama saat   mengerjakan ulangan.
B. Seorang pemalu yang suka membantu  temannya
C. Seorang siswa yang dengan senang hati  memberikan contekan kepada temannya.
D. Seseorang yang dengan senang hati  membantu temannya yang mengalami  kesulitan.

19.  Perhatikan gurindam berikut ini!
Sebelum bekerja pikir dahulu
Agar pekerjaan selamat selalu
Isi dari gurindam tersebut adalah…
A. Jangan sembarangan memilih suatu  pekerjaan,agar kita tidak terperosok karena
     pekerjaan yang salah.
B. Bekerjalah sesuka hati kita
C. Bekerjalah sesuai dengan kemampuan kita
D. Jangan bekerja terlalu pilih-pilih, yang  penting mendapatkan pekerjaan

20.  Perhatikan ilustrasi berikut!
Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah rukun..Sekarang mereka harus menanggung segala akibat dari perbuatannya.
Gurindam yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A. Kurang pikir kurang siasat,
     tentu kelak  dirimu tersesat.
B. Siapa menggemari silang-sengketa,
     kelaknya pasti berdukacita.
C. Membuat perkara amatlah mudah,
     jika terjadi  timbullah gundah.
D. Fikir dahulu sebelum berkata,
     Supaya terelak silang-sengketa.

21.  Perhatikan syair berikut ini!
Wahai ananda intan pilihan
Berterus terang janganlah segan
Apa yang benar engkau katakan
Apa yang salah engkau tunjukkan
Isi dari syair tersebut adalah
A. Agar kita tidak durhaka pada kedua orang  tua.
B. Agar anak selalu jujur kepada semua orang,
     berkata tidak bohong agar selalu selamat  dunia akhirat.
C. Agar anak jangan malu-malu.
D. Agar kita berterus terang. Katakan salah  jika salah, katakan benar jika benar.

22.  Bacalah kutipan syair berikut!
     Syair Perahu
Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah beberapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal diammu
....
Tema syair tersebut adalah ....
A.  Kita harus mengenali diri kita masing- masing
B.  Kehidupan dunia sementara
C.  Kehidupan akhirat akan kekal
D.  Kehidupan dunia hanya sementara dan  yang kekal kehidupan akhirat.

23.  Bacalah kutipan syair berikut!
     Syair Perahu

Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil tubuhmu
Tiadalah beberapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal diammu
....

Pesan syair tersebut adalah ....
A.  Agar kita memahami arti kehidupan  yang tidak kekal
B.  Kehidupan dunia seperti perahu
C.  Hidup kita tidak lama
D.  Keakhirat juga kita nanti

24.  Perhatikan puisi berikut!
1.    Lain ladang lain belalang   
       Lain lubuk lain ikannya
2.   Ada ubi ada talas       
      Ada budi ada balas   
3.   Tong kosong nyaring bunyinya
      Air beriak tanda tak dalam
4.   Jika ada sumur di lading
      Boleh kita menumpang mandi
Pantun  yang tergolong pantun kilat/karmina  ditunjukkan pernyataan nomor ...
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4

25.  Perhatikan pantun berikut!
Aduh-aduh si bunga …  {1}
Daunnya lebat seperti … {2}
Aku sering mendengar … {3}
Abang punya kekasih … {4}
Kata-kata yang tepat yang digunakan untuk melengkapi pantun tersebut  adalah ….
A.  {1} melati, {2}duri, {3} cerita, {4} hati   
B.  {1} menur, {2} sapu, {3} suara, {4} pujian   
C.  {1} Mawar, {2} waru, {3} kabar, {4} baru
D.  {1} Angrek, {2} hujan, {3} lagu, {4} dayang

26.  Cermati baris- baris pantun berikut!
(1) Bagaimana hatiku tak riang.
(2) Ke pelabuhan kapal merapat.
(3) Burung laut terbang melayang.
(4) Juara kelas telah kudapat.     
Baris-baris tersebut akan menjadi pantun   dengan urutan nomor ….
A.  1-4-3-2       
B.  3-2-1-4   
C.  4-1-2-3       
D.  2-1-4-3

27.  Perhatikan kutipan fabel berikut!
Walupun Sang Kura-kura dan Elang jarang bertemu karena Sang Kura-kura lebih banyak menghabiskan waktu di semak-semak sedangkan Sang Elang lebih banyak terbang, namun, tidak menghalangi Sang Elang untuk selalu mengunjungi teman kecilnya yang baik hati, Sang Kura-kura
Tema kutipan fabel  tersebut adalah…
A. Perhatian
B. Persahabatan
C. Percintaan
D. Persaudaraan

Bacalah kutipan tabel berikut! Untuk soal nomor 28-29  !
Sementara menunggu kedatngan Lutung, tikus-tikus itu menutupi tubuh penyu dengan mereka sendiri. Mereka menari-nari sambil bersyair : “Marikita ikuti gembira ria … bersama Sang Lutung yang jenaka … yang berhasil menipu Raja Rimba …yang
mengira betul ada penyu, padahal hanya kita yang  ada …” Lutung  yang datang bersama harimau sangat heran, di manakah Penyu? Mendengar syair tikus-tikus, harimau pun menjadi marah karena merasa ditipu. “Mana penyu yang kaukatakan itu?” geramnya. Kemudian, Lutung itu diterkam olehHarimau, dibawa lari ke dalam hutan.

28.  Tokoh dalam kutipan tersebut yang berwatak jelek, jahat adalah ….
A. Tikus        
B. Harimau
C. Lutung        
D. Penyu
 
29.  Latar tempat dalam kutipan fabel tersebut yang paling tepat adalah ….
A. Di tengah hutan    
B. Di laut
C. Di atas karang   
D. Di pantai

30.  Bacalah kutipan fabel berikut!
Sang belalang yang sedang menari melihat para semut berjalan dengan membawa makanan untuk dibawa ke sarangnya.sang belalang sembah heran dengan apa yang dilakukan Semut selalu dia bertanya kepada salah satu semut tentara yang sedang berjaga di dekat para semut pekerja," Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke sarang kalian?" sang semut menjawab "kami melakukannya agar kami tidak kelaparan saat musim dingin tiba." lalu sang belalang kaget "musim dingin?" kata sang  belalang sembah dengan kagetnya, "kan masih lama, lebih baik kita bersenang senang saja dulu", kata sang belalang.semut tak nenghiraukan belalang.semut tetap tekun mengumpulkan makanan.
Watak tokoh Belalang Sembah digambarkan melalui
A.   Penggambaran fisik tokoh
B.   Komentar penulis terhadap tokoh
C.   Dialog tokoh dengan tokoh lain
D.   Penggambaran lingkungan sekitar tokoh

31.  Perhatikan  penggalan teks  berikut!
Kelinci Sang Penakluk
Di sebuah hutan hiduplah seekor singa yang ganas. Suatu hari sang singa ganas itu membuat  peraturan bahwa dia tidak akan berburu binatang hutan. Sebagai gantinya harus ada binatang di sekelilingnya yang suka rela menjadi mangsanya.       Pada hari pertama setelah peraturan itu diberlakukan datanglah seekor kelinci. Sambil terengah-  engah kelinci itu minta maaf kepada sang singa yang ganas itu.      “Maaf sang raja, saya datang terlambat. Ada singa lain yang tadi memburu saya,” kata si kelinci. Kemudian, singa yang ganas itu mengangguk-anggukkan kepala dan langsung menyahut,“ Mana singa yang mengejarmu? Akan kuhabisi dia sekarang juga.”    “Ya sang raja,  dia ada di dalam sumur itu.”      Akhirnya, binatang-binatang itu menjadi lega. Berkat kecerdikan kelinci Sang singa yang ganas itu masuk ke dalam sumur dan tidak ada lagi pemangsa di hutan itu.Dimodifikasi dari  Kelinci yang mengalahkan Singa dalam 50 Cerita Fabel Dunia
Tokoh dan karakter tokoh cerita fabel tersebut adalah ....
A. Singa berwatak cerdik, kelinci berwatak  serakah   
B. Singa berwatak serakah, kelinci berwatak  pintar
C. Singa berwatak pintar, kelinci berwatak  serakah
D. Singa berwatak serakah, kelinci berwatak  cerdik
 

32.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Kerbau menantang katak, jika nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak. Keesokan harinya, katak menagih janji kerbau lantaran malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, dia sudah sangat berharap akan bisa menikmati serangga kesukaannya.
Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Suka berbohong
B. Tidak tahu malu
C. Tidak sungguh-sungguh
D. Suka menyombongkan diri

33.  Bacalah kutipan cerita berikut!
”Hey, kalian semua! Dengar ya! Aku adalah tamu istimewa kalian! Sudah sepatutnya tempat tidurku selalu bersih dan nyaman,” kata Kucing. Pada awalnya, semua penghuni hutan diam. ”Mungkin ia masih beradaptasi dengan lingkungan barunya.  Maklum, ia berasal dari kota,” pikir para penghuni  hutan.Namun, makin hari tindakan Kucing makin tidak toleransi. Hingga semua penghuni mengkucilkannya. Tidak ada yang menganggapnya ada.
Nilai moral  pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A.  Perlu kesadaran dalam menghadapi berbagai karakter.
B.  Kita boleh menyombongkan diri bila kita memiliki kelebihan.
C.  Tidak perlu bersikap toleransi kepada orang yang tidak toleran.
D.  Kita harus member kenyamanan pada tamu istimewa.

34.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Di sebuah kolam tinggallah beberapa ekor berudu. Kepalanya besar dan berekor panjang. Tubuhnya berwarna hitam. Mereka berenang ke sana ke mari.
Suatu hari, berudu-berudu itu melihat ibu ikan gurame sedang memberi makan anak-anaknya. Para berudu mendekat dan berkata, "Tolong beritahu kami, bagaimana cara menemukan ibu kami?"
Ibu ikan gurame berkata, "Ibu kalian memiliki mulut yang lebar dan sepasang mata yang besar.
Carilah yang seperti itu."
Para berudu berterima kasih lalu berenang pergi untuk mencari ibunya. Di tengah perjalanan mereka bertemu ikan mas dengan mulut lebar dan mata bundar. Mereka berteriak, "Ibu!Ibu!"
Ikan mas tersenyum dan berkata, "Kalian salah. Ibu kalian mempunyai perut berwarna putih."
(Didik Djunaedi: Berudu Mencari Ibu)
Tindakan terpuji tokoh pada teks tersebut adalah ....
A.   Menjelaskan sesuatu       
B.   Memberikan pertolongan
C.   Memberi makan anak-anak   
D.   Membiarkan anak-anak bermain

35.  Bacalah  kutipan fabel berikut!
(1)Setelah itu, Raja Kera melompat ke seberang sungai, berenang dengan susah payah.(2) Dicarinya seutas akar yang menjulai ke pohon kayu.(3) Ujung akarnya dibawa ke seberang kembali.(4) Maksudnya hendak dibuat jembatan untuk rakyatnya. (5)Tetapi malang, akar itu tidak sampai. (6)Kurang sedikit lagi.(7) Dengan tidak pikir panjang diikatnya kakinya sebelah, kemudian ia bergantung pada batang kayu.
Koda  yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah …
A. Tidak ada akar anggota badan pun berguna bagi rakyat yang dipimpinnya
B. Melakukan sesuatu harus dengan perhitungan yang matang supaya selamat
C. Seorang pemimpin harus mau membuat jembatan untuk rakyatnya sehingga berhasil
D. Seorang pemimpin harus memikirkan nasib rakyatnya dalam keadaan bahaya sekalipun

36.  Cermati kutipan fabel berikut !
Dengan terpincang –pincang, Pak Singa  berusaha mengejar Badak yang terus lari dengan santai. Sayang , Badak  tidak  terkejar. Akhirnya , Badak menjadi  pemenang  dalam  lomba  lari tersebut.  Pak  Singa pun mengaku  kalah. Sejak  saat  itu, ia tidak bersikap  sombong  lagi. Ia tidak pernah  tahu  bahwa  batu  yang  ia  sandung  sengaja  ditanam  Kancil dan  Kura-kura di arena lomba lari.
Bagian resolusi dalam cerita fabel ditunjukkan oleh kalimat …
A.  Akhirnya,Badak menjadi pemenang dalam lomba lari tersebut. Pak Singa pun mengaku kalah.
B.  Dengan terpincang-pincang,Pak Singa berusaha mengejar Badak yang terus lari dengan santai.
C.  Hari itu Kancil telah mengatur rencana bersama  si Kura-kura. Mereka siap di arena lomba lari.
D.  Badak ditantang adu lari oleh Pak Singa .Kalau sampai Badak kalah,ia harus mau menjadi   pesuruh          Pak Singa

37.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Malin Kundang pun terkatung-katung di tengah laut, hingga akhirnya perahu yang ditumpanginya terdampar di sebuah pantai
Struktur teks tersebut merupakan bagian ….
A.  Orientasi
B.  Komplikasi
C.  Resolusi
D.  Koda

38.  Bacalah kutipan tabel berikut!
Sementara menunggu kedatngan Lutung, tikus-tikus itu menutupi tubuh penyu dengan merekasendiri. Mereka menari-nari sambil bersyair : “Marikita ikuti gembira ria … bersama Sang Lutung yang jenaka … yang berhasil menipu Raja Rimba …yang
mengira betul ada penyu, padahal hanya kita yang  ada …” Lutung  yang datang bersama harimau sangat heran, di manakah Penyu? Mende ngar syair tikus-tikus, harimau pun menjadi marah karena merasa ditipu. “Mana penyu yang kaukatakan itu?” geramnya. Kemudian, Lutung itu diterkam olehHarimau, dibawa lari ke dalam hutan..
 Dalam struktur fabel, kutipan teks cerita fabel tersebut merupakan bagian ….
A. Orientasi      
B. Klimaks
C. Komplikasi        
D. Resolusi

39.  Bacalah kalimat berikut!
1.    Di sebuah gua hiduplah sepasang ular yang hidup bahagia bersama ketiga anaknya yangmasih kecil
2.    Sang bangau tak tahu pasti apa yangmenyebabkan sahabat-sahabatnya itu kini membenci.
3.    Usaha Sang Kutilang untuk melepaskan tali pengikat yang dipasang oleh Sang Kera tak kunjung berhasil.
4.    Akhirnya kedua binatang yang saling bermusuhan itu sepakat untuk berdamai dan salig bermaafan
Pernyataan yang tepat digunakan pada klimaks sebuah fabel ditunjukkan nomor ....
A.  1       
B.  2       
C.  3   
D.  4

40.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Di sebuah kebun anggur tinggallah keluarga semut rangrang dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. . Sang semut dan keluarganya hidup sangat rukun dan damai. Sang semut ini membuat sarangnya dari daun-daun.
Dalam struktur fabel, kutipan teks cerita fabel tersebut merupakan bagian ….
A. Orientasi     
B. Klimaks
C. Komplikasi        
D. Resolusi

41.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.
Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ….
A.  Setiap malam berpesta
B.  Membagi makanan
C.  Aneh dan pemalu
D.  Hidup menyendiri

42.  Bacalah kutipan fable berikut!
….    Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu. Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
“Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji pada kupu-kupu bahwa ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Dimodifikasi “Semut yang Sombong”dalam 50 cerita fabel dunia.

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah....
A.  Setiap melakukan sesuatu hendaklah dipikir terlebih dahulu supaya tidak menyesalkemudian.
B.  Isi fabel itu sangat baik untuk ditiru, kita jangan suka menghina semua makhluk ciptaanTuhan.
C.  Pemilihan latar pada kutipan fabel tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya dihutan.
D.  Pemilihan tokoh semut dan kupu-kupu sangat sesuai dengan karakter yang dimiliki kedua    
      tokohtersebut.

43.  Bacalah kutipan cerita berikut!
(1). Di sebuah kebun anggur tinggallah keluarga semut rangrang dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. (2). Sang semut ini membuat sarangnya dari daun-daun. (3).Lalu daun
itu mereka tempel dengan menggunakan cairan seperti lem yang dikeluarkan dari mulutnya.(4). Hingga terbentuklah sebuah sarang yang indah bagi keluarga semut dan keluarganya.
Kalimat yang menggunakan kata sandang terdapat pada pernyataan nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

44.  Bacalah kutipan cerita berikut!
(1). Di sebuah kebun anggur tinggallah keluarga semut rangrang dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. (2). Sang semut ini membuat sarangnya dari daun-daun. (3).Lalu daun
itu mereka tempel dengan menggunakan cairan seperti lem yang dikeluarkan dari mulutnya.(4). Hingga terbentuklah sebuah sarang yang indah bagi keluarga semut dan keluarganya.
Kalimat yang menggunakan kata sandang terdapat pada pernyataan nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

45.  Bacalah kalimat berikut!
1.    Gadis itu menangis di pinggir hutan.
2.    Ombak menghantam batu karang.
3.    Sang Raja mengejar matahari pagi.
4.    Sang Kancil menari kegirangan.
Kalimat yang menggunakan kata kerja transitif ditunjukkan nomor ......
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4  

46.  Perhatkan kalimat berikut!
”Beo, aku ingin mendengar kau bernyanyi,” pinta Raja Hutan
Kalimat tersebut jika diubah menjadi kalimat tidak langsung menjadi ....
A.  Pinta Raja Hutan kepada Beo bahwa aku ingin mendengarkan bernyanyi.
B.  Raja Hutan meminta kepada Beo bahwa dia ingin mendengar Beo bernyanyi.
C.  Raja Hutan meminta kepada Beo bahwa aku ingin mendengar bernyanyi.
D.  Aku meminta kepada Beo bahwa aku ingin mendengar Beo bernyanyi.


47.  Perhatikan paragraph rumpang berikut!
Dalam kegelapan …., ia sendirian di rumah itu, jam menunjukkan pukul 23.00, terdengar olehnya …. berbisik di belakang rumah.Ia …. Di balik jendela, ternyata para perampok sedang …. rumahnya . Tiba-tiba si Jimmin menggonggong dan berlarianlah para perampok itu.
Kata-kata yang tepat untuk melengkapi paragraph yang rumpang tersebut adalah ….
A.  Malam, musik, melihat, memasuki.
B.  Sore, angin, menyaksikan, mendobrak.
C.  Sore, hujan, mengintip, memasuki.
D.  Malam, suara, mengintip, memasuki.

48.  Bacalah  kutipan fabel berikut!
    (1)Setelah itu, Raja Kera melompat ke seberang sungai, berenang dengan susah payah.(2) Dicarinya seutas akar yang menjulai ke pohon kayu.(3) Ujung akarnya dibawa ke seberang kembali.(4) Maksudnya hendak dibuat jembatan untuk rakyatnya.
Kalimat yang terdapat kata sambung ditunjukkan kalimat nomor ....
A.  1.       
B.  2.
C.  3.             
D.  4.

49.  Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah ....
A.  ”Jangan takut, Pak, aku tidak akan menyakitimu, kata si Ikan.”
B.  ”Anak tidak tau diuntung. Tak tau diri. Dasar anak ikan,” umpat si Petani.
C.  ”Bagaimana kita bisa melakukannya!,” tanya Angsa-Angsa Undan.
D.  Wah, kalau kura-kura itu jatuh kita akan memanggangnya kata salah satu petani.

50..  Bacalah kutipan cerita berikut!
“Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat danterpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji pada kupu-kupu bahwa ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Dimodifikasi “Semut yang Sombong”dalam 50 cerita fabel dunia.

Penggunaan bahasa pada kutipan fabel tersebut adalah ….
A.  Menggunakan kata bermakna kiasan.
B.  Berbahasa Indonesia yang mudah dipahami.
C.  Kalimatnya jelas dan bermakna denotasi.
D.  Kalimatnya panjang dan sulit dimengerti.


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script>
 

Comments

Popular posts from this blog

PAS GANJIL AGAMA ISLAM KLS 9

<script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  PENILAIANAKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL LINK ONLINE      : https://bit.ly/PAS-AGAMA-ISLAM-Kls9 Mata Pelajaran       :    PAI dan Budi Pekerti Kelas / Semester    :    IX / 1 (satu) Hari / Tanggal        :     Waktu                     :    10.00 – 11.30 WIB (90 menit) <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>      Petunjuk Umum: 1.    Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan 2.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab 3.    Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang 4.    Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah 5.    Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas. A.

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha

PAS GENAP PKn KLS 7 SMP

  1.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan dan menetapkan UUD 1945 2.    Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh.Hatta sebagai wakil presiden 3.    Pembagian wilayah atas 8 provinsi 4.    Pembentukan Komite Nasional Berdasarkan pernyataan tersebut, keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ditunjuk oleh nomor…. a.    1 dan 2                b.    2 dan 4    c.  1 dan 3 d.  3 dan 4 2.    Perhatikan nama tokoh berikut! 1.    Otto Iskandardinata 2.    Mr. Achmad Soebardjo 3.    Mr.Sartono 4.    Ir.Soekarno Berdasarkan nama tokoh tersebut, yang merupakan ketua perancang UUD 1945 ditunjukan nomor…. a.    1                            b.    2  c.  3 d.  4 3.    Perhatikan tabel berikut! Berdasarkan tabel tersebut, usulan dasar Negara dari Moh.Yamin ditunjukan pada tabel nomor…. a.  I                          b.  II       c.  III d.  IV 4.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan UUD 1945 2.    Membentuk Komite Nasional Daerah 3.    Memilih presiden dan wakil