Skip to main content

PAS GENAP IPS KLS 7 SMP

 

1.    Perhaikan peryataan berikut!
-tempat yang berada di muka bumi
-mencakup sebagian atau seluruh muka bumi
-tempat tinggal makluk hidup
Pernyataan tersebut menunjukkan pengertian dari….
a.    Waktu
b.    Planet
c.    Ruang
d.    Ekosistem

2.    Mengapa penduduk wilayah pegunungan membutuhkan penduduk wilayah pantai?
a.    Karena penduduk wilayah pegunungan  lebih kaya daripada daerah pantai
b.    Karena penduduk wilayah pegunungan membutuhkan ikan laut sebagai protein hewani dalam kehidupannya
c.    Karena penduduk wilayah pegunungan membutuhkan sayur- sayuran dan buah- buahan untuk memenuhi kebutuhannya
d.    Karena penduduk pegunungan lebih makmur hidupnya daripada penduduk pantai

3.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
-proses timbal balik
-bisa mempengaruhi dua pihak atau lebih dalam bertingkah laku
-terjadi kontak langsung maupun tidak langsung
Pernyataan tersebut menunjukkan pengertian….
a.    Ruang
b.    Informasi
c.    Transportasi
d.    Interaksi

4.    Apakah yang bisa dilakukan pemerintah supaya bisa memudahkan transfer barang kebutuhan pokok dari wilayah satu ke wilayah lainnya?
a.    Membangun sekolah dan universitas yang berstandar Internasional
b.    Membangun jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara  di seluruh wilayah Indonesia.
c.    Membangun Rumah Sakit dan Puskesmas sampai daerah yang terpencil
d.    Membangun industri dan pertanian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia

5.    Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar tersebut menunjukkan interaksi sosial yang….
a.    Saling menggantikan
b.    Saling melengkapi.
c.    Kesempatan antara
d.    Keadaan yang bisa dipindahkan

6.    Perhatikan gambar berikut!
 
Mengapa wilayah A lebih cenderung memilih berdagang dengan wilayah C padahal sebelumnya berdagang dengan wilayah B?karena….
a.    Wilayah C lebih makmur daripada wilayah B
b.    Wilayah C lebih kaya daripada wilayah B
c.    Wilayah C lebih banyak penduduknya daripaada wilayah B
d.    Wilayah C lebih dekat daripada wilayah B.

7.    Perhatikan gambar berikut!
Gambar itu menunjukkan tari….
a.    Makan Siri dari Riau
b.    Merak dari Banten
c.    Legong dari Bali.
d.    Mpa Lenggogo dari NTB

8.    Uraian tentang flora di Indonesia
-banyak hutan kayu putih
-ada beberapa jenis tanaman matoa
-banyak tanaman sagu
Uraian tersebut menunjukkan flora dari….
a.    Indonesia kawasan timur.
b.    Indonesia kawasan barat
c.    Indonesia kawasan tengah
d.    Indonesia kawasan asiatis

9.    Perhatikan foto berikut!

Anak mencium tangan orangtuanya sebelum berangkat sekolah merupakan contoh dari tingkatan norma….
a.    Usage
b.    Folksway
c.    Mores
d.    Customs

10.    Perhatikan uraian fungsi di bawah ini!
-sumber kebenaran
-sebagai tuntutan tentang prinsip benar dan salah
-pedoman hidup manusia
-pedoman bagi manusia untuk berbuat baik dan merupakan perintah Tuhan
Uraian tersebut merupakan fungsi dari….
a.    Lembaga ekonomi
b.    Lembaga politik
c.    Lembaga pendidikan
d.    Lembaga agama.

11.    Berikut ini tujuan kegiatan distribusi:
1.    Menyampaikan barang/ jasa ke konsuman
2.    Memenuhi kebutuhan pasar
3.    Menjaga kesinambungan produksi
4.    Mencari keuntungan yang setinggi- tingginya
Manakah pernyatan tersebut yang benar?
a.  1 dan 3.                 
b.  1 dan 4  
c.  2 dan 3
d.  3 dan 4

12.    Mengapa produsen memerlukan modal?
a.    Dengan adanya modal, kebutuhan tenaga kerja tercukupi
b.    Dengan adanya modal, produksi akan mendatangkan keuntungan
c.    Tanpa modal, produksi tidak akan berjalan
d.    Tanpa modal, faktor produksi lain dapat menggantikannya

13.    Perhatikan tabel berikut!

Harga keseimbangan akan tercapai pada jumlah….
a.    200 kg                  
b.    400 kg
c.  650 kg
d.  750 kg

14.    Semakin rendah harga, senmakin banyak jumlah permintaan, contohnya….
a.    Harga sembako turun, masyarakat menyerbu membelinya
b.    Harga buah ranum turun, masyarakat banyak yang membelinya
c.    Harga HP second turun, masyarakat melirik membelinya
d.    Harga jam tangan turun, banyak masyarakat yang membelinya

15.    Ciri- ciri kewirausahaan:
1.    Percaya diri
2.    Berorientasi pada tugas dan hasil
3.    Keberanian mengambil resiko
4.    Kepemimpinan
5.    Berorientasi pada masa depan
6.    Keorisinilan
Apabila seorang wirausahawan membuat visi dan misi usaha, maka ciri- ciri kewirausahaan yang sesuai tercantum pada nomor….
a.  1 dan 2                  
b.  2 dan 5 
c.  3 dan 5
d.  4 dan 6

16.    Seorang wirausahawan berciri percaya diri. Contoh prilaku percaya diri pada diri seorang siswa….
a.    Mempercayai salah satu agama
b.    Dapat dipercaya dan tidak berbohong
c.    Tidak menyontek saat ulangan
d.    Yakin diri mencapai peringkat pertama di kelas

17.    Perhatikan daftar berikut berikut!
1.    Tidak memiliki izin resmi dari pemerintah
2.    Kegiatan yang dilakukan tidak dikenakan pajak
3.    Memerlukan modal yang cukup besar
4.    Umumnya berada di daerah
5.    perkotaan
6.    Melaksanakan sistem pembukuan dengan baik
Dari daftar terebut, yang merupakan ciri usaha formal adalah….
a. 1 dan 2                  
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5.

18.    Tahap- tahap kewirausahaan:
1.    Tahap memulai
2.    Tahap melaksanakan usaha
3.    Tahap mempertahankan usaha
4.    Tahap mengembangkan usaha
Tahap dimana seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya ditunjukkan pada nomor….
a.   1                         
b.   2
c.   3
d.   4

19.    Perhatikan gambar berikut!

 
Tokoh tersebut merupakan pendiri salah satu perusahaan terkenal di dunia yang dinilai sangat bermanfaat bagi perkembanghan kehidupan manusia, yaitu perusahaan….
a.    Microsoft                 
b.    Gougle 
c.  Sistem Operasi Android
d.  Youtube

20.    Perhatikan  data berikut!
1.    Melaksanakan usaha – mempertahankan usaha – memulai –mengembangkan usaha
2.    Memulai – mempertahankan usaha – melaksanakna usaha – mengembangkan usaha
3.    Memulai – melaksanakan usaha – mempertahankan usaha – mengembangkan usaha
4.    Melaksanakan usaha –memulai – menghembangkan usaha – mempertahankan usaha
Tahap – tahap kewirausahaan yang benar ditunjukkan pada nomor….
a.  1                       
b.  2     
c.  3
d.  4

21.    Perhatikan daftar berikut!
1.    Industri rakyat
2.    Warung nasi
3.    Jasa kontrakan
4.    Perkebunan
5.    Jasa properti
Daftar tersebut yang merupakan contoh kegiatan wirausaha di sektor ekonomi formal ditunjukkan pada nomor….
a.  1 dan 2              
b.  2 dan 3
c.  3 dan 4
d.  4 dan 5

22.    Perhatikan daftar berikut!
1.    Modal yang dimiliki relatif kecil
2.    Pencatatan administrasi sangat sederhana
3.    Harga barang yang dihasilkan umumnya murah
4.    Memiliki izin resmi dari pemerintah
5.    Kegiatan yang dilakukan dikenakan pajak
6.    Memerlukan modal yang cukup besar
Ciri usaha informal yaitu….
a.  1, 2, dan 3                 
b.  2, 3, dan 4
c.  3, 4, dan 5
d.  4, 5, dan 6

23.    Perhatikan daftar berikut!
1.    Pedagang sayur keliling
2.    Perikanan
3.    Jasa laundry
4.    Hotel dan restoran
5.    Industri pariwisat
Daftar tersebut, yang merupakan contoh kegiatan wirausaha di sektor ekonomi informal ditunjuk dengan nomor….
a.  1 dan 2                       
b.  1 dan 3
c.  2 dan 4
d.  3 dan 5

24.    Perhatikan daftar kegagalan dalam berwirausaha!
1.    Tidak kompeten dalam manajerial
2.    Kurang berpengalaman
3.    Kurang dapat mengendalikan keuangan
4.    Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/ transisi kewirausahaan
Kegagalan dalam berwirausaha yang disebabkan kurang kesiapan menghadapi dan melakukan perubahan ditunjukkan oleh nomor….
a.  1               
b.  2
c.  3
d.  4

25.    Perhatikan gambar berikut!

 Bangunan tersebut merupakan hasil peradaban……
a.  Messopotamia                     
b.  Mesir
c.  Yunani
d.  Romawi

26.    Perhatikan gambar berikut!


Gambar tersebut, yang merupakan fosil pithecantropus adalah….
a.  1
b.  2
c.  3
d.  4

27.    Budaya bahari nenek moyang bangsa Indonesia antara lain berupa perahu bercadik. Menurut saya, saat ini perahu bercadik ….
a.    Jangan digunakan sebab peninggalan purba kala
b.    Jangan digunakan sebab berbahaya
c.    Hanya digunakan di daerah pantai
d.    Digunakan untuk pelayaran antar negara

28.  Perhatikan gambar!

Benda tersebut  merupakan bentuk peninggalan praaksara pada masa….
a.    Hidup berburu
b.    Bercocok tanam
c.    Perundagian .
d.    Batu besar

29.    Perhatikan gambar berikut!
 
Pernyataan yang tepat untuk gambar tersebut adalah….
a.    Tradisi benda tersebut lebih mudah daripada tradisi beliung persegi
b.    Bagian tajaman tidak diasah
c.    Digunakan pada masa bercocok tanam dan beternak.
d.    Daerah penemuannya hanya di Indonesia bagian Barat

30.    Perhatikan data  berikut!
1.    Belum mengenal cara bercocok tanam
2.    Sudah mengenal cara bercocok tanam
3.    Sangat bergantung kepada alam yang tersedia
4.    Alat yang digunakan adalah kapak persegi dan kapak lonjong
Ciri- ciri masa hidup berburu dan mengumpulkan makanan ditunjuk pada nomor….
a.  1 dan 2                
b.  2 dan 3
c.  1 dan 3
d.  2 dan 4

31.    Perhatikan gambar berikut!
 

Gambar tersebut merupakan peninggalan pada masa….
a.    Food gathering
b.    Food producing
c.    Perundagian
d.    Megalitikum.

32.    Perhatikan data berikut!
1.    Yunnan – Filiphina – Sulawesi Utara – Maluku –Papua
2.    Yunnan – Malaya -  Sumatera – Jawa – Nusa Tenggara – Pulau-pulau lainnya
3.    Daratan Asia – Thailand – Malaysia Barat – Tempat-tempat di Nusantara
4.    Daratan Asia – Filiphina – Sulawesi Utara – Nusa Tenggara – Maluku
Arah persebaran Proto Melayu yang disebut  ras Austronesia ditunjuk dengan nomor….
a.  1                       
b.  2 
c.  3
d.  4

33.    Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut menunjukkan stupa yang terdapat pada candi di Indonesia yaitu….
a.  Prambanan                       
b.  Panataran
c.  Borobudur
d.  Cangkuang

34.    Membangun suatu kerajaan besar seperti Majapahit diperlukan sikap kerja keras. Dalam meneladani sikap hidup kerja keras misalnya….
a.    Menghafal pelajaran setiap hari lebih dari 12 jam
b.    Mengejar ranking pertama di kelas atau sekolah
c.    Selalu bertanya dalam setiap mata pelajaran
d.    Membaca buku pelajaran berulang-ulang.

35.    Bahasa sansekerta merupakan peninggalan sejarah kerajaan bercorak Hindu- Buddha. Berkenaan dengan penggunaan bahasa selayaknya….
a.    Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
b.    Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam pelajaran bahasa Indonesia
c.    Mendukung penggunaan pedoman bahasa Indonesia yang baik dan benar
d.    Mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa negara

36.    Perhatikan daftar berikut!
1.    Agama Islam disebarkan dengan jalan damai
2.    Syarat seorang masuk Islam sangat mudah
3.    Terdapat sistem kasta dalam Islam
4.    Upacara ritual dalam Islam cukup rumit
5.    Syarat seorang masuk Islam sangat sulit
Faktor penyebab mudah berkembangnya agama Islam di Nusantara ditunjukkan pada nomor….
a.  1 dan 2              
b.  3 dan 4
c.  1 dan 3
d.  4 dan 5

37.    Mengapa Sunan Kalijaga menyebarkan agama Islam melalui seni sebagai sarana dakwah, terutama dengan menggunakan Wayang?
a.    Supaya masyarakat dapat mengenal tokoh-tokoh wayang
b.    Supaya seni wayang menjadi bagian kebudayaan bangsa
c.    Agar masyarakat tertarik untuk mempelajari Islam
d.    Supaya masyarakat dapat mengambil makna positif dari tokoh pewayangan yang ditampilkan

38.    Perhatikan gambar tersebut!
 
Gambar menara mesjid kudus tersebut merupakan akulturasi budaya….

a.    Islam dan Kristen
b.    Islam dan Buddha
c.    Islam dan Konfuchu
d.    Islam dan Hindu

39.    Mengapa di depan bangunan Keraton terdapat lapangan luas yang disebut alun-alun?
a.    Sebagai tempat latihan perang bagi para prajurit kerajaan.
b.    Sebagai tempat olahraga bagi masyarakat di sekitar kerajaan
c.    Dijadikan area untuk pemeliharaan hewan- hewan kerajaan
d.    Tempat bagi rakyat untuk mendengarkan maklumat raja ketika melkukan peperangan dengan kerajaan lain

40.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Mesjid mempunyai denah persegi
2.    Pada sisi barat terdapat bangunan yang menonjol untuk mihrab
3.    Halaman mesjid dikelilingi pagar tembok tampa pintu gerbang
4.    Atap mesjid kebanyakan beratap tumpang, semakin ke atas semakin kecil
5.    Letak mesjid di pinggir perkotaan supaya khusuk dalam beribadah
Beberapa hal yang menarik dan menjadi corak khas dari bangunan mesjid-mesjid kuno di Indonesia ditujukkan oleh nomor….
a.  1 dan 2               
b.  2 dan 4
c.  1 dan 3
d.  4 dan 5

41.    Jiwa wirausaha dapat dimiliki siapa saja serta di bidang kegiatan apapun. Namun umumnya wirausaha identik dengan bidang perekonomian. Di bidang perekonomian, wirausaha bergerak di berbagai sektor usaha, baik sektor ekonomi formal maupun ekonomi informal. Sektor ekonomi formal antara lain….
a.    Industri rumah atau industri rakyat
b.    Perdagangan, jasa, agraris, dan usaha lain
c.    Perusahaan berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum
d.    Perdagangan, baik lokal, nasional, maupun internasional.

42.    Perhatikan bentuk saluran distribusi berikut!
1.    Petani sayur menjajahkan sendiri sayurannya kepada ibu rumahtangga
2.    Penjual pisang goreng menjual lansung pisang gorengnya kepada para pembeli
3.    Pedagang eceran yang menjual lansung barang dagangannya kepada konsumen akhir
4.    Perantara yang atas namanya sendiri yang membeli dan menjual barang berdasarkan pesanan orang lain
5.    Perantara yang melakukan pembelian atau penjualan barang dan jasa hasil produksi perusahaan tertentu
Yang termasuk saluran distribusi pendek yaitu….
a.  1 dan 2               
b.  2 dan 4 
c.  1 dan 3
d.  3 dan 5

43.    Apa kaitannya, barang yang cepat rusak seperti, sayuran, dan buah-buahan sebaiknya dipilih saluran distribusi pendek atau system distribusi lansung karena....
a.    Alokasi biaya yang harus dikeluarkan
b.    Sifat barang yang akan memengaruhi saluran distribusi yang dipilih produsen.
c.    Daya penyebaran barang akan memengaruhi saluran distribusi yang dipilh produsen
d.    Tingkat keuntungan yang akan diperoleh

44.    Perhatikan gambar berikut!
 

Gambar tersebut merupakan bentuk saluran distribusi panjang, yaitu…..
a.  Makelar                        
b.  Pedagang besar 
c.  Agen
d.  Pedagang eceran

45.    Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang berfungsi sebagai penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Distribusi barang ada yang besifat cuma-cuma ( gratis) dan ada pula harus melalui transaksi jual-beli. Berdasarkan uraian tersebut dapatdi simpulkan bahwa distribusi:
a.    Memberi keuntungan kepada perusahaan (produsen)
b.    Membantu meningkatkan faedah dan kegunaan barang.
c.    Menjual barang ke agen sebelum ke konsumen
d.    Menjual barang dengan sistem online

46.    Urutan yang tepat untuk pembagian zaman batu di Indonesia adalah….
a.    Paleolitikum- Mesolitikum- Neolitikum- Megalitikum
b.    Mesolitikum- Megalitikum- Neolitikum- Paleolitikum
c.    Mesolitikum- Paleolitikum- Megalitikum- Neolitikum
d.    Peleolitikum- Neolitikum- Mesolitikum- Megalitikum

47.    Perhatikan nama raja-raja berikut!
1)    Sultan Ageng Tirtayasa
2)    Sultan Iskandar Muda
3)    Sultan Hassanudin
4)    Sultan Hadi Wijaya
Nama raja yang membawa masa keemasan di Kesultanan Makasar adalah….
a.  1                    
b.  2
c.  3
d.  4

48.    Urutan yang benar raja-raja yang memerintah Kerajaan Singhasari adalah….
a.    Anusapati- Ken Arok- Tohjaya
b.    Ken Arok- Anusapati- Tohjaya
c.    Tohjaya- Ken Arok- Anusapati
d.    Ken Arok- Tohjaya- Anusapati

49.    Pernyataan yang benar mengenai kerajaan Sriwijaya adalah…
a.    Merupakan kerajaan agraris
b.    Menjadi salah satu pusat persebaran agama Buddha
c.    Menguasai Selat Sunda
d.    Mengalami keruntuhan akibat serangan Kerajaan Champa

50.    Seni kaligrafi telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak awal pertumbuhan Islam. Kaligrafi (tulisan Arab indah) merupakan salah satu alat pengajaran jendela masjid. Seni kaligrafi juga tampak pada batu nisan yang disebut jira tatau kijing. Seni kaligrafi erat kaitannya dengan seni pahat. Kaitannya adalah…
a.    Seni pahat yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama dipadu dengan gaya seni kaligrafi bercorak islam
b.    Seni kaligrafi mengambil over seni pahat Nusantara sebagai pola mengembang kankaligrafi
c.    Seni pahat Nusantara berkembang mengikuti seni kaligrafi
d.    Kaligrafi bercorak Islam berkembang mengikuti seni pahat Nusantara


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script>




Comments

Popular posts from this blog

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab perta...

PAS GENAP PKn KLS 7 SMP

  1.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan dan menetapkan UUD 1945 2.    Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh.Hatta sebagai wakil presiden 3.    Pembagian wilayah atas 8 provinsi 4.    Pembentukan Komite Nasional Berdasarkan pernyataan tersebut, keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ditunjuk oleh nomor…. a.    1 dan 2                b.    2 dan 4    c.  1 dan 3 d.  3 dan 4 2.    Perhatikan nama tokoh berikut! 1.    Otto Iskandardinata 2.    Mr. Achmad Soebardjo 3.    Mr.Sartono 4.    Ir.Soekarno Berdasarkan nama tokoh tersebut, yang merupakan ketua perancang UUD 1945 ditunjukan nomor…. a.    1           ...

PRESTASI SISWA GAMMA OMEGA BIMBEL 2014

Tahun 2014 Siswa Gamma Omega Bimbel yang memperoleh Juara Kompetisi IPA tingkat Kecamatan sampai Kotamadya ada sebanyak 7 siswa dengan 8 penghargaan Sertifikat Juara. Khusus untuk kompetisi siswa dilatih oleh Bapak Rudolf selaku pengajar dan sekaligus Manger Gamma Omega Bimbel yang berpengalaman dalam melatih siswa mengikuti kompetisi IPA Jakarta. Total Penghargaan Kompetisi IPA dari tingkat Kecamatan sampai Propinsi Jakarta yang sudah dirahi ada sebanyak 36 Juara dalam bentuk sertifikat. berikut ada 8 sertifikat yang diperoleh selama tahun 2014 atas nama. 1. Yang Fauzi 2 sertifikat : Juara 3 Kecamatan, dan Juara 2 Kotamadya Jakarta Timur kls 7 2. Chrisant Celine             : Juara 1 Kecamatan Jatinegara kls 9 3. Vallent                          : Juara 2 Kecamatan Jatinegara kls 9 4. Lisa Amelia                  : Juara 5 Kecamatan Jatinegar...