Skip to main content

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

 




1. Perhatikan teks berikut!
Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. ....
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah ….
A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia
B. Australia adalah negara tetangga Indonesia
C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia
D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia

2.  Perhatikan kalimat berikut!
1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolahan data.
3.     Buku ini penting dibaca karena sebagai penuntun bagi orang tua, atau siapa pun, yang ingin mengamankan keluarga dan lingkungan di sekitarnya dari jerat narkoba.
4.    Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.
Kalimat dalam teks ulasan yang memuat tentang sinopsis/ isi buku dinyatakan pada nomor ...
A.  1.
B.  2.
C.  3.
D.  4

3.  Cermatilah teks berikut!
Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Meraka gigih meraat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.
Ide pokok teks ulasan tersebut adalah ….
A.  Pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Bumi
B.  Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan
C.  Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari
D.  Cara melestarikan lingkungan yang baik

4.  Cermati resensi buku berikut!
Judul buku     :   Anda Sebenarnya  Sangat Kaya.
Penulis           :   Steve Henry
(1) Hasil penelitian yang sangat menarik, menyenangkan, dan akurat. (2) Memberikan gambaran bahwa ada kekayaan yang tidak bisa dibeli dengan uang.  Kesehatan merupakan kekayaan yang paling tinggi dibandingkan dengan seseorang yang merasa bahagia. (3) Bila dinilai dengan uang, kesehatan bernilai Rp 2,5 miliar, kebahagiaa bernilai Rp 1,5 miliar, serta rasa aman dan damai bernilai Rp 1,8 miliar. (4) Penelitiannya sangat rumit, memerlukan data yang banyak, serta memerlukan ketelitian.
Keunggulan buku tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. (2)           
B. (3)           
C. (4)        
D. (1)

5.  Bacalah teks berikut!
Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana, adalah pecinta alam. Maka, tidak menherankan apabila anaknya, Atik kemudian menjadi ahli biologi. Atik senang buku, ia satu dengan buku. Ia membuat karirnya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan penutur-penutur sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya.
Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah . .
A.    Kelebihan pengarang (Mangunwijaya) dalam menggambarkan latar.
B.    Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel.
C.    Latar belakang kehidupan tokoh Atik.
D.    Pemaparan keturunan tokoh Atik.

Judul            : Sekolah Itu Candu
Penulis         : Roem Topati Masang
Penerbit        : Insid Press, Yogyakarta
Cetakan        : Pertama, Juli 2007
Tebal            : xvii+ 178 halaman
Kelebihan    : Buku ini menggunakan bahasa komunikatif, tidak  
                       terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
Kelemahan   : Desain kover buku kurang menarik.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku sesuai dengan data tersebut adalah ….
A. Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
B. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan
C. Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
D. Buku ini mengangkat masalah yang aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, kover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.

7.  Perhatikan kutipan data buku berikut!
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat ulasan yang tepat untuk data buku tersebut  adalah . . . .
A. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
B. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpikir keras.
C. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
D. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap

8.  Bacalah kutipan teks berikut!
1) Buku yang berjudul Matinya Media:Perjuangan Menyelamatkan Demokrasi disunting oleh Danny Schechter.2) Buku tersebut mengulas perkembangan media massa yang mulai mengancam masa depan demokrasi. 3) Sampul buku tersebut berwarna biru tua. 4) Namun, bahasa yang digunakan masih terlalu sulit dipahami
Sinopsis buku tersebut terdapat pada kalimat ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

9.  Bacalah pernyataan berikut!
    1.  Sampul buku tebal dan berwarna cerah
    2.  Isi sesuai untuk anak SMP
    3.  Bahasa sederhana tapi jelas
    4.  Kualitas kertas lumayan
Paragraf  yang tepat untuk mengomentari  buku tersebut adalah…
A. Sampul buku tebal dan cerah sehingga menarik. Isinya pun sesuai untuk anak SMP dengan bahasa yang sederhana layak dibeli untuk anak SMP.
B. Sampul buku tebal dan cerah sehingga menarik. Isinya pun sesuai untuk anak SMP dengan bahasa yang sederhana. Kertasnya lumayan.
C. Sampul buku tebal sehingga menarik. Isinya sesuai untuk siapa saja. Bahasa sederhana. Kertasnya lumayan.
D. Sampul buku tebal sehingga menarik. Isinya sesuai untuk siapa saja. Bahasa sederhana. Kertas berwarna buram.

10.  Bacalah kalimat berikut!
A.    Kalian harus bisa membanggakan kedua orang tua yang telah berjuang sekuat tenaga agar kalian dapat bersekolah sampai saat ini. Kalimat pertimbangan.
B.    Kecerdasan berfikir akan tercermin pada akhlak yang mulia
C.    Marilah menjadi siswa yang bertanggungjawab dan disiplin diri.
D.    Sebagai seorang siswa seharusnya belajar setiap hari, bukan hanya belajar ketika ada tugas atau pekerjaan rumah (PR).
 Kalimat pertimbangan ditunjukkan pernyataan nomor ….
 A.  1.
 B.  2.
 C.  3.
 D.  4.

11.  Perhatikan kutipan teks persuasif berikut!
Sebagai para generasi penerus bangsa, kita harus bisa menjauhkan diri dari bahaya narkoba. Tutup rapat-rapat keinginan kita untuk mencoba-coba menggunakan narkoba. Karena narkoba hanya akan merusak para generasi penerus bangsa
Kutipan paragraf tersebut termasuk bagian... .
A.  Alinea penjelas .
B.  Alinea pembuka.
C.  Alinea penutup.
D.  Alinea pertimbangan

12.  Bacalah teks berikut !
Belajarlah degan tata cara yang baik yaitu berdoa sebelum belajar dengan niat tulus akan belajar dengan sungguh-sungguh. Pusatkan pikiran ketika belajar.
Isi yang terkandung dalam paragraf persuasi tersebut adalah....
A. Pemberitahuan.
B. Himbauan dan ajakan.
C. Penyampaian informasi.
D. Larangan untuk belajar.

13.  Bacalah teks berikut dengan cermat!
Demikianlah dampak buruk dari penggunaan internet bagi anak-anak apabila orang tua tidak mengawasinya.
Paragraf tersebut merupakan kutipan  teks persuasi bagian….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argument
C. Penegasan kembali
D. Pernyataan ajakan

14.  Perhatikan teks berikut !
Tata tertib sekolah dapat berupa aturan tertulis maupun tidak tertulis yang dibuat oleh pihak sekolah untuk mengatur tingkah laku dan wajib dipatuhi oleh warga sekolah terutama siswa-siswa sekolah tersebut. Jika berbentuk tertulis biasanya diletakkan di sudut-sudut sekolah atau dipasang pada figura dan dtempel pada tembok-tembok tiap ruang kelas. Sedangkan tata tertib tidak tertulis biasanya merupakan peraturan tambahan atau peraturan yang sudah diketahui oleh semua warga sekolah sudah mengetahui peraturan tersebut.
 Kalimat saran yang yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ... .
 A.  Hukuman atau sangsi untuk pelanggara tata tertib sekolah harus ditambah.
 B.  Tata tertib sekolah sebaiknya dihafal oleh semua warga sekolah khususnya siswa-siswsi sekolah
       tersebut.
 C.  Ketika merasa melanggar tata tertib sekolah kita harus segera menemui guru Bimbingan dan    
       Konseling.
 D.  Tata tertib sekolah yang sudah dibuat oleh pihak sekolah sebaiknya ditatai oleh semua warga    sekolah.

15.  Perhatikan kalimat berikut!
(1) Suatu  di sekolah diadakan diskusi bertema “Pengaruh rokok terhadap kesehatan.” (2). Moderator memersilakan pemrasaran, pemrasaran berpendapat bahwa rokok merupakan teman akrab yang merugikan bagi setiap pecandu. (3). Sebab dengan merokok, kesehatan kita dirongrong pelan-pelan. (4). Di samping iti, menambah pengeluaran yang seharusnya bosa ditabung. (5) Oleh karena itu, Kurangilah dan berhentilah merokok!.
Kalimat perusasif dalam kutipan teks tersebut terdapat pada kalimat …..
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4

 Perhatikan teks berikut untuk menjawab nomor 16 dan 17!
(1). Sebagai seorang sastrawan, pekerjaan Djenar Mahesa Ayu menulis novel atau cerita pendek.(2). Dari karyanya tersebut tentu pembaca memperoleh berbagai manfaat.(3). Penyajian pesan penulis sastra halus dan sopan. (4). Hasil penulisanya jarang menimbulkan hal-hal yang berbau SARA.(5). Oleh karena itu, novelnya dianjurkan untuk dibaca.

16. Kalimat fakta dalam kutipan teks tersebut ditunjukkan pernyataan nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

17.  Bacalah dengan cermat teks berikut !
Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Cuma kemajuan teknologi termasuk internet, biasanya bagai pisau bermata dua. Dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus berhati-hati sekali dan ekstra waspada dengan situs-situs yang kita kunjungi.
Simpulan paragraph teks persuasi tersebut adalah….
A. Internet memungkinkan kita menemukan semua informasi kebutuhan.
B. Banyak informasi yang bisa diperoleh melalui internet.
C. Internet bisa jadi teman yang baik dan bisa juga menjadi teman yang menjerumuskan.
D. Kita harus bijak dalam menggunakan internet supaya bisa mendapat mamfaat positif.

18.  Perhatikan pernyatan berikut!
Namun, jika kita meraih prestasi dengan cara-cara yang tidak jujur, maka kasihan teman-teman lain yang berjuang bersama untuk mencapai prestasi yang gemilang juga.
Perbaikan kalimat yang tepat untuk kalimat tersebut  adalah ... .
A. Namun jika kita meraih prestasi dengan cara-cara yang tidak jujur maka kasihan teman-teman lain yang berjuang bersama untuk    mencapai prestasi yang gemilang juga
B. Namun, jika kita meraih prestasi dengan cara-cara yang tidak jujur maka, kasihan teman-teman lain   yang
   berjuang bersama untuk mencapai prestasi yang gemilang juga.
C. Namun, jika kita meraih prestasi dengan cara-cara yang tidak jujur maka, kasihan teman-teman lain yang berjuang  bersama untuk    mencapai prestasi yang gemilang juga
D. Namun jika, kita meraih prestasi dengan cara-cara yang tidak jujur maka kasihan teman-teman lain yang berjuang bersama untuk   mencapai prestasi yang gemilang juga.

19. Perhatikan kalimat berikut!
Misal, mendapat nilai ulangan Matematika 100 hasil mensontek, kemudian ketika pelajaran Matematika guru merasa bangga dan meminta siswa yang mendapat nilai 100 tersebut untuk mengerjakan soal di papan tulis.
Penggunaan kata yang tepat untuk kata mensontek  adalah ... .
A.  Mencontek
B.  Menyontek
C.  Menyontekin
D.  Mencontekkan

20.  Perhatikan kalimat berikut
1. Norma-norma hidup diperlukan untuk mengatur tingkah laku antar sesama umat manusia. Agar kehidupan berjalan selaras dan seiringan. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menjaga keutuhan suatu bangsa.
2. Melihat berbagai kondisi dan kenyataan yang ada sekarang, meunjukkan bahwa moral anak bangsa telah mengalami kemerosotan. Tak sedikit dari mereka di usia-usia remaja banyak yang sudah berani mengonsumsi minuman keras, narkoba, bahkan bertindak kriminal. Seharusnya mereka harus dididik agar menjadi penerus bangsa yang baik.
3. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika belajar yaitu waktu, materi, situasi dan kondisi. Keempat hal tersebut dapat menunjang kelancaran belajar jika diperhatikan dengan baik.
4. Pendidikan sangat penting. Bahkan pemerintah telah menetapkan kewajiban belajar 9 tahun. Hal ini tentu dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di negara Indonesia.
Penggalan paragraf persuasif berikut yang sesuai dengan topik :“Menurunnya moral anak bangsa,” ditunjukkan pernyataan nomor ….
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4

21.  Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
(Setelah hampir setengah jam mereka berkutat dengan lap top di ruang kerja , Heri baru tersadar, kalau hasil kerjanya tidak bisa terbaca)
1. Heri        :  ”Wah kacau!!”
2. Umi        :  ”Apanya? ...”
3. Heri        :  ”Virus merusak dataku! Mana sudah ditunggu Pak Bambang lagi”.
4. Umi        :  “Buat lagi saja. Beres”
5. Heri        :  ”Enak saja buat lagi!!! (..........)
6. Umi        :  ”Wah sebegitunya kamu marah. Aku jadi takut.”
 Perbaikan petunjuk laku pada nomor (5) ya tepngat adalah...
A.  (Matanya merah saga).
B.  (Matanya benar-benar merah).
C.  (Matanya melotot ke arah Umi).
D.  (Matanya melotot mau menangis).

22.  Bacalah kutipan drama berikut!
Rini: “Ya bu kayak nggak tahuAndi aja “ dia khan pelit banget walaupun sama Rini,adiknya
   sendiri,” (gumanRini).
Andi: “Wajar aja gue pelit ama lo ,abis setiap barang yang lo pinjam selalu jadi hak milik,sih”
Rini: “Oh jadi gitu menurut kakak” (belaRini)
Andi: “Emang gitu khan!!! (Sambil pergi meninggalkan Rini untuk shalat Maghrib).
Suasana yang tergambardalamkutipan drama tersebutadalah….
A.  Menegangkan
B.  Mencekam
C.  Menggembirakan
D.  Menyedihkan

23.  Latar waktu pada kutipan drama tersebut adalah….
A.  Pagi
B.  Siang
C.  Sore
D.  Malam

24.  Cermatilah kutipan naskah drama berikut!
Siang itu terdapat lima sekawan yaitu, Aini, Ilmi, Munik, Firda, dan juga Fuadah yang memiliki janji bertemu untuk mengerjakan tugas setelah pulang dari sekolah.
(1)Aini  : nanti kita kerjakan tugas matematika di tempat seperti biasanya ya?.
(2)Ilmi  : di rumahnya Firda atau di balai desa saja?
(3)Munik : kita kerjakan tugas di balai desa saja.
(4)Ilmi  : baiklah, jika seperti aku akan pulang untuk ganti baju dan makan dulu lalu baru nanti berangkat ke balai desa.
Sesudah mereka pulang ke rumah masing- masing dan jam sudah menunjukan setengah 4 maka Aini, Ilmi, Munik, dan juga Firda berangkat untuk ke balai desa. Hanya saja Fuadah tidak jadi berangkat karena tertidur dan lupa jika sudah membuat janji jika akan mengerjakan tugas bersama
Kutipan yang membuktikan bahwa waktu kegiatan tersebut terdapat pada dialog ke ....
 A.  (1)
 B.  (2)
 C.  (3)
 D.  (4)

25.  Cermatilah kutipan naskah drama berikut!
Saskia     : (menggandeng Melly) “Ayolah Mel, minta maaflah, Bu Brenda pasti mau memaafkan’”
Melly      : “Tapi aku takut, Saski,”  (wajahnya tertunduk )
Saskia     : “Iya sih, Bu Brenda  memang  marah sekali waktu  kamu terlambat masuk tadi, tapi
                   Kan kamu bisa menjelaskan bahwa kamu terlambat karena  mengantar ibumu ke
                   Rumah sakit,”
Melly      : “Sas, jelek sekali  nasibku hari ini ya?”
Saskia     : (mencubit lembut lengan Melly) , “Tidak boleh begitu, Mel...”
Petunjuk lakuan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah...
 A. Wajahnya gembira .
 B. Matanya melotot.
 C. Wajahnya tertunduk.
 D. Matanya mengantuk.

26.  Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Perempuan tua : Kamu mau tinggal di sini bersama nenek?
Aminah : Tinggal bersama nenek? Lalu kalau ibu marah bagaimana?
Perempuan tua : Ibumu tidak akan marah karena nenek sudah minta izin. Satu, lagi, nenek akan memberimu hadiah.
Aminah : (mengangguk) Saya mau, tapi betul ya, Nek!
Perempuan tua : [ ... ]
Aminah : (dengan wajah berseri-seri) Setuju, Nek, aku janji.
Perempuan tua : Ya ... Nenek senang sekali.
Dilaog yang tepat melengkapi bagian rumpang kutipan naskah drama tesebut adalah ....
A.  Ya kalau begitu nenek berpikir dulu untuk  mempertimbangkan permintaanmu!
B.  Ya tentu cucuku yang manis! Asal kamu berjanji untuk menuruti nasihat nenek!
C.  Ya tentu saja anakku, nenek tidak akan  pernah menyakitimu!
D.  Ya tentu nak. Nenek akan membuatmu  senang dan bahagia!

 27.  Bacalah kutipan drama berikut!  
Yoga          :    Kamu sudah degar berita tentang  Rury?
Pohan        :    Belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga          :    Kemarin ia jatuh dari pohon  mangga Kakinya patah dan
                        sekarang dirawat di rumah sakit.
Danu          :    Ah, biarkan saja biar dia tahu  rasa kerena mengambil mangga
                       Orang
Watak tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. Tidak peduli.   
B. Masa bodoh.
C. Perhatian.
D. Pencuriga.       


28.  Cermatilah kutipan naskah drama berikut!
Agus ingin bertanam kentang, ia pergi mengunjungi Pak Dede untuk menanyakan hal itu.
Agus        : Selamat siang, Pak!
Pak Dede : Selamat siang, silakan masuk Nak!
Agus        : Terima kasih
Pak Dede : Ada perlu apa Nak datang ke mari?
Agus        : [...]  (1)
Pak Dede : O, itu bagus, Nak.
Agus        : [...]  (2)
Pak Dede : O, itu mudah. Nak.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah ...
A.(1) Begini, Pak. Saya ingin menanam kentang.
    (2) Bagaimana cara memilih bibit kentang, menanam, dan merawatnya.
B.(1) Begini , Pak. Saya ingin kentang
    (2) Bagaimana cara memupuk, memilih bibit, dan merawat kentang
C.(1) Kapan Bapak mengajari saya menanam kentang?
    (2) Bagaimana cara mendapatkan kentang yang baik?
D.(1) Begini. Pak Berapa hasil panen Bapak?
    (2) Bagaimana cara memberantas hama?

29.  Bacalah kutipan drama berikut!
Doni  : “Psst, Mit, Nggi, coba lihat anak baru itu, sendirian saja ya!” (berbisik pada Mita dan Anggi saat mereka baru kembali   dari kantin)
Mita  : “Ayo kita dekati saja.” (Ketiganya menghampiri Ridwan)
Anggi : “Hei, Ridwan. Kenalkan, aku Anggi, ini Doni  dan Mita (menunjuk kedua temannya).”
             (Ketiganya duduk di sekeliling Ridwan)
Kutipan cerpen yang sesuai dengan bentuk drama tersebut adalah ….
A. Bisik Doni kepada Ridwan, “Psst, Mit, Nggi, coba lihat anak baru itu, sendirian saja ya,” saat   mereka baru kembali dari  kantin.  “Ayo kita dekati saja,” teriak Mita sambil mengajak keduanya menghampiri Ridwan. “Hei, Ridwan. Kenalkan, aku Anggi, ini Ridwan dan Mita,” jawab Anggi sambil menunjuk kedua temannya.  Lalu ketiganya di sekeliling Ridwan.
B. Doni berbisik kepada Mita dan Anggi bahwa ia melihat anak baru sendirian. “Psst, Mit, Nggi, coba  lihat anak baru itu, sendirian saja ya,” kata Doni kepada Mita  dan Anggi dari kantin. Lalu Mita  mengajak keduanya menghampiri Ridawan. “Ayo kita dekati  saja,” tanya Mita sambil mengajak keduanya menghampiri Ridwan. Lalu ketiganya mengelilingi Ridwan
C. Doni berbisik kepada Ridwan bahwa ia melihat Mita dan Anggi sebagai anak baru yang sendirian    ketika mereka keluar dari kantin. “Ayo kita dekati saja,” ujar Mita sambil mengajak keduanya menghampiri Ridwan. “Hei, Ridwan. Kenalkan, aku Anggi, ini Ridwan dan Mita,” kata Anggi  sambil menunjuk kedua temannya. Lalu ketiganya duduk di sekeliling Mita.
D. “Psst, Mit, Nggi, coba lihat anak baru itu, sendirian saja ya,” bisik Doni kepada Mita dan Anggi  saat baru kembali dari kantin. “Ayo kita dekati saja,” ujar Mita sambil mengajak keduanya menghampiri Ridwan. “Hei, Ridwan. Kenalkan, aku Anggi, ini Ridwan dan Mita,” kata Anggi sambil menunjuk kedua temannya. Lalu ketiganya duduk di sekeliling Ridwan.
      
30.  Bacalah kutipan drama berikut!    
Munawardi      :    Toloong ada yang mau jahat   kepada saya
Orang-orang    :    Mana…..mana orangnya ?
Dudi                :    Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi               :    Jangan…..jangan ! Kita tak  
                             boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam kutiban  drama tersebut bijaksana adalah…..
A.    Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
B.    Dia membertahukan orang yang berbuat  jahat
C.    Dia mengajak orang orang untuk menghajas  perampok
D.    Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak  main hakim sendiri.

31.  Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Perempuan tua : Kamu mau tinggal di sini bersama nenek?
Aminah : Tinggal bersama nenek? Lalu kalau ibu marah bagaimana?
Perempuan tua : Ibumu tidak akan marah karena nenek sudah minta izin. Satu, lagi, nenek akan memberimu hadiah.
Aminah : (mengangguk) Saya mau, tapi betul ya, Nek!
Perempuan tua : [ ... ]
Aminah : (dengan wajah berseri-seri) Setuju, Nek, aku janji.
Perempuan tua : Ya ... Nenek senang sekali.
Dilaog yang tepat melengkapi bagian rumpang kutipan naskah drama tesebut adalah ....
A.  Ya kalau begitu nenek berpikir dulu untuk  mempertimbangkan permintaanmu!
B.  Ya tentu cucuku yang manis! Asal kamu berjanji untuk menuruti nasihat nenek!
C.  Ya tentu saja anakku, nenek tidak akan  pernah menyakitimu!
D.  Ya tentu nak. Nenek akan membuatmu  senang dan bahagia!

32.  Bacalah penggalan naskah berikut ini!
Ibu   : Kenapa kamu mencontek lagi?
Rani : Tidak, Bu.
Ibu   : Jangan bohong saya punya saksi.
Rani : …
Ibu   : Bagus kamu sudah jujur, sekarang silahkan kamu belajar dulu, setelah itu mengulang tes.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang tersebut  adalah …
A. Ibu tidak percaya.
B. Mencontek itu tidak baik.
C. Ya Bu, saya mengaku.
D. Tidak mau ah malas.

33.  Perhatikan kutipan drama berikut!
Hendra : Terima kasih , Dik.
Erwin   : Sebenarnya, sudah lama aku ingin mengajakmu ke kota, tapi mengingat ibumu masih
               Sakit, ya ku tunda sampai hari ini.
Hendra : Sekarang ibuku sudah sehat. Kapan kita berangkat?
Erwin   : Seminggu lagi? Bagaimana?
Hendra : Baiklah aku nanti minta izin kepada ibu ku dulu.
Isi penggalan drama tersebut adalah ….
A. Erwin ingin mengajak Hendra ke kota.
B. Ibu Hendra sedang sakit dan Hendra harus menungu.
C. Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit.
D. Erwin menengok Hendra karena ibunya sakit.

34. Bacalah kutipan berikut!
Setiap pagi hari Saddam membantu menyiapkan kue buatan ibunya untuk dibawa ke sekolah. Di sekolah, kue buatan ibunya itu akan dititipkan di kantin sekolah. Sepulang sekolah, Saddam akan membantu ibunya berjualan kue keliling kampungnya.
Penggambaran watak tokoh dalam cerpen tersebut dengan cara....
A. Dialog antartokoh
B. Perilaku tokoh
C. Secara langsung
D. Pikiran tokoh

35. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Tahun lalu Aisyah, mogok sekolah. Tidak melanjutkan ke jenjang SMP setelah lulus SD, lantaran orang tuanya tak mampu dengan biaya sekolah pada masa itu. Ayahnya bilang agar Aisyah sementara tinggal di rumah saja, belajar melukis bersamanya. Gadis berperawakan kecil dan berambut sebahu itu menurut, meski hatinya tetap ingin sekolah. Aisyah murid yang cerdas, selalu mendapat peringkat 5 besar di kelas. Selama setahun di rumah ia rajin belajar melukis dari bimbingan sang ayah, meski ayahnya jarang pulang.
Suatu hari ia mendengar kabar bahwa tahun ajaran sekolah akan segera usai. Ia kegirangan.  Hasrat  terpendam  kembali  mencuat.  Dengan  semangat menggebu
gebu,  ia  mengungkapkan  pada  sang  ayah  keinginannya  untuk sekolah lagi. Beliau setuju. Toh, kini ibunya sudah berangkat ke luar negeri menjadi TKW dan selalu mengirimkan uang bulanan ke rumah, meski tak pernah cukup karena kebutuhan keluarga yang lebih besar dari pendapatan. Sementara itu, kebetulan di desanya ada program bantuan sekolah dari
pemerintah  untuk  keluarga  tak  mampu.  Tak  disangka-sangka  Pak  RT  pun sudah mengikutkan Aisyah sebagai penyandang beasiswa tersebut. Lengkap sudah kebahagiaan Aisyah. Cita-citanya untuk sekolah lagi akan segera terwujud.
Sumber: Mentari Di Ujung Senja. Mella Amelia. http//majalah-online.sman4jkt.sch.id
Amanat kutipan cerpen tersebut adalah…
A.  Hendaknya selalu berharap pada kebaikan seseorang.
B.  Melukislah di rumah ketika kita tidak bisa melanjutkan sekolah lagi.
C.  Yakinlah bahwa keinginan yang baik akan terwujud meski ada rintangan.
D.  Berusahalah agar anak tetap bisa sekolah meski harus menjadi TKW.

36.  Bacalah kutipan cerita berikut!
Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang dan waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan dan lautan adalah cairan logam meski buih pada debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas dan langit.
 Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ….
 A.  Gaya bahasa yang indah dalam menggambarkan pantai
 B.  Menggunakan pola pengembangan alur mundur
 C.  Sudut pandang yang digunakan orang ketiga
 D.  Menceritakan pengalaman tokoh di daerah pantai

37. Cermati kutipan teks berikut!
(1) “Tentu saja, Nona. Semua mobil keluaran terbaru memiliki fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kamu terbang, aku memerintahkanmu!” (3) “Nona, aku harus memperingatkanmu. Memaksa mobil taksi untuk terbang adalah tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu aku ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti watak tokoh Nona penurut pada kutipan cerita tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)    
B. (2) dan (3)    
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

38. Bacalah kutipan teks berikut!
….Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arahsemut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu. Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.“Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji pada kupu-kupu bahwa ia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
                       
Komentar yang tepat terhadap isi kutipan fabel tersebut adalah…
A.  Setiap melakukan sesuatu hendaklah dipikir terlebih dahulu supaya tidak menyesalkemudian.
B.  Isi fabel itu sangat baik untuk ditiru, kita jangan suka menghina semua makhluk ciptaanTuhan.
C.  Pemilihan latar pada kutipan fabel tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya dihutan.
D.  Pemilihan tokoh semut dan kupu-kupu sangat sesuai dengan karakter yang dimiliki kedua tokohtersebut.

39.  Cermatilah pengggalan teks  berikut!
Aku berlari secepat yang kubisa, berusaha tak menghiraukan tanda biru kehitaman yang ada di kakiku. Samar-samar kudengar seseorang meneriakkan namaku dari belakang. Suara orang itu seakan memotivasiku untuk berlari lebih cepat. Hari ini, materi olahraga yang diujikan adalah lari jarak 100 meter. Untuk membuktikan bahwa aku baik-baik saja, aku harus bisa berlari dengan kecepatan yang baik, rata-rata 17 detik kurasa.
Makna simbol tanda biru kehitaman pada teks cerita tersebut adalah....
A. Tahi lalat
B. Luka gores
C. Gambar tato
D. Luka memar.

40.  Bacalah teks berikut!
Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. la selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Pada tanggal 25 Desember 1912, ia mendirikan Indische partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan menggerakkan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.
 Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ….
 A.  Tahun 1908 aktif berorganisasi
 B.  Organisasinya ditolak Belanda
 C.  Memiliki nasionalisme tinggi
 D.  Menggugah kesadaran masyarakat

41.  Bacalah teks berikut!
Pertempuran legendaris 10 November 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Keluarga Bung Tomo sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan.
Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. la menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.
Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ….
A.  Sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan.
B.  Suka bekerja keras memperbaiki keadaan agar lebih baik.
C.  Tokoh legendaris pada peristiwa 10 November 1945.
D.  Menyelesaikan pendidikannya di HBS lewat korespondensi.

42.  Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Sayangnya artikel tersebut lebih bersifat teoritis. Sebagian besar uraian dalam artikel lebih banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapa tokoh. 2) Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini pun belum ada. (3) Begitu pula data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain yang dicontohkan pun tidak ditemukan.
(4) Namun demikian, artikel tersebut baik untuk kita baca. Paling tidak, artikel itu dapat menambah wawasan tentang pembangunan karakter bangsa. 

Mahir BerbahasaIndonesia untuk SMP/MTs

Simpulan pendapat yang mendukung isi kutipan teks tersebut adalah …
A.  Artikel tersebut layak dibaca untuk menambah wawasan pembangunan karakter bangsa.
B.  Sebagian besar uraian dalam artikel banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapatokoh.
C.  Data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain pun tidakditemukan.
D.  Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini  pun belumada.

43.  Bacalah kutipan teks berikut!   
Puisi-puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang tema pendidikan. Penulis terinspirasi ketika
menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. Selain itu, penulis banyak
mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan gejala alam yang senantiasa melingkupi
kehidupannya.
[…]
Puisi-puisi di buku ini diperuntukkan bagi pembaca khususnya siswa SMP dan SMA. Hal ini
mengingat kebutuhan akan buku-buku kumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai buku
pelengkap bahan ajar sangattinggi.
Banyak buku puisi yang terbit, tetapi tidak sebanyak buku-buku yang layak dibaca untuk siswa
SMP dan SMA. Terbitnya buku puisi karya Darmawati ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan
bahan bacaan sastra di sekolah. Puisi-puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki
kedalaman makna.  

Diolah dari sumber http://brainly.co.id

Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….   
A. Puisi “Ragaku” merupakan salah satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukup unik. Pemilihan diksi yang   sederhana tidak   membuat makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justru     sebaliknya. Puisi ini seperti sebuah sumur di tengah padangpasir.
B. Buku puisi ini sangat membantu bagi guru-guru untuk mengajarkan bahan pembelajaran puisi. Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini tidak dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Meskipun demikian, puisi-puisinya mudah dipahami dan dikemas dalam bentuk untaian larik yang sederhana.
C. Penulis novel ini dengan cerdas mengambil sesuatu yang beda demi menyampaikan pesan tentang keagungan Tuhan. Manusia memang tidak ada apa- apanya. Manusia tidak akan menjadi "kuat", kaya, pintar, hebat, dan lain sebagainya, apabila Tuhan tak berkehendak padanya untuk menjadi demikian.
D. Namun, sebagian dari manusia berbuat banyak kerusakakan, sementara hati tak sadar tentang siapa diri mereka dan siapa yang menciptakan mereka. Mereka berfikiri bebas berbuar apa saja. Padahal, dalam ketidaksadaran macam itu, kekuasaan Tuhan tidak dapat diragukan lagi.

44.  Bacalah teks berikut!
Buku Pengantar Filsafat Pendidikan karya Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd ini membahas tentang pendidikan dari sudut pandang filsafat. Pendidikan berkaitan dengan nilai yang timbul dari pengalaman dan pemikiran manusia tentang pemaknaan pendidikan itu sendiri. Buku ini membahas beda antara praktek pendidikan dan teori pendidikan.
Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan cara memperoleh nilai tersebut karena pada dasarnya pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan nilai. Akan tetapi, pembaca pada umumnya atau pembaca pemula khususnya kurang bisa memahami isi teks yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan dengan baik.
Kalimat yang berisi keunggulan dari buku adalah…
A. Pendidikan berkaitan dengan nilai yang timbul dari pengalaman dan pemikiran manusia tentang   pemaknaan pendidikan itu sendiri.
B. Buku ini membahas beda antara praktek pendidikan dan teori pendidikan.
C. Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan cara memperoleh nilai tersebut karena pada dasarnya pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan nilai.
D. Akan tetapi, pembaca pada umumnya atau pembaca pemula khususnya kurang bisa memahami isi teks yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan dengan baik.

45.  Perhatikan kutipan indeks berikut!
Agusta, Leon 307
Ayatrohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imaji 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantic 32-35
Amuk  185, 186, 190, 194, 195
Pernyataan yang sesuai berdasarkan kutipan tersebut adalah ….
A.  Indeks tersebut hanya memuat informasi tentang pengarang.
B.  Informasi tentang puisi Aku karya Cahiril Anwar ada pada halaman 41, 59, 71, 141.
C.  Informasi tentang Leon Agusta dapat ditemukan pada halaman 207
D.  Informasi tentang aliran-aliran dalam penulisan puisi dapat ditemukan pada sejumlah halaman.

46.  Perhatikan data berikut!
Aschylus, 165, 262
Agung, Sultan, 242
Ajip, Rosidi.
Alisjahbana, S. Takdir, 52, 115, 359
Hamzah, Amir, 147, 167, 214, 324, 338, 367.
Anwar, Cahiri;
Kartamiharja, Aoh, 212
Budiman, Arif, 168
Menurut data indeks tersebut, nama yang paling sering muncul adalah ....
A.  Sutan Takdir Alisjahbana.
B.  Amir Hamzah.
C.  Cahiril Anwar
D.  Aoh Kartamiharja

47.  Perhatikan daftar indek berikut !
Amanat – 123,343
Cerita pendek – 343,344,347
Drama – 345,346
Epilog – 345
Ejaan -34,35
Narasi – 333,336,337
Karangan – 129,132
Konotasi -3,5
Pikiran utama – 129,191,198
Informasiyang sesuai dengan indeks buku tersebut adalah …
A. Kata narasi dapat ditemukan  pada halaman 336
B. Konotasi terdapat pada halaman 337
C. Kata cerita pendek dapat dilihat pada halaman 337
D. Kata efilog terdapat pada halaman 335

48.  Perhatikan data buku berikut!
Data buku:
1) Buku berjudul Pengantar Novel Indonesia karangan Jakob Sumardjo diterbitkan oleh penerbit Karya Unipress pada tahun 1983 di Jakarta.
2) Buku berjudul Anak Perawan di Sarang Penyamun karangan Sutan Takdir Alisyahbana diterbitkan pada tahun 1992 di Jakarta oleh penerbit Dian Rakyat.
Penulisan daftar pustaka berdasarkan kedua data buku tersebut yang tepat adalah ....
A. Sumardjo, Jakob. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta : Karya Unipress. 1983
Alisyahbana, Sutan Takdir. Anak Perawan di Sarang Penyamun. Jakarta : Dian Rakyat. 1992
B. Jakob Sumardjo. 1983. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta : Karya Unipress.
Sutan Takdir Alisyahbana. 1992. Anak Perawan di Sarang Penyamun. Jakarta : Dian Rakyat
C. Alisyahbana, Sutan Takdir. Anak Perawan di Sarang Penyamun. 1992. Jakarta : Dian Rakyat.Sumardjo, Jakob. Pengantar Novel Indonesia. 1983. Jakarta : Karya Unipress.
D. Alisyahbana, Sutan Takdir. 1992. Anak  Perawan di Sarang Penyamun. Jakarta : Dian Rakyat.
Sumardjo, Jakob. 1983. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta : Karya Unipress.#

49. Perhatikan daftar pustaka berikut!
1.    Witty, Paul (1957). How you can be a better student. New York: Sterling Publishing Co., chapter 4.
2.    Gibbs, Graham (1981). Teaching students to learn. England: Open University Press., chapter 2.
3.    Taylor et al. (1987). Thinking it through-a practical guide to academic essay writing. Ontario: Academic Skills Centre,   chapter 5
4.    Buzan, Tony (1974). Use your head. London: BBC Publications, chapter 2.
5.    Buzan, Tony (1989). Speed reading. England: Penguin Books Ltd.
6.    New York State Personnel and Guidance Association (1968). Tips to improve personal study skills. New York: Delnar Publishers., chapter 7.
Urutan penulisan daftar pustaka yang tepat adalah .....
A.  5-2-4-6-3-1.
B.  5-4-2-6-3-1.
C.  4-5-2-6-3-1.
D.  4-5-6-2-3-1.

50.  Perhatikan kalimat berikut!
Mereka melaksanakan daripada kegiatan rutin yang sering dilaksakan setiap tahun.
Bagian kalimat yang menyebabkan menjadi kalimat tidak efektif adalah ....
A.  Mereka, daripada.
B.  Kegiatan, selalu.
C.  Daripada, sering.
D.  Daripada, yang.


<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script>

Comments

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar dengan baik dan sopan.

Popular posts from this blog

4. LINK SEMESTER GENAP SMP SEMUA PELAJARAN

   LINK SEMESTER GENAP SELURUH MATA PELAJARAN SMP   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script> BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA  ISLAM KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-7-smp.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-8-smp_11.html KELAS 9   KRISTEN KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/blog-post_11.html KELAS 8   https://gammaomega1990.blogspot.

2. LINK SEMESTER GANJIL SMP SEMUA PELAJARAN

  <script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP   BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA ISLAM   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-7.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-8.html KELAS 9   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-9.html   1. AGAMA KRISTEN   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-kristen-kl