LEMBAR SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SMP
TAHUN PELAJARAN
LINK ONLINE : https://tinyurl.com/PAS-INDO-IX
TOKEN : Indo9
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, semester : IX , lima
Hari/Tanggal :
Waktu : 07.00 - 09.00
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>
I. Tuliskan huruf ( A/B/C/D) untuk jawaban yang benar!
1. Pernyataan yang berupa pendefinisian adalah ….
A. Pupuk adalah suatu bahan yang digunakan untuk memperbaiki kesuburan tanah
B. Penelitian dilaksanakan di Green House UR, Pekanbaru pada minggu kedua November
C. Kaliun di dalam tanaman dapat befungsi untuk menguatkan jerami tanaman, sehingga tanaman tidak mudah rebah
D. Suplai nitrogen di dalam tanah merupakan faktor yang sangat penting dalam kaitannya dengan pemeliharaan atau peningkatan kesuburan tanah
2. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap yang mengganggu tidur kita. Ya, makhluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk. Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar. Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Teks tersebut adalah bagian teks laporan percobaan yang merupakan struktur bagian ....
A. Langkah-langkah
B. Tujuan
C. Simpulan
D. Hasil
3. Perhatikan kutitipan berikut!
Minyak goreng mengandung banyak lemak karena kertas yang ditetesi minyak goreng menjadi sangat transparan. Santan mengandung lebih sedikit lemak daripada minyak goreng. Ekstrak ubi rebus mengandung paling sedikit lemak karena kertas yang ditetesi ekstrak ubi tidak menjadi terlalu transparan
Kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian teks ….
A. Objek percobaan
B. Tujuan percobaan
C. Manfaat percobaan
D. Simpulan percobaan
4. Perhatikan kutipan teks berikut!
• Melakukan pengacakan untuk sampel dan beri label pada polybag.
• Mengamati dan ukur tinggi tanaman secara berkala.
• Melakukan analisis varian
Kutipan tersebut tergolong bagian struktur ….
A. Latar belakang
B. Tujuan
C. Langkah-langkah kegiatan
D. Pembahasan
5. Bacalah data berikut!
Mengamati pohon jeruk nipis
Tinggi pohon 3, 5 meter
Batangnya bulat berduri
Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 – 5 cm
Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2 – 5 cm
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah …
A. Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekaligus juga untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana, yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis
B. Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis
C. Pohon jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis
D. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5–9 cm, lebar 2–5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5–5 mm, bersayap, berwarna hijau
6. Cermati data laporan berikut!
Objek Pengamatan : Kantin sehat SMP Cahaya
Tujuan : Memaparkan kondisi kantin
Waktu pengamatan : 10 menit saat istirahat
Data:
- 568 siswa
- terletak di lantai 2
- 4 petugas kantin yang ramah
- 20 meja panjang dan 570 bangku merah dari plastik
- siswa antre dengan tertib
- istirahat I 08.40-09.00, istirahat II 11.40-12.45
Laporan pengamatan sesuai dengan data tersebut adalah ...
A. Ada 568 siswa di SMP Cahaya. Kantin sehat dengan 570 bangku itu sanggup
menampung seluruh siswa yang ada. Harganya pun cukup terjangkau kantung pelajar.
Dengan petugas sebanyak 4 orang ibu, siswa sekolah ini bisa antre dengan tertib. Sesudah mengambil sendiri makanan yang dibutuhkannya, mereka menuju meja kasir. Ibu kasir akan menghitung nominal yang harus dibayar siswa.
B. SMP Cahaya memiliki kantin sekolah yang memadai. Dengan jumlah siswa sebanyak 568 orang, kantin yang berada di lantai dua itu dilayani oleh empat petugas yang ramah. Di ruang yang luas itu ada 20 meja panjang lengkap dengan bangku-bangku plastiknya yang berwarna merah. Siswa yang jajan mengantre dengan tertib saat istirahat.
C. SMP Cahaya dengan jumlah siswa yang ratusan itu, kantin di lantai II menjadi kurang
memadai. Jumlah meja panjangnya memang 20, tetapi tidak sebanding dengan jumlah
bangkunya. Setelah antre makanan, ada siswa yang tidak mendapatkan tempat duduk
sehingga mereka makan sambil berdiri. Pihak sekolah semestinya memerhatikan
kebutuhan siswa ini, apalagi selama sekolah, siswa tidak mungkin ke luar kompleks
sekolah.
D. Antrean di kantin sehat SMP Cahaya selalu terjadi, baik saat istirahat I maupun istirahat
II. Kantin sekolah dapat menampung 568 siswa sekolah itu. Empat petugas yang terdiri
atas ibu-ibu ramah menghadapi rat ratusan siswa ini. Ada 570 bangku kantin yang terbuat dari plastik. Menu pagi tidak variatif, berbeda dengan menu makan siang hari. Semua siswa antre dengan tertib.
7. Bacalah kutipan tabel berikut!
Tabel Pengamatan
No. Jumlah Baterai Beda Potensial (volt) Nyala Lampu
1. 1 baterai 5 Redup
2. 2 baterai 10 Terang
3. 3 baterai 15 Sangat terang
Pernyataan yang sesuai dengan informasi tentang nyala lampu pada tabel tersebut adalah . . ..
A. Semakin banyak jumlah baterai yang digunakan, maka nyala lampunya akan semakin redup.
B.. Semakin sedikit jumlah baterai yang digunakan, maka nyala lampunya akan semakin terang.
C. Semakin banyak jumlah baterai yang digunakan, maka nyala lampunya akan terang secukupnya.
D. Semakin sedikit jumlah baterai yang digunakan, maka nyala lampunya akan semakin redup.
8. Bacalah paragraf berikut!
Rambut rontok biasanya menjadi kendala untuk kaum wanita. Meski demikian, tak jarang pula gangguan kesehatan pada rambut ini juga terjadi pada laki-laki. Banyak hal yang bisa memicu kerontokan rambut, seperti perubahan hormon, efek pengobatan sampo yang tidak cocok atau stres.
Salah satu pengobatan alami untuk mengatasi rambut rontok, yakni menggunakan semangka. Kulit buah yang biasa berperan sebagai pencuci mulut ini ternyata bermanfaat untuk menagatasi kerontokan.
Ringkasan yang sesuai dengan paragraph tersebut adalah ....
A. Rambut rontok biasanya menjadi kendala untuk wanita. Salah satu pengobatan alami untuk mengatasi rambut rontok, yakni menggunakan semangka
B. Kerontokan rambut bisa terjadi pada kaum wanita maupun laki-laki. Ada banyak pemicu terjadi kerontokan rambut. Semangka ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut
C. Kerontokan rambut juga terjadi pada laki-laki. Akan tetapi ada cara mudah untuk mengatasi kerontokan rambut
D. Banyak hal bisa memicu kerontokan rambut, seperti perubahan hormon, efek pengobatan, sampo yang tidak cocok atau stres. Salah satu pengobatan alami untuk mengatasi rambut rontok, yakni dengan menggunakan semangka
9. Bacalah kutipan teks berikut!
Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang dapat diandalkan untuk membasmi kanker. Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling ditunggu dalam dunia medis. [...] Namun harus diperhatikan cara yang benar untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat agar memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh manusia.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ...
A. Beberapa pasien mencoba daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
B. Manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang.
C. Belum ada yang membuktikan daun sirsak bermanfaat mengobati kanker.
D. Secara garis besar, penyakit kanker sampai saat ini sulit disembuhkan.
10. Bacalah kutipan teks pidato berikut!
Hadirin yang saya hormati, dunia pendidikan saat ini harus berubah.
Perubahan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Oleh karena itu, tempatkanlah siswa sebagai
subjek dalam pengajaran dan bukan sebagai objek. Ciptakanlah suasana kelasyang nyaman dan menyenangkan. Tidak boleh ada lagi kekerasan dalam pendidikan.
Bahkan, dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, kita sebagai tenaga profesional tentunya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas. Marilah kita tunjukkan bahwa kita adalah tenaga profesional yang andal
Isi petikan pidato tersebut adalah ....
A. Ajakan kepada guru sebagai tenaga profesional yang serba tahu
B. Ajakan kepada guru untuk menjadi tenaga profesional yang andal
C. Ajakan kepada guru untuk tidak melakukan kekerasan
D. Ajakan kepada guru untuk menjadi yang serba tahu
11. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Oleh karena itu, peserta didik sekalian harus bisa menerapkan kedisiplinan, terutama di lingkungan sekolah
2. Dengan segala kerendahan hati, Bapak memohon maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan.
3. Telah kita ketahui bersama, bahwa pergaulan remaja sekarang telah melampaui batasan norma yang berlaku di masyarakat.
4. Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan pidato singkat berkenaan dengan kenakalan remaja.
Kalimat pembukaan pidato ditunjukkan pernyataan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
12. Bacalah kutipan teks berikut!
Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.
Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadisarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf.
Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah....
A. Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah
B. Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
C. Oleh karena itu, perkenanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
D. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.
13. Bacalah kutipan isi pidato berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit baru bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun dalam tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh kita melemah, maka tubuh mudah sekali terkena penyakit.. Selain itu, makan makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang lebih baik. Bahkan, saat ini lebih banyak penjual makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga.
Kalimat yang menunjukkan sebab-akibat terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1
B. 2
C. 4
D. 5
14. Bacalah pernyataan berikut!
Melihat perkembangan anak remaja sekarang terkadang timbul kekhawatiran kita. Bahkan bingung untuk bersikap. Apakah kita harus memenuhi segala keinginan mereka. Apakah kita membiarkan saja mereka bebas menghabiskan masa remaja. Apakah kita harus menuruti semua kemauan mereka. Supaya kita dianggap orang tua zaman now yang mengerti terhadap perkembangan anak remaja.
Pertanyaan pada kutipan pidato tersebut menggunakan model pertanyaan ...
A. Inversi
B. Repetisi
C. Empati
D. Logos
15. Kalimat persuasi penutup yang pidato tepat adalah ...
A. Masyarakat jangan percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus lampu merah, dan di pinggir-pinggir jalan.
B. Dengan demikian, hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu.
C. Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan tsunami di pinggir-pinggir jalan.
D. Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
16. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Tiba-tiba langkahku terhenti di tempat yang banyak ditumbuhi pohon kamboja. Tempat yang sepi yang berada di perbatasan desa. Matahari sudah mulai beranjak ke barat. Tergerak hatiku untuk mengunjungi kakekku. Tanpa membawa apa-apa, aku langsung menuju ke sana. Aku duduk di sebelah batu yang bertuliskan nama kakekku. Karena aku tak membawa bunga, aku hanya membacakan doa untuk beliau.
Latar tempat dan waktu kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Di makam siang hari
B. Di perbatasan desa sore hari
C. Di perbatasan desa siang hari
D. Di makam sore hari
17. Cermati kutipan teks berikut!
(1) “Tentu saja, Nona. Semua mobil keluaran terbaru memiliki fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kamu terbang, aku memerintahkanmu!” (3) “Nona, aku harus memperingatkanmu. Memaksa mobil taksi untuk terbang adalah tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu aku ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti watak tokoh Nona penurut pada kutipan cerita tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
18. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Hidupku susah, Pak. Ayahku sudah meninggal sedangkan ibuku hanya seorang ibu rumah tangga dengan empat orang anak. Aku tak mungkin merepotkannya lagi. Aku harus melupakan keinginanku untuk bisa sekolah lebih tinggi. Ayahku hanya pegawai rendahan, dia terlalu jujur untuk hidup dengan gaji yang pas-pasan. Tak seperti teman-temannya yang pandai memainkan anggaran kantor. Ayahku berprinsip, buat apa menafkahi anak dan keluarganya dengan cara yang tidak baik. Ayah aku bangga padamu...”
Dalam penggalan cerpen tersebut pengarang menggunakan sudut pandang…
A. Orang pertama pelaku utama
B. Orang ketiga pelaku utama
C. Orang pertama pelaku sampingan
D. Orang ketiga diluar cerita
19. Bacalah kutipan cerita berikut!
“Boleh kami tahu nama Bapak siapa?” Tanya Laila sopan. “Apakah artinya sebuah nama?” Bapak itu menantangnya. “Mungkin... sebab tak ada yang abadi, Pak. Kemarin lahir, hari ini tumbuh dan esok punah. Satu-satunya yang bisa dikekalkan dan dikenangkan, hanyalah nama,” lanjutnya.
Bapak itu tersenyum sebelum akhirnya berlalu. Sayup terdengar ia berbisik sehalus desir angin.
Amanat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Kenangan pahit dan manis teringat selamanya.
B. Perbuatan yang baik, hasilnya juga baik.
C. Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan.
D. Jika ditanya oleh seseorang sebaiknya menjawab.
20. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan cermat!
Sore itu Olivia duduk di teras rumah. Sesekali pandangan diarahkannya ke jalan seperti sedang menanti seseorang. Sebentar berdiri, sebentar kemudian duduk. Jam tangan dilihatnya entah untuk yang keberapa. Majalah yang dipegang berkali-kali dibuka meski tak bermaksud dibaca. Sudah setengah jam ia di sana. Kegelisahan mulai menghujam.
Kutipan cerpen tersebut menggambarkan tahap ....
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Konflik
D. Resolusi
21. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan cermat!
“Kamu apain sih? Kainnya kan jadi robek!!!”
“Sorry, Min! Aku gak bermaksud tukrobekin kainmu!” Minda tidak memperdulikan pembelaan Ayna. Ia masih memandangi dan memegangi kain batik dari neneknya yang sudah terkoyak-koyak
“Maaf yaa Min, aku. . . .”
“ Udah, lah! Pulang, sana!” potong Minda kesal, sambil menangis. Ayna tidak mau memperkeruh situasi.
Ia pun langsung keluar dari kamar Minda dan segera pulang.
Bagian kutipan teks cerpen tersebut merupakan struktur ....
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Konflik
D. Resolusi
22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan cermat!
Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
A. Seperti yang kau utarakan kemarin
B. Ketika mentari meredup dan berpendar
C. Mentari di sebelah barat rumah
D. Kisah kebohongan yang pertama
23. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Ketika Tini esoknya mesti belanja lagi, toko itu kelihatan ramai. Semua buah tomat terjual habis. “Kali ini saya tidak bisa memberimu tomat. Besok saja, ya? Doakan dagangan saya laku, “ kata pemilik toko menghibur Tini.
Tini kemudian melempar belanjaannya. Dia tidak pulang ke rumah. Tini merasa semua orang mencuri tomatnya.
Di tengah sebuah jalan raya Tini berhenti. Ia melihat semua benda bergerak rama ke sana ke mari. Keasyikan yang rasanya belum pernah dialaminya.
Akibat konflik dalam kutipan di atas adalah ….
A. Tini menemukan keasyikan tersendiri di jalan raya.
B. Tini berhenti di jalan raya dan melihat lalu lintas sangat ramai.
C. Tini melempar belanjaannya dan tidak pulang ke rumah.
D. Pemilik toko didoakan agar dagangannya laku.
24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Perbedaan nilai moral kedua kutipan cerpen tersebut adalah ….
25. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Ketika Tini esoknya mesti belanja lagi, toko itu kelihatan ramai. Semua buah tomat terjual habis. “Kali ini saya tidak bisa memberimu tomat. Besok saja, ya? Doakan dagangan saya laku, “ kata pemilik toko menghibur Tini.
Tini kemudian melempar belanjaannya. Dia tidak pulang ke rumah. Tini merasa semua orang mencuri tomatnya.
Di tengah sebuah jalan raya Tini berhenti. Ia melihat semua benda bergerak rama ke sana ke mari. Keasyikan yang rasanya belum pernah dialaminya.
Akibat konflik dalam kutipan di atas adalah ….
A. Tini menemukan keasyikan tersendiri di jalan raya.
B. Tini berhenti di jalan raya dan melihat lalu lintas sangat ramai.
C. Tini melempar belanjaannya dan tidak pulang ke rumah.
D. Pemilik toko didoakan agar dagangannya laku.
26. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Pagi-pagi sekali ia bangun dan pulang ke rumah sang ibu diantar sang nenek. Melihat ibu, ia mula-mula melihat nyala api yang besar di hadapan sang ibu. Sang anak gemetaran, dan ingin lari dari hadapan ibunya. Seketika ia merasakan ada bisik,
"Tinggalkan ibumu.la akan memarahi dan membencimu karena kamu lari dari rumah."
Melihat kegelisahan sang anak, Sang ibu pun menyaksikan nyala api di mata sang anak. Saat itu pula sang ibu tersenyum dan berkata, "Anak ibu, mari kita menggambar cahaya. Api yang keterlaluan dalam gambarmu, akan membuatmu jauh dari cahaya untuk sayang ibu. Ibu sayang kamu dan Tuhan sayang pada anak yang menyayangi ibunya, sehingga ia akan ditemani oleh cahaya-cahaya yang bagus, indah . . . ."
(Cahaya dan Nyala Api, Yusrizal K.W.)
Makna simbol pada kutipan teks cerpen tersebut adalah ….
A. Kehangatan
B. Kesakitan
C. Kesusahan
D. Kemarahan
27. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
“Sudahlah, aku tahu apa yang ada dalam pikiranmu!” lelaki itu melotot, air mukanya berlipat. “Apakah kau ingin tahu mengapa aku selalu berdiri di jembatan ini setiap magrib?” lelaki aneh itu menatap wajahku. Aku yang penasaran dan memang ingin tahu langsung manggut-manggut mengiyakan.
“Aku adalah anak tunggal, tinggal bersama kedua orang tuaku. Keluarga kami begitu sempurna rasanya. Sampai ayahku meninggal karena kecelakaan di jembatan ini. Sejak itu ibuku seperti kehilangan kewarasannya. Dia selalu menagis setiap magrib. Aku tak sanggup untuk pulang ke rumah. Maka saat magrib aku akan berdiri di jembatan ini untuk menghilangkan rasa lelah dan resah di hatiku. Aku tak tahan mendengar tangisnya jadi aku akan meninggalkannya sampai habis salat isya karena jika habis salat isya Ibuku biasanya sudah tertidur.” Aku tergagap, menelan ludah, meyeka keringat di pelipis.
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Kesedihan tokoh lelaki mendengar tangis ibunya.
B. Ayahnya meninggal karena kecelakaan di jembatan.
C. Ibu si lelaki hilang kewarasannya.
D. Rasa penasaran tokoh aku dengan lelaki aneh.
28. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teng ... teng ... teng ... teng ....
Jam dinding berdentang empat kali membangunkan aku dari tidur malamku yang nyenyak. Alhamdulillah, aku masih diberi kesempatan bangun kembali dan bersiap melaksanakan kegiatan rutin. Kusingkap selimut tebalku dan kulipat. Bergegas kuambil air wudu untuk segera bersujud menghadap Sang Khalik.
Di luar matahari semakin meninggi, hari cerah. Akankah ini perlambang cerahnya hari yang kujalani. Insyaallah.Kusiapkan semua keperluan anak-anak dan suami dengan baik agar mereka bisa menjalani hari dengan baik pula.
Teks 2
“Bu, ini nomor cantik untuk mobil kita!” kata Dea menyodorkan angka untuk nomor calon mobil impiannya.
“Wah, gak bisa Dea, nomor mobil nanti harus memiliki makna yang monumental. Mobil ini sebagai wujud rasa syukur keluarga kita atas kelulusan sertifikasi ayahmu. Karena itu, nomor plat pun harus bermakna menjurus ke arah itu,” kata Bu Dalijo memberi alasan kepada anaknya.
Memang, semenjak terbit Sertifikat Pendidik sebagai tanda keberhakan atas tunjangan sertifikasi Pak Dalijo, keluarga itu berencana memiliki sebuah mobil seperti halnya teman-teman seprofesi yang kini terlihat semakin perlente.
Pola pengembangan kedua cerita tersebut yang tepat adalah ….
A. Menggambarkan tahap penyelesaian masalah (Teks 1), menggambarkan puncak masalah (Teks 2)
B. Menggambarkan munculnya permasalahan (Teks 1), menggambarkan perkenalan tokoh
(Teks 2)
C. Menggambarkan perkenalan tokoh (Teks 1), menggambarkan munculnya permasalahan (Teks 2)
D. Menggambarkan puncak masalah (Teks 1), menggambarkan tahap penyelesaian masalah (Teks 2)
29. Bacalah kutipan cerita berikut!
(1)Pergelaran lomba berbusana kebaya antarkelas dalam rangka memperingati Hari Kartini bagi kelas IX C sedikit bermasalah. Keputusan kelas, Lukman dan Sofi menjadi wakil mereka. Mereka menganggap Lukman dan Sofi pasangan serasi bak Rama dan Sinta. (2)Lukman senang saat akan dipasangkan dengan Sofi dan itu yang ditunggu-tunggu. Perasaannya pun melambung tinggi. Tapi hal itu ditentang keras oleh Riko. Riko tidak suka kalau Sofi dipasangkan dengan Lukman. (3)Ia sendiri tidak percaya diri kalau harus tampil mewakili kelasnya menggantikan Lukman. Sofi pun kecewa tak bisa tampil padahal ia sudah mempersiapkannya dengan dukungan penuh ibunya. (4)Atas usulan Dinar, Sofi diganti dan dimajukan yang lain. Akhirnya, Lukman tampil berpasangan dengan Tia walau akhirnya tak bisa jadi juara.
Bagian cerita yang mengandung ungkapan ekspresif terdapat pada nomor ....
A.(1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
30. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan cermat!
Dua jam berlalu, kami terdiam, tenggelam dalam angan masing-masing. Permasalahan yang kami hadapi saat ini sungguh di luar dugaan kami. Tapi aku yakin akan indah pada waktunya. Namun, Linda Istriku, tetap bersikukuh dan mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan pelan ke sanake mari. “Jangan kaya setrikaan, pah, cari jalan keluar segera pah, urgentsekali pokoknya, Papah harus pinjem uang karena kalau hujan deras, rumah kita pasti akan bocor dan banjir.”
Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah . . .
A. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
B. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang bocor dan banjir.
C. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
D. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
31. Bacalah kutipan teks cerpen berikut dengan cermat!
Ruang pameran itu tidak begitu penuh dikunjungi orang hingga tempat yang kecil itu tak hendak meledak. Berulang kali Eulis melayangkan pandangannya ke sudut sana. Pokoknya, gadis itu punya pesona tersendiri, punya daya tarik tersendiri, punya magnet yang bisa mengajak mata untuk selalu menatapnya. Sebenarnya sih, sederhana saja penampilanya. Tetapi ia tampak istimewa dengan pakaian seragam seperti itu.
Ciri kebahasaan yang ditonjolkan dalam kutipan cerpen tersebut adalah…
A. Penggunaan majas/ gaya bahasa personifikasi untuk menimbulkan kesan.
B. Penggunaan kata benda khusus untuk lebih memerinci suasana.
C. Penggunaan kata/kalimat emotif sebagai penegasan perasaan tokoh.
D. Penggunaan ungkapan deskriptif untuk menggambarkan keadaan.
32. Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Fenomena batu cincin pernah melanda bangsa Indonesia dalam dua tahun terakhir. (2) Batu akik telah menyihir sebagian orang untuk mencari, memburu, dan mengoleksinya. (3) Pedagang batu akik bagaikan jamur di musim hujan, muncul di mana-mana, menawarkan berbagai macam batu dengan harga mulai lima ribuan sampai ratusan ribu bahkan ratusan juta rupiah. (4) Banyak pula orang beralih profesi jadi penjaja batu akik.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
33. Bacalah teks berikut!
Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama. Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ....
A. Evaluasi.
B. Tafsiran.
C. Kesimpulan.
D. Abstrak.
34. Bacalah teks berikut!
Penggunaan telepon selular di sekolah sering kali menimbulkan persoalan. Persoalan bisa saja disebabkan karena kelalaian si pemilik telponsel sehingga alat tersebut hilang. Lalu, semua pihak, baik guru, maupun peserta didik jadi repot karena mengurusi hal tersebut. Hal lain, dimungkinkan karena peraturan sekolah yang lemah.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
A. Evaluasi.
B. Tafsiran.
C. Kesimpulan.
D. Abstrak.
35. Bacalah paragraf berikut!
Pentas Seni SMP Bercahaya telah berakhir dengan sukses. Kerja keras panitia membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Mulai dari seksi acara, konsumsi, seksi keamanan semua berjalan baik. Namun, ada satu hal yang terlupakan, yaitu koordinasi. Koordinasi antara panitia dengan pihak sekolah kurang terjalin, sehingga ada beberapa hal yang tidak berjalan. Banyak guru di sekolah tersebut yang tidak hadir karena keterbatasan informasi. Acara lebih didominasi acara siswa. Lebih terkesan, tidak ada guru pun, acara tetap berjalan.
Struktur teks Tanggapan Kritis yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
A. Evaluasi
B. Tafsiran
C. Kesimpulan
D. Abstrak
36. Bacalah paragraf-paragraf berikut ini!
(1).Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bagaimana gambaran anak akan dirinya ditentukan oleh interaksi yang dilakukan ibu dengan anak.
(2) .Peranan ibu sebagai suri teladan bagi anaknya bertujuan agar ibu mampu menjadi contoh bagi anak-anaknya.
(3).Jadi, untuk melakukan peran sebagai suri teladan, ibu harus memiliki nilai-nilai baik yang tecermin dalam sikap dan perilakunya.
(4). Keluarga merupakan lembaga sosial yang paling besar perannya bagi kesejahteraan dan kelestarian anggotanya, terutama anak-anak.
Paragraf yang menunjukkan bagian penegasan ulang pada teks tanggapan kritis tersebut adalah paragraf ...
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4
37. Bacalah pernyataan berikut!
Berpakaian yang rapi menunjukan cermin budaya sekolah yang bersih. Rapikan dirimu di depan kaca yang telah disediakan.
Tanggapan positif terhadap opini tersebut adalah ...
A. Sudah sewajarnya sekolah menginginkan semua peserta didiknya sehat.
B. Kadang-kadang saja sekolah mengingatkan seperti itu.
C. Sekolah menyediakan cermin agar para peserta didik bisa merapikan diri.
D. Imbauan tersebut sangat bagus, untuk mengingatkan peserta didik agar selalu rapi.
38. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1. Berangkat dari hal-hal di atas, patut kiranya dikatakan bahwa larangan merokok di tempat umum sebagai upaya menciptakan lingkungan udara yang bersih.
2. Larangan merokok di tempat umum menjadi perdebatan yang marak di masyarakat.
3. Menurut pendapat saya, materi-materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi yang diajarkan di SMA
4. ”Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”, pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan blognya.
Dari keempat kalimat di atas, yang termasuk ke dalam struktur tafsiran (teks tanggapan kritis) dan simpulan (teks diskusi) terdapat pada kalimat nomor...
A. 4 dan 2
B. 3 dan 1
C. 2 dan 3
D. 1 dan 2
39. Bacalah kalimat-kalimat berikut ini!
1. Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri.
2. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2019 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan social.
3. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi.
4. Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif.
Dari kalimat-kalimat tersebut, yang termasuk ke dalam ungkapan penguatan adalah nomor...
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
40. Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!
Pernyataan yang benar tentang bentuk teks tanggapan tersebut adalah ...
A. Teks 1 berbentuk kritikan dan teks 2 berbentuk pujian
B. Teks 1 berbentuk pujian dan teks 2 berbentuk kritikan
C. Teks 1 dan teks 2 berbentuk pujian
D. Teks 1 dan teks 2 berbentuk kritikan
41. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Dalam rangka memperingati Hari Guru SMP Cahaya Sakti, OSIS mengadakan pementasan teater. Pementasan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, guru, pegawai dan siswa siswi SMP Cahaya Sakti. Beberapa tamu undangan mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat bagus. sementara itu beberapa siswa mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat jelek dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.
Kalimat kritikan santun yang dapat digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut adalah...
A. Pementasan teater tadi hanya seperti orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira dapat melakukannya.
B. Tidak sepantasnya pementasan seperti itu dipertontonkan di hadapan banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan seperti itu?
C. Teater dari SMP Cahaya Sakti masih perlu berlatih secara intensif lagi agar penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya yakin penampilan selanjutnya akan lebih baik.
D. Kelompok teater SMP Cahaya Sakti sesungguhnya memiliki bakat dalam seni pementasan. akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai.
42. Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Berdasarkan hasil pengamatan guru BK di sekolah, ternyata, penggunaan HP seringkali disalahgunakan. Banyak peserta didik yang menggunakan HP tersebut untuk bermain game online sehingga tidak fokus dalam belajarnya
Teks 2
Perlu tidaknya seorang peserta didik membawa HP android ke sekolah seringkali menimbulkan perdebatan. Hal ini disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang membolehkan membawa HP terkait proses pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Kesamaan isi kedua teks tersebut adalah ...
A. Penggunaan HP di sekolah
B. Pelarangan HP di sekolah
C. Permainan game online di sekolah
D. Perdebatan penggunaan HP di sekolah
43. Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!
Munculnya kabut asap yang begitu tebal tersebut disebabkan karena tidak terhentinya kebakaran hutan yang terjadi. Tidak ada yang tahu pasti tentang penyebab kebakaran hutan ini. Ada yangberpendapat bahwa bencana ini murni disebabkan oleh fenomena alam yakni cuaca El Nino, namun ada juga beberapa spekulasi yang beranggapan bahwa bencana ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan merupakan faktor kesengajaan.
Jika kita telaah, kita tidak terlalu tahu alasan bagaimana hutan di Riau bisa terbakar habis karena pihak berwajib sendiri juga
masih menyelidiki bencana tersebut. Namun dampak dan efek negatif dari bencana ini dengansangat cepat dapat dirasakan oleh penduduk sekitar mulai dari penyakit sesak nafas hingga jarak pandang yang hanya mencapai 10 meter saja. Bahkan saking tebalnya kabut asap hingga dirasakan oleh negara negara tetangga juga.
Informasi yang terdapat pada penggalan teks tersebut adalah ....
A. Pihak berwajib masih berusaha menyelidiki fenomena alam El Nino yang terjadi di hutan.
B. Dipastikan bahwa fenomena alam menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran hutan.
C. Tebalnya kabut asap disebabkan kebakaran hutan yang terus-menerus terjadi.
D. Penyakit sesak nafas yang dirasakan masyarakat disebabkan karena kebakaran hutan.
44. Bacalah teks tanggapan berikut!
Siswa dan Sarapan
Sarapan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama siswa. (1) ....., pada kenyataannya banyak siswa yang tidak sarapan. Saat tiba di sekolah para siswa beramai-ramai mengunjungi kantin sekolah. Para siswa membeli berbagai makanan yang tersedia di kantin. Beberapa siswa ada yang membeli gorengan, nasi, mie instan,(2) .... minuman softdrink. Aktivitas tersebut mereka lakukan secara rutin setiap hari. Fenomena ini mungkin telah menjadi kebiasaan. Namun, apakah kebiasaan tersebut baik bagi tubuh kita?
Kata hubung (konjungsi) yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang dalam teks tersebut adalah ...
A. (1) Kemudian, (2) atau.
B. (1) Karena itu, (2) serta.
C. (1) Selain itu, (2) dan.
D. (1) Namun, (2) atau.
45. Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!
Pendaftaran yang dilakukan secara online ini seharusnya mempermudah untuk mengakses dan mendaftar. Namun, yang terjadi justru sebaliknya, banyak yang tidak mengetahuinya. Kebanyakan dari mereka yang menginginkan perbaikan hanya mengandalkan pemberitahuan dari pihak sekolah. Pasalnya, sewaktu mereka masih berseragam putih abu-abu, mereka tidak diberikan informasi apabila pendaftaran Ujian Nasional Perbaikan akan dilaksanakan secara online.
Bentuk kalimat efektif dari kalimat yang bergaris bawah pada kutipan teks tersebut
adalah….
A. Kebanyakan dari mereka menginginkan perbaikan pemberitahuan.
B. Mereka mengandalkan pemberitahuan dari pihak sekolah.
C. Pemberitahuan perbaikan dari sekolah yang mereka andalkan.
D. Mereka menginginkan perbaikan yang dilaksanakan online.
46. Bacalah pernyataan berikut!
Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.
Makna kata yang bergaris miring ‘ mobilitas” adalah ...
A. Gerakan untuk mempercepat
B. Seperti gerakan mobil
C. Gerakan berpindah-pindah
D. Bergerak sendiri sendiri
47. Bacalah kutipan teks berikut!
(1)Sayangnya artikel tersebut lebih bersifat teoritis. Sebagian besar uraian dalam artikel lebih banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapa tokoh. 2) Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini pun belum ada. (3) Begitu pula data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain yang dicontohkan pun tidak ditemukan. (4) Namun demikian, artikel tersebut baik untuk kita baca. Paling tidak, artikel itu dapat menambah wawasan tentang pembangunan karakter bangsa.
Simpulan pendapat yang mendukung isi kutipan teks tersebut adalah …
A. Sebagian besar uraian dalam artikel banyak mengambil teori pembangunan karakter dari beberapa tokoh.
B. Data yang mendukung keberhasilan pembangunan karakter di negara lain pun tidakditemukan.
C. Dukungan berupa data yang menunjukkan adanya krisis karakter di negeri ini pun belumada.
D. Artikel tersebut layak dibaca untuk menambah wawasan pembangunan karakter bangsa.
48. Bacalah teks berikut!
Buku Pengantar Filsafat Pendidikan karya Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd ini membahas tentang pendidikan dari sudut pandang filsafat. Pendidikan berkaitan dengan nilai yang timbul dari pengalaman dan pemikiran manusia tentang pemaknaan pendidikan itu sendiri. Buku ini membahas beda antara praktek pendidikan dan teori pendidikan.
Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan cara memperoleh nilai tersebut karena pada dasarnya pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan nilai. Akan tetapi, pembaca pada umumnya atau pembaca pemula khususnya kurang bisa memahami isi teks yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan dengan baik.
Kalimat yang berisi pujian terhadap buku tersebut adalah…
A. Pendidikan berkaitan dengan nilai yang timbul dari pengalaman dan pemikiran manusia tentang pemaknaan pendidikan itu sendiri.
B. Buku ini membahas beda antara praktek pendidikan dan teori pendidikan.
C. Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan cara memperoleh nilai tersebut karena pada dasarnya pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan nilai.
D. Akan tetapi, pembaca pada umumnya atau pembaca pemula khususnya kurang bisa memahami isi teks yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan dengan baik.
49. Cermati kalimat berikut!
Prof dr. Soeratno, Msi berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.
Perbaikan dari kalimat tersebut adalah...
A. Prof. dr. Soeratno, Msi berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.
B. Prof. Dr. Soeratno, M.Si. berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.
C. Prof dr. Soeratno, MSi berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.
D. Prof. dr. Soeratno, M.Si. berhasil menyelesaikan penelitian tentang perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja.
50. Bacalah kutipan berikut!
Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan : Hubungan antara satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan pujian dan kritikan buku berdasarkan data buku tersebut adalah . .
A. Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
B. Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran.
C. Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.
D. Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dan bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
II. U R A I A N
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
51. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara menguji kandungan karbohidrat pada makanan!
a. Ingatlah warna awal pada bahan makanan dengan menuliskannya di kertas!
b. Siapkan semua alat dan bahan!
c. Taruh semua bahan makanan yang sudah dihaluskan di atas satu piring atau cawan!
d. Bedakan seluruh warna bahan makanan setelah ditetesi larutan lugol dan perhatikan warna akhir semua bahan makanan!
e. Taruh bahan makanan di atas dua tempat makan atau piring!
f. Teteskan larutan lugol pada setiap bahan makanan!
g. Apabila bahan makanan yang ditetesi larutan lugol berwarna ungu, hitam, dan biru, maka bahan makanan tersebut positif mengandung karbohidrat!
h. Haluskan semua bahan makanan dengan sendok!
Urutkan langkah-langkah cara menguji kandungan karbohidrat pada makanan tersebut agar menjadi urutan yang benar!
52. Bacalah ilustrasi berikut dengan cermat!
OSI SSMP Cahaya Sakti akan mengadakan kegiatan lomba kebersihan antarkelas dengan tema “Bersih Kelasku, Nyaman Belajarku”. Ketua OSIS diminta memberikan pidato sambutan dalam lomba tersebut!
Tuliskan bagian pembuka pidato persuasif yang sesuai dengan ilustrasi tersebut!
53. Bacalah teks cerpen berikut dengan cermat!
“Wah, apa isinya ini?” tanyanya dalam hati. Ipiin segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya ia karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan lainnya. “Wah, apa ini?” tanyanya dalam hati. “Milik siapa, ya?” Ipiin membolak-balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya. “Lho, ini kan miliki Pak Edison. Kasihan sekali Pak Edison, rupanya ia telah kecurian,” gumamnya dalam hati.
Apa yangdiperkirakan Ipiin itu memang benar. Rumah Pak Edison telah kemasukan maling tadi malam. Karena pencuri tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Ipiin dengan segeramemberitahukan Pak Edson. Ia menceritakan apa yang terjadi dan apa yang ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia sangat bersyukur, perhiasan itu jatuh ke tangan orang yang jujur.
Jelaskan amanat/ pesan moral yang terkandung dalam teks cerpen tersebut!
54. Bacalah teks tanggapan berikut dengan cermat
Setelah sukses membesut “Rindu” (terbitan republika, 2014) yang mencetak bestseller, TereLiye hadir kembali dengan novel barunya, “Pulang”. Penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku ini menghadirkan novel dengan tema dan genre yang berbeda dibanding novel-novel sebelumnya. Tema yang dihadirkan adalah perihal perjalanan sang tokoh utama mengarungi kehidupan melewati satu pertarungan ke pertarungan berikutnya demi memeluk erat kesedihan dan kebencian lantas menuju ujung yakni pulang ke hakikat kehidupan.
Sebutkan struktur teks tanggapan tersebut ? Jelaskan beserta bukti teksnya!
55. Bacalah teks berikut dengan cermat!
Remaja dan GameOnline
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gameonline di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan computer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain gameonline. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.
Gameonline sangat digemari oleh para remaja. Akan tetapi, beberapa gameonline mengandung unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan dilihat oleh anak-anak. Anak yang bermain gameonlinesecara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain gameonline.
Pendapat yang disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain gameonline tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika gameonline dijadikan hobi anak dan remaja kita.
Greenfield mengatakan bahwa gameonline dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam beraksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan berpikir mereka untuk memecahkan masalah.( ….)
Tulislah bagian struktur paragraf akhiryang rumpang berdasarkan isi teks tersebut!
Comments
Post a Comment
Silahkan memberikan komentar dengan baik dan sopan.