Skip to main content

PAS GANJIL PKN KLS 9

<script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>

SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SMP
LINK ONLINE https://tinyurl.com/PAS-PKN-KELASIX

TOKEN : PKN9

TAHUN PELAJARAN

MATA PELAJARAN  :   PKN
KELAS                        :   IX ( SEMBILAN)
HARI/ TANGGAL      :  Kamis, 3 Des. 2020
WAKTU                       :  07.00- 09.00
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>
Silang pada huruf A, B, C, D yang anda anggap benar pada lembar jawaban yang yelah disediakan!

1.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Penduduk wisata asing yang berkunjung
2)    Anak yang lahir dari perkawinan campur
3)    Orang-orang bangsa Indonesia asli
4)    Orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga Negara
Berdasarkan data tersebut, syarat dan ketentuan sebagai warga Negara Indonesia ditunjukkan oleh nomor….
a.    1 dan 2
b.    2 dan 3
c.    1 dan 4
d.    3 dan 4

2.    Perhatikan empat asas berikut!
1)    Asas Ius Sanguinis
2)    Asas Desentralisasi
3)    Asas Ius Soli
4)    Asas Konsentrasi
Berdasarkan data tersebut, yang merupakan asas kependudukan ditunjukkan oleh nomor….
a.    1 dan 3
b.    2 dan 3
c.    1 dan 4
d.    3 dan 4

3.    Perhatikan tabel berikut!

Penyimpangan terhadap Pancasila sebagai satu-satunya dasar dan rujukan utama dalam setiap  peri kehidupan Negara dan bangsa pada periode 1959- 1965 ditunjuk tabel nomor….
a.    I
b.    II
c.    III
d.    IV

4.    Rakyat Indonesia Timur merasa keberatan dengan rumusan dasar Negara yaitu “….dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” dalam Piagam Jakarta. J.Latuharhary sebagai perwakilan, mereka menemui Mohammad Hatta untuk menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia Timur. Moh. Hatta selanjutnya menemui tokoh Islam PPKI. Ia memberikan usul agar tujuh kata pada rumusan Ketuhanan dalam Piagam Jakarta dihapus. Setelah melalui pembicaraan yang panjang, diputuskan agar  rumusan  tersebut diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” . Dengan demikian  rumusan dasar Negara diterima bulat, tidak ada pihak yang keberatan. (L.3)
Berdasarkan fakta tersebut, semangat dan komitmen kebangsaan yang dimiliki oleh para pendiri Negara dalam proses perumusan dasar Negara adalah….
a.    Tidak memaksaskan kehendak pribadi
b.    Menghargai pihak lain yang berbeda pendapat
c.    Mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa
d.    Komitmen terhadap pendirian dasn pendapat sendiri

5.    Perhatikan beberapa sidang berikut! (L.2)
1)    Sidang BPUPKI I
2)    Sidang Panitia Delapan
3)    Sidang Panitia Sembilan
4)    Sidang PPKI I
Kegiatan penetapan Pancasila sebgai dasar Negara ditunjukkan oleh sidang nomor….
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4

6.    Pqada saat sidang BPUPKI I, para tokoh perumus Pancasila mengutamakan jiwa kebersamaan. Jiwa kebersamaan yang timbul dari para tokoh perumus Pancasila saat itu diwujudkan dalam bentuk sikap….(L.3)
a.    Melindungi hak golongan minoritas
b.    Mengutamakan golongan mayoritas
c.    Mengedepankan semangat persatuan bangsa
d.    Menghargai  orang lain yang berpendapat sama

7.    Pada tanggal 18 Agustus 1945, hukum dasar uintuk Negara Indonesia telah ditetapkan oleh PPKI. Penetapan ini  bertujuan untuk melengkapi  Pemerintahan Indonesia setelah menyatakan kemerdekaannya.  Akibat yang ditimbulkan  terhadap Pancasila adalah….(L.3).
a.    Disahkan pula Pancasila sebagai dasar Negara
b.    Disahkan pula  rumusan Pancasila sebagai hukum dasar
c.    Sila-sila Pancasila dalam Piagam Jakarta yang berlaku sebagai dasar Negara
d.    Kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara diganti oleh UUD Tahun 1945

8.    Perhatikan fakta sejarah berikut!
Sebelum sidang PPKI dimulai, Moh.Hatta mengajak Ki Bagus Hadikusumo, K.H Wahid Hasyim. Mr. Kasman Singodimedjo, dan Mr. Teuku Mohammad Hasan mengadakan suatu rapat pendahuluan untuk membahas aspirasi mengenai keberatan rumusan dasar Negara sila pertama dalam Piagam Jakarta dari rakyat Indonesia Timur yang diwakili oleh J.Latuharhary. Moh.Hatta memberikan usul agar tujuh kata di belakang kata Ketuhanan dalam Piagam Jakarta dihapus. Setelah melalui pembicaraan yang panjang agar tidak terpec ah sebagai  bangsa, tokoh pendiri bangsa bermusyawarah dan bermaksud untuk mengubah rumusan Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Isalam bagi pemeluk-pemeluknya menjadi  Ketuhanan Yang Maha Esa. Komitmen  yang ditunjukan oleh para pendiri Negara  dalam fakta sejarah tersebut adalah….(L.3)
a.    Toleransi antarumat beragama yang kuat di kalangan umat Islam
b.    Mengutamakan kepentingan bangsa dan persatuan bangsa Indonesia
c.    Mengutamakan kepentingan para pendiri Negara Republik Indonesia
d.    Para pendiri Negara peduli dan memperhatikan aspirasi rakyat Indonesia Timur

9.    Ada seorang wanita buta yang akan menyeberang jalan, tetapi arus lalu linta cukup ramai. Wanita tersebut kelihatan kebingungan. Berdasarkan ilustrasi tersebut sebagai seorang siswa yang sadar akan nilai-nilai Pancasila, tindakan yang akan kamu lakukan adalah….(L.3)
a.    Pura-pura tidask melihat wanita buta  tersebut
b.    Membantu menyeberang dengan meminta imbalan
c.    Masa bodoh karena kita tidak mengenal wanita tersebut
d.    Segera menyeberangkan wanita buta tersebut dengan ikhlas

10.    Perhatikan beberapa kalimat berikut!
1)    Bono dan Lala menjenguk Sofia yang sedang sakit di Rumah Sakit
2)    Pak RT menyelesaikan perselisihan antar tetangga melalui musyawarah mufakat
3)    Rina seorang siswi SMP Mulia Bakti terpilih menjadi anggotas Paskibra Nasional
4)    KPK berhasil melakukan tangkap tangan pelaku kasus korupsi proyek pembangunan jembatan di daerah tertentui
5)    Pemerintah melindungi dan menjamin umat beragama dan aliran kepercayaan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Berdasarkan kalimat tersebut, analisislah penerapan nilai-nilai Pancasila dari sila 1 sampai dengan sila 5 secara hierarkhis. Susunan urutan yang benar ditunjukkan nomor…. (L.3)
a.    1, 2, 3, 4, dan 5
b.    4, 5, 1, 3, dan 2
c.    2, 1, 5, 4, dan 3
d.    5, 1, 3, 2, dan 4

11.    Perhatikan nilai-nilai Pancasila berikut!
1)    Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa
2)    Mengutamakn musyawarah untuk kepentingan bersama
3)    Sanggup dan rela berkorban  untuk kepentingan Negara dan bangsa
4)    Melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata
5)    Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia
6)    Menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama
Pelaksanaan nilai-nil;ai Pancasila sila ketiga ditunjukkan nomor….( L.2)
a.    1), 3), dan 5)
b.    1), 4), dan 5)
c.    2), 4), dan 6)
d.    2), 3), dan 6)

12.    Perhaitkan pernyataan-pernyataan berikut!
1)    Pancasila dijadikan pemersatu kelompok tertentu
2)    Pancasila menjadi pedoman penyelenggaraan Negara
3)    Pancasila sebagai ideology tertutup
4)    Pancasila sebagai pokok kaidah Negara yang fundamental
Kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara ditunjukkan nomor….(L.1)
a.    1) dan 2)
b.    1) dan 3
c.    2) dan 4)
d.    3) dan 4)

13.    Perhatikan rumusan Pancasila berikut!
1)    Ketuhanan yang berkebudayaan
2)    Kesejahteraan sosial
3)    Mufakat atau demokrasi
4)    Internasionalisme atau peri kemanusiaan
5)    Kebangsaan Indonesia
Urutan yang benar lima dasar Negara yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno dalam pidatonya tanggal 1 juni 1945 adalah….(L.3)
a.    1, 2, 3, 4, dan 5
b.    2, 3, 1, 4, dan 5
c.    3, 4, 5, 1, dan 2
d.    5, 4, 3, 2, dan 1.

14.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Presiden memegang kekuasaan sebagai kepala pemerintahan
2)    Menteri dilpilih dan berhentikan oleh presiden
3)    Kedudukasn Presiden dan DPR adalah sederajat
4)    Presiden adalah kepala Negara bukan kepala pemerintahan
5)    Kedudukan DPR lebih tinggi daripada Presiden
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial adalah….
a.    1), 2), dan 3)
b.    1), 2), dan 4)
c.    1), 3), dan 4)
d.    2), 3), dan 5)

15.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)     Menetapkan pembubaran konstituante
2)    Berlakunya kembali UUD 1945
3)    Pembentukan DPRS dan BPKS
4)    Pembentukan MPRS dan DPAS
5)    Penetapan Presiden seumur hidup
Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ditunjukkan oleh nomor….
a.    1) dan 2)
b.    1) dan 4)
c.    2) dan 4)
d.    2) dan 5)

16.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Perubahan system presidensial menjadi parlamenter
2)    Perubahan UUD 1945
3)    Perubahan MPR sebagai lembaga tertinggi Negara
4)    Penghapusan Dwi Fungsi ABRI
Tuntutan reformasi pada tahun 1988 ditunjukkan oleh nomor….
a.    1) dan 2)
b.    1) dan 3)
c.    2) dan 4)
d.    3) dan 4)

17.    Perbedaan pokok antara UU 1945 dengan UUDS 1950 adalah….
18.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Presiden
2)    Makamah Konstitusi
3)    Dewan Perwakilan Rakyat
4)    Komisi Yudisial
5)    Dewan Pertimbangan Agung
Pernyataan tersebut, yang merupakan lembaga baru hasil perubahan UUD 1945 adalah….
a.    1) dan 2)
b.    1) dan 3)
c.    2) dan 4)
d.    3) dan 5)

19.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Tidak mengubah Pembukaan UUD 1945
2)    Tidak ada perubahan jumlah bab dan pasal UUD 1945
3)    Tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
4)    Mempertegas system pemerintahan presidensial
5)    Tetap mempertahankan jumlah lembaga Negara
Yang merupakan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan UUD 1945 adalah….
a.    1), 2), dan 3)
b.    1), 2), dan 4)
c.    1), 3), dan 4)
d.    1), 3), dan 5)

20.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    UU NKRI tahun 1945
2)    Peraturan Pemerintah (PP)
3)    Peraturan Presiden
4)    Undang-Undang atau peraturan Pemerintah pengganti undang-undang (perpu)
5)    Peraturan Daerah ( Kabupaten maupun Propinsi)
6)    Perdasus dan perdasi yang berlaku di Papua
Tata urutan peraturan perundang-undangan menurut UU Nomor 10 Tahun 2004 yang benar adalah….
a.    1, 4, 2, 5, 6.
b.    1, 5, 6, 2, 3
c.    1, 6, 2, 4, 3
d.    1, 5, 6, 2, 3

21.    Perhatikan tabel berikut!

Perbedaan ideology Terbuka dan  ideology tertutup yang tepat adalah….
a.    I
b.    II
c.    III.
d.    IV

22.    Pengakuan hak kemerdekaan setiap bangsa secara tegas dimuat dalam UUD NRI 1945 alinea pertama yang berbunyi, “ bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”
Kesimpulan dari alinea pertama UUD 1945 tersebut….
a.    Bangsa Indonesia secara tegas mempunyai prinsip bahwa kemerdekaan adalah hak setiap bangsa
b.    Bangsa lain boleh melakukan kolonialisme dan imperialisme terhadap bangsa yang berperang
c.    Upaya menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan RI pada dasarnya tugas dan tanggungjawab TNI dan POLRI
d.    Penjajahan di dunia dapat mengubah kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik

23.    Perhatikan tabel berikut!

Tabel tersebut yang sesuai dengan semangat untuk hidup lebih baik dan lebih  maju adalah….
a.    I                    

b.    II                 

c.  III

d.  IV

24.    Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Pancasila memiliki pandangan hidup, tujuan, dan cita-cita masyarakat Indonesia
2)    Pancasila statis untuk mencapai tujuan nasional
3)    Pengalaman sejarah bangsa Indonesia
4)    Terjadi atas keinginan bangsa jepang
5)    Isinya operasional
Pernyataan tersebut, yang merupakan ciri pancasila sebagai ideology terbuka adalah…
a.    1 dan 2
b.    1 dan 3.
c.    2 dan 4
d.    3 dan 5

25.    Keterbukaan Pancasila mengandung pengertian bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak berubah, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu. Hal ini menegaskan bahwa…..
a.    Ideologi Pancasila bersifat aktual
b.    Ideologi Pancasila bersifat statis
c.    Tidak terpengaruh dengan perkembangan zaman
d.    Ideologi Pancsila dapat beradaptasi dengan ideologi yang lain

26.    Perhatikan keterangan berikut!
“Ideologi harus mampu mencerminkan kehidupan nyata yang berkembang dalam masyarakat. Dengan demikian Pancasila memiliki keluwesan yang memungkinkan bahkan merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan tentang dirinya, tanpa menghilangkan atau mengingkari hakikat yang terkandung dalam nilai-nilai dasarnya. Oleh karena itu, Pancasila harus mampu dijabarkan dalam kehidupan masyarakatnya secara nyata, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penyelenggaraan Negara.  Uarian tersebut “.
Uraian tersebut mengandung arti bahwa Pancasila memiliki ….
a.    Dimensi Idealitas
b.    Dimensi normatif
c.    Dimensi Realitas.
d.    Dimensi Abstrak

27.    Mana yang menunjukkan Pancasila sebagai Nilai Dasar….
1)    Program-program pembangunan
2)    Aspirastif masyarakat dan departemen-departemen
3)    Lima dasar yang bersifat universal
4)    Dapat berkembang dan melakukan perubahan
5)    Mengandung cita-cita dan tujuan serta nilai-nilai yang baik dan benar
a.    1 dan 2
b.    1 dan 3
c.    2 dan 4
d.    3 dan 5

28.    Perkembangan Negara Indonesia dalam pembangunan Negara Indonesia yang bertujuan menjadi Negara modern dapat dilakukan dengan cara membangun system pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman dengan cara pengembangan lembaga Negara yang sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan masyarakat dan Negara. Perkembangan  lembaga Negara sendiri dapat dilakukan dengan cara….
a.    Menciptakan lembaga baru.
b.    Mempertahankan lembaga yang sudah ada
c.    Mengikuti model lembaga Negara-negara yang lain
d.    Merampingkan lembaga-lembaga yang sudah ada

29.    Lembaga tinggi Negara di Indonesia pasca reformasi telah mengalami perubahan bentuk dimana sekarang Negara Indonesia memiliki lembaga Negara, seperti MPR, DPR, DPD, Presiden, MK, KY, dan BPK yang memiliki kedudukan yang sama. Hal tersebut merupakan suatu yang baru dalam system pemnerintahan Indonesia. Hal ini, berbeda dengan sebelum reformasi dimana MPR merupakan lembaga tertinggi Negara yang membawahi lembaga-lembaga tinggi Negara lainnya, seperti DPR, DPD, Presiden, MA, MK, KY, dan DPA. Akan tetapi demi menjunjung tinggi nilai demokrasi sesuai yang tercantum dalam Pancasila, system lembaga tinggi Negara setelah reformasi berubah. Perubahantersebut ditandai dengan….
a.    Kedudukan MPR berada di bawah lembaga-lembaga tinggi Negara yang lain
b.    Kedudukan MPR menjadi setara dengan lembaga tinggi Negara lainnya
c.    Lembaga tinggi Negara yang baru seperti MA dan KY menggantikan kedudukan MPR
d.    Presiden membawahi lembaga Negara lainnya

30.    Perhatikan daftar berikut!
1)    Staf tata usaha melaksanakan tugasnya dengan baik
2)    Mematuhi peraturan-peraturan sekolah
3)    Ayah berkewajiban mencari nafkah
4)    Ibu mengurus rumah tangga
5)    Memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan
6)    Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen
Partisipasi dalam usaha pembelaan Negara  di lingkungan masyarakat dan Negara ditunjuk dengan nomor….
a.    1) dan 2)                     c.  3) dan 4)
b.    2) dan 3)                     d.  5) dan 6)

31.    Usaha peningkatan pertahanan keamanan dilakukan dengan upaya-upaya mewujudkan kesiapsiagaan serta upaya bela Negara yang berisikan ketangguhan, kemampuan, dan kekuatan melalui penyelenggaraan Siskamnas dan Sishankamrata untuk menjamin kesinambungan Pembangunan Nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu bangsa Indonesia cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan, artinya pertahanan keamanan harus diselenggarakan dengan….
a.    Mengandalkan kekuatan dan kemampuan sendiri
b.    Bekerja sama dengan Negara tetangga dalam bidang pertahanan
c.    Bekerja sama dengan badan keamanan dunia
d.    Membangun kerja sama yang lebih intensif di bidang pertahanan dengan Negara-negara ASEAN

32.    Perilaku dalam masyarakat adalah cara bertingkah laku atau perbuatan seseorang yang dapat disesuaikan dengan tuntutan masyarakatnya. Berikut adalah kepedulian masyarakat di bidang Sosial Budaya:
1)    Memelihara hutan dengan tidak merusak hutan dari habitatnya
2)    Turut serta dalam penghijauan kembali hutan
3)    Meningkatkan pelayanan umum yang semakin adil dan merata.
4)    Menjaga keamanan lingkungan
5)    Menjaga kebersihan dan keindahan sarana-sarana umum.
a.    1) dan 2)                    c.  3) dan 5)
b.    1) dan 3)                    d.  4) dan 5)

33.    Perhatikan daftar berikut!
1)    Bersama-sama DPR membentuk UU Otonomi Daerah, pengelolaan sumber daya alam dan ekonomi.
2)    Melaksanakann pengawasan atas seluruh pelaksanaan otonomi daerah.
3)    Mengajukan rancangan Perda dan menetapkannya sebagai Perda bersama DPRD
4)    Menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan
5)    Membentuk Perda yang dibahas dengan kepala daerah untuk mendapat persetujuan bersama
Daftar tersebut, yang merupakan tugas dan wewenang DPD adalah….
a.    1) dan 2).                    c.  3) dan 5)
b.    2) dan 3)                     d.  4) dan 5)

34.    Jika kebutuhan dan kepentingan masyarakat, adat istiadat, serta sifat-sifat komunal (sifat yang mejadi milik rakyat) yang mengikuti semua anggota masyarakat satu sama lain telah terpenuhi, maka akan semakin banyak partisipasi aktif segenap masyarakat yang dapat mengakibatkan semakin luasnya partisipasi. Selain itu partisipasi masyarakat dalam pembangunanpun ditentukan secara bertingkat oleh beberapa faktor, salah satunya adalah  mutual understanding, dapat dijelaskan sebagai berikut:
a.    Tertampungnya kepentingan-kepentingan masyarakat oleh pemerintah
b.    Terdapatnya pemahaman timbal balik antara perangkat pemerintah di tingkat birokrasi dan masyarakat banyak
c.    Terdapatnya usaha-usaha motivasi dan stimulasi yang dapat mendorong kreativitas  masyarakat
d.    Terdapatnya sikap solidaritas yang tinggi dari masyarakat atas good will dengan political will pemerintah

35.    Perhatikan daftar berikut!
1)     Pendekatan timbal balik manfaat yang diterima lansung oleh masyarakat.
2)    Menggunakan prinsip pertukaran dasar dan pendekatan.
3)    Memberikan bimbingan dan kepercayaan kepada masyarakat
4)    Memberikan pemahaman bahwa kegiatan pembangunan harus bersifat dan berfungsi sebagai pendorong
5)    Menyelaraskan program-program pembangunan dengan aspirasi masyarakat
Daftar tersebut, yang menunjukkan partisipasi masyarakat dengan prinsip basic exchange principle adalah….
a.    1) dan 2)             c.  3) dan 4)
b.    2) dan 3)             d.  4) dan 5)

36.    Simak pernyataan berikut!
“ Mengubah pembukaan UUD 1945 berarti mengubah Negara Kesatuan Republik Indonesia”
Alasan dari pernyataan ini adalah….
a.    Pembukaan UUD 1945 mengandung nilai-nilai universal dan lestari.
b.    Memberi kebebasan kekuasaan pemerintah atau penguasa dalam Negara
c.    Mengandung nilai-nilai yang berlaku dalam kurun waktu tertentu
d.    Membatasi peraturan perundang-undangan di bawahnya

37.    Perhatikan daftar berikut!
1)    Menunjukkan keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Indonesia  menhadapai masalah kemerdekaan
2)    Perjuangan bangsa Indonesia telah sampai pada saat yang menentukan.
3)     Adanya aspirasi bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan
4)    Momentum yang tepat telah didapat untuk menyatakan kemerdekaan.
5)    Pernyataan kemerdekaan Republik Indonesia
Makna alinea kedua Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 ditunjuk oleh nomor….
a.    1 dan 2
b.    1 dan 3
c.    2 dan 4.
d.    3 dan 5

38.    Perhatikan gambar berikut!

Hak-hak yang dimiliki masyarakat pada saat melakukan pengawasan kebijakan publik seperti contoh pada gambar tersebut adalah hak….
a.    Mencari, memperoleh, dan memberikan informasi tentang penyelenggaraan Negara
b.    Memperoleh pelayanan yang sama dan adil dari penyelenggara Negara.
c.    Menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggung jawab
d.    Memperoleh perlindungan hukum dalam suatu proses sidang pengadilan

39.    Perhatikan peran lembaga-lembaga pemegang kekuasaan Negara berikut!
1)    Kekuasaan untuk mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar
2)    Kekuasaan untuk menjalankan Undang-Undang dan penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)    Kekuasaan untuk membentuk Undang-Undang
4)    Kekuasaan untuk menetapkan dan melaksanakan kebijakan monoter
Kekuasaan yang dijalankan oleh MPR yang disebut juga kekuasaan konstitutif ditunjuk dengan nomor….
a.    1
b.    2
c.    3
d.    4

40.    Perhatikan tabel berikut!

Teori tentang kedaulan yang dikemukakannya adalah Negara memiliki kekuasaan dari rakyat bukan dari Tuhan atau raja. Menurut dia, kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat dan dipergunakan untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.
Tokoh yang dimaksud ditunjuk pada nomor….
a.    I                c. III
b.    II               d.  IV

SOAL ESSAY

1.    Ada berbagai teori tentang kedaulatan dari berbagai tokoh dengan ciri- cirinya masing-masing. Salah satu teori kedaulata dikemukakan oleh JJ.Rousseau yang menjadi  rujukan kedaulatan yang digunakan bangsa Indonesia. Tuliskan ciri-ciri teori kedaulatan yang dikemukakan oleh JJ. Rousseau (4 ciri).

2.    Landasan dan pelaksanaan kedaulatan rakyat di Indonesia  dapat diklasifikasikan  menjadi tiga landasan utama yaitu, Landasan Idiil, Konstitusional, dan landasan Operasional. Jelaskan yang dimaksud dengan landasan Konstitusional!

3.    Salah satu ciri Negara demokratis di bawah rule of law adalah terselenggaranya kegiatan Pemilihan Umum yang bebas. Pemilihan Umum merupakan sarana politik untuk mewujudkan kehendak rakyat dalam hal memilih wakil-wakil mereka di lembaga legislatif serta memilih pemegang kekuasaan eksekutif baik iti presiden/wakil presiden maupun kepala daerah.
Tuliskan tujuan Pemilihan Umum secara umum! ( 5 tujuan)

4.    Adapun jenis-jenis kekuasaan Negara yang dikelola oleh lembaga-lembaga Negara yang merupakan perwujudan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia salah satunya adalah kekuasaan Auditif. Jelaskan kekuasaan tersebut!

5.    Dari lima teori kedaulatan, hanya dua bentuk kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu, kedaulatan rakyat dan kedaulatan hokum.
Jelaskan landasan dan prinsip kedaulatan hukum di Indonesia!

ESSAY:
1.    1) adanya lembaga perwakilan atau dewan perwakilan rakyat
2) untuk mengangkat dan menetapkan anggota majelis tersebut, pemilihan dilaksanakan untuk jangka waktu tertentu
3) kekuasaan atau kedaulatan rakyat dilaksanakan oleh badan perwakilan rakyat yang bertugas mengawasi pemerintah.
4) susunan kekuasaan badan  atau majelis itu ditetapkan dalam undang-undang Negara.

2.    Konsep kedaulatan rakyat di Negara Indonesia yang berdasarkan landasan konstitusional terdapat pada UUD NKRI Tahun 1945 Pasal 1 ayat (2) yang berbunyi, “kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar”.

3.    1) melaksanankan kedaulatan rakyat
2) sebagai perwujudan hak asasi politik rakyat
3) untuk memilih wakil- wakil rakyat dan presiden serta wakil prseiden
4) melaksanakan pergantian personel pemerintahan secara aman, damai, dan tertib
5) menjamin kesinambungan pembangunan nasional.

4.    Kekuasaan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemeriksaan atas                     pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Negara. Kekuasaan ini dijalankan oleh Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK).

5.    Kedaulatan hukum adalah kedaulatan yang berasal dari hukum suatu Negara. Hukum adalah keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia dalam masyarakat. Selain itu, hokum merupakan sumber kedaulatan. Oleh karena itu, Negara harus mematuhi hukum, karena hokum terletak di atas Negara. Hukum merupakan kekuasaan yang derajatnya lebih tinggi dari Negara. Negara hanya sebagai organisasi sosial yang tunduk kepada hukum.



BACA JUGA LINK SOAL SEMESTER GANJI SMPhttp://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-semester-ganjil-smp-semua-pelajaran.html

                    



           


 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

PAS GANJIL AGAMA ISLAM KLS 9

<script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  PENILAIANAKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL LINK ONLINE      : https://bit.ly/PAS-AGAMA-ISLAM-Kls9 Mata Pelajaran       :    PAI dan Budi Pekerti Kelas / Semester    :    IX / 1 (satu) Hari / Tanggal        :     Waktu                     :    10.00 – 11.30 WIB (90 menit) <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>      Petunjuk Umum: 1.    Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan 2.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab 3.    Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang 4.    Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah 5.    Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas. A.

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha

PAS GENAP PKn KLS 7 SMP

  1.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan dan menetapkan UUD 1945 2.    Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh.Hatta sebagai wakil presiden 3.    Pembagian wilayah atas 8 provinsi 4.    Pembentukan Komite Nasional Berdasarkan pernyataan tersebut, keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ditunjuk oleh nomor…. a.    1 dan 2                b.    2 dan 4    c.  1 dan 3 d.  3 dan 4 2.    Perhatikan nama tokoh berikut! 1.    Otto Iskandardinata 2.    Mr. Achmad Soebardjo 3.    Mr.Sartono 4.    Ir.Soekarno Berdasarkan nama tokoh tersebut, yang merupakan ketua perancang UUD 1945 ditunjukan nomor…. a.    1                            b.    2  c.  3 d.  4 3.    Perhatikan tabel berikut! Berdasarkan tabel tersebut, usulan dasar Negara dari Moh.Yamin ditunjukan pada tabel nomor…. a.  I                          b.  II       c.  III d.  IV 4.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan UUD 1945 2.    Membentuk Komite Nasional Daerah 3.    Memilih presiden dan wakil