Skip to main content

PAS GANJIL PKN KLS 7

<script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>

SOAL UJIAN PAS SEMESTER GANJIL SMP 

LINK ONLINE https://tinyurl.com/PAS-PKN-KELASVII

 TOKEN : PKN7
TAHUN PELAJARAN
Mata Pelajaran     : PPKN
Kelas/Semester    : VII (Tujuh)
Hari/Tanggal        :
Waktu                   : -
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>
PetunjukUmum :
1.    Nama peserta pada lembar jawaban.
2.    Periksa dan bacalah soal – soal sebelum Anda menjawabnya.
3.    Dahulukan menjawab soal – soal yang Anda anggap mudah.
4.    Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan.
5.    Jumlah soal sebanyak 50 butir soal pilihan ganda & 5  butir soal essai.
6.    Silangkan kotak pada lembar jawaban yang Anda anggap benar dengan menggunakan pulpen.
7.    Apabila ada jawaban yang Anda anggap salah maka hapuslah jawaban yang salah sampai bersih.
8.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas tes.

I.    Pilihan Ganda
Silang pada huruf A, B, C atau D yang Anda anggap benar pada lembar jawaban yang telah di sediakan!

1.    Pancasila merupakan jiwa dan kebribadian kerena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia serta memberikan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Hal tersebut menunjukan kedudukan Pancasila sebagai …
A.    falsafat bangsa Indonesia
B.    pandangan bangsa Indonesia
C.    kepribadian bangsa
D.    dasar negara

2.    Salah satu semangat yang dimiliki oleh para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara adalah …
A.    mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi
B.    patriotisme
C.    solidaritas
D.    nasionalisme

3.    Berikut termasuk butir usulan dasar Negara Indonesia yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno tanggal 1 Juni 1945, yaitu …
A.    Kebangsaan Indonesia
B.    Musyawarah
C.    Peri Kerakyatan
D.    Patriotisme bangsa

4.    Pancasila seringkali disebut sebagai dasar untuk …
A.    mengatur pemerintahan dan mengatur penyelenggaraan negara
B.    mengatur para pejabat negara
C.    mengatur masyarakat
D.    mengatur para pendiri negara

5.    Sejarah mengingatkan bangsa Indonesia untuk senantiasa waspada terhadap ….
A.    gangguan dari luar negeri
B.    politik luar negeri
C.    gangguan baik dari dalam negeri maupun luar
D.    rongrongan dari dalam negeri

6.    Kita dapat menerima Pancasila sebagai negara dan pandangan hidup bangsa. Hal tersebut dikarenakan ….
A.    dasar perjuangan pahlawan
B.    nilai-nilai bangsa Indonesia
C.    perjanjian   bangsa Indonesia
D.    merupakan keputusan BPUPKI

7.    Rumusan Pancasila yang sah dan benar terdapat dalam …
A.    alinea pertama Pembukaan UUD 1945
B.    alinea keempat Pembukaan UUD 1945
C.    alinea pertama Piagam Jakarta
D.    naska Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

8.    Salah satu ciri sikap setia dan rela berkorban terhadap bangsa dan negara, yaitu …
A.    selalu mementingkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi
B.    patut dan taat pada aturan yang dapat memberikan kebahagiaan
C.    membela natah air, bangsa, dan negara jika memperoleh penghargaan dan pemerintah
D.    menghormati kinerja pemerintah serta pemimpin yang menjadi kebangaan

9.    Makna yang dapat kita petik dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah …
A.    kita harus mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
B.    menghayati betapa pentingnya pendidikan bagi warga Negara Indonesia
C.    menempatkan persatuan dan kesatuan
D.    kita harus waspada terhadap ancaman, baik yang datang dari dalam maupun dari luar

10.    Salah satu contoh peran serta warga negara dalam kegiatan pemerintahan adalah …
A.    memamerkan kekayaan
B.    membangun gedung mewah
C.    bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan
D.    membayar pajak tepat pada waktunya

11.    Jepang mengumumkan pembentukan Dokurius Junbi Coosakai pada tanggal …
A.    1 Maret 1945
B.    31 April 1945
C.    12 Maret 1945
D.    12 April 1945

12.    Jumlah anggota yang tergabung dalam sidang BPUPKI adalah …
A.    62 orang dari Indonesia dan 7 orang dari Jepang
B.    60 orang dari Indonesia dan 8 orang dari Jepang
C.    62 orang dari Jepang dan 7 orang dari Indonesia
D.    60 orang dari Jepang dan 8 orang dari Indonesia

13.    Tokoh yang menjadi ketua dalam sidang BPUPKI adalah …
A.    Prof. Mr. Soepomo
B.    Ir. Soekarno
C.    dr. Radjiman Wedyodiningrat
D.    Mr. Moh. Yamin

14.    Sidang BPUPKI yang kedua dimulai pada tanggal….
A. 17 Agustus 1945
B. 10 Juli 1945
C. 10-15 Juli 1945
D. 17 Juli 1945

15.    Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, Peri Kesejahteraan sosial merupakan usulan lima asas dan dasar pancasila yang diusulkan oleh….
A. Ir. Soekarno
B. Moh. Yamin
C. Prof. Mr. Soepomo
D. Moh. Hatta.

16.    Pada … Ir. Soekarno mengumumkan dasar Negara Indonesia merdeka.
A.    1 Juni 1945
B.    1 Juli 1945
C.    1 Agustus 1945
D.    17 Agustus 1945

17.    berikut ini yang bukan merupakan sikap dari para pendiri negara dalam sidang PPKI adalah…
A.    kecerdasan
B.    tanggung jawab
C.    toleransi
D.    mementingkan kepentingan sendiri

18.    Nama Pancasila pertama kali dikemukakan oleh …
A.    Prof. Mr. Soepomo
B.    Ir. Soekarno
C.    Prof. Mr. Notenogoro
D.    Muhamamad Yamni

19.    Manusia merupakan makhluk tuhan yang paling mulia dibandingkan makhluk lainnya, sebab .…
A. Mempnyai akal dan pikiran
B. Memiliki tubuh yang sehat
C. Tinggal di bumi
D. Memiliki keturunan

20.    Nilai-nilai yang dapat diteladani dari perjuangan pahlawan para perumus Pancasila adalah …
A.    pantang menyerah, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
B.    kepentingan yang mendapatkan kelompok tertentu
C.    mengedepankan kepentingan pribadi di atas kepentingan bangsa
D.    bertangggung jawab terhadap tugas sekolah saja

21.    Sebagai seorang individu, seseorang tentunya memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupan. Sebab manusia merupakan makhluk ….
A. Individu
B. Mandiri
C. Sosial
D. Ekonomi

22.    Istila Pancasila diartikan sebagai lima pemerintah kesusilaan (Pancasila kramat), yakni dilarang melakukan kekerasan, di larang  mencuri, dilarang berjiwa dengki, dilarang berbohong, dilarang mabuk minuman keras. Berdasarkan lima perintah kesusilaan di atas maka Pancasila mengajarkan kita tentang …
A.    keburukan
B.    kebaikan
C.    keresahan
D.    ketidaknyamanan

23.    Pemerintah harus mendorong keberagaman yang ada di Indonesia menjadi kekuatan guna mewujudkan persatuan dan juga kesatuan nasional untuk menuju ….
A. Indonesia yang lebih baik
B. Indonesia merdeka
C. Perjuangan Indonesia
D. Indonesia barokah

24.    Salah satu suku bangsa yang tersapat di Pulau Kalimantan adalah .…
A. Minang
B. Dayak
C. Manado
D. Ambon

25.    Alasan seseorang harus melakukan kerjasama dengan orang lain adalah ….
A. Dapat meringankan pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan
B. Hidup seseorang bisa berantakan jika tidak ada bantuan dari orang lain
C. Manusia bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain
D. Bantuan seseorang sangat berpengaruh terhadap hidup orang lain
    
26.    Penderitaan yang diakibatkan dari adanya kebijakan tentara jepang kepada bangsa Indonesia, yaitu ….
A. Kebijakan landrente
B. Kerja lembur
C. Kebijakan romusha
D. Perbudakan

27.    Contoh dari norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
A. Tidak meninggalkan shalat
B. Mencuri, merampok milik orang lain
C. Tidak melanggar aturan lalu lintas
D. Tidak membuang ludah sembarangan

28.    Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam begai pemeluk-pemeluknya merupakan isi dari ….
A.    rumusan dasar negara dari Mohammad Yamin
B.    rumusan dasar negara dari Mr. Soepomo
C.    piagam Magna Carta
D.    piagam Jakarta

29. Tingkat Norma yang paling lemah daya mengikatnya adalah….
A. kebiasaan
B. cara
C. tata kelakuan
D. adat istiadat

30. Menerima Pancasila sebagai dasar negara yang dibentuk oleh para pendiri negara merupakan cerminan dari sikap ….
A.    komitmen dalam kehidupan keluarga
B.    komitmen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
C.    rela berkorban
D.    cinta tanah air

31. Orang yang bertengkar akibat saling mengejek merupakan perbuatan yang melanggar….
A. norma kebiasaan
B. norma kesopanan
C. norma kesusilaan
D. norma agama   

32. Norma kesusilaan adalah kaidah yang mengatur tingkah laku manusia yang bersumber dari….
A. Tuhan Yang Maha Esa
B. negara
C. masyarakat
D. hati nurani

33. Pedoman yang menunjukan sikap mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan disebut….
A. norma
B. kebiasaan
C. adat istiadat
D. hukum

34. Contoh kerjasama di dalam bidang kehidupan sosial dan juga politik dilingkungan sekolah yaitu ….
A. Rapat guru pelajaran
B. Pemilihan ketua osis
C. Raat guru dan juga orang tua
D. Pemilihan guru teladan

35. Peraturan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa yang jika dilanggar maka mendapat dosa disebut….
A. norma kebiasaan
B. norma kesopanan
C. norma kesusilaan
D. norma agama

36. Pernyataan berikut yang menggambarkan norma hukum adalah….
A. perkelahian antarpelajar yang meresahkan masyarakat umum
B. merebut makan teman itu tidak baik
C. memfitnah lebih kejam dari pembunuhan
D. hindari pertentangan agama

37. Jika didalam bus ada seorang nenek berdiri dekat tempat duduk saya, maka saya akan….
A. berjanji bergantian tempat duduk dengannya
B. meminta kepada teman untuk menyerahkan tempat duduknya
C. mempersilahkan untuk bertukar tempat duduk dengan saya
D. biarkan saja karena orang lain pun tidak ambil pusing

38. Ciri-ciri dari keputusan yang baik dalam bermusyawarah yaitu .…
A. Dihadiri oleh masyarakat
B. Sesuai dengan keinginan ketua
C. Sesuai dengan kesepakatan bersama
D. Dihadiri oleh semua anggota

39. Wilayah Indonesia secara Administratif terbagi menjadi .…
A. Kota, Kabupaten, Provinsi
B. Provinsi, kabupaten, kecamatan
C. Kabupaten, kota, kecamatan, provinsi
D. Kecamatan, kota, kabupaten

40. Bentuk dari pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 adalah .…
A. Presidensial
B. Monarki
C. Parlementer
D. Republik

41. Contoh upaya berperilaku sesuai dengan norma agama adalah….
A. membagikan harta warisan sesuai aturan
B. berdoa sebelum melakukan pekerjaan
C. menyebrang di zebra cross /jembatan penyebrangan
D. memakai helm pada saat mengendarai motor

42. Suatu bentuk perbuatan yang dilakukan secara terus menerus dengan bentuk yang sama, dilakukan secara sadar dan terus menerus dengan bentuk yang sama disebut….
A. kebiasaan
B. norma
C. adat istiadat
D. pola perilaku

43. Seorang siswa membuang sampah plastik pada tempatnya. sikap siswa tersebut sesuai dengan norma….
A. kesopanan
B. kesusilaan
C. tidak sesuai dengan norma
D. hukum

44. Siswa berpakaian rapi, serta masuk dan keluar kelas dengan teratur merupakan penerapan disekolah dalam bentuk….
A. larangan
B. pembiasaan
C. contoh teladan
D. pengawasan

45. Salah satu contoh perilaku yang tidak menghormati orang lain dalam melaksanankan ibadah adalah….
A. membiarkan orang lain tidak beribadah
B. membiarkan orang lain melaksanakan ibadah
C. menciptakan suasana yang mengganggu ketenangan ibadah
D. membiarkan tata cara ibadah orang lain berbeda dengan tata cara ibadah kita

46. Ketika pulang sekolah sebaiknya kita berjalan disebelah kiri jalan hal ini dikarenakan….
A. berjalan disebelah kiri sesuai dengn peraturan dan aman.
B. berjalan di sebelah kanan dilarang oleh undang-undang
C. berjalan disebelah kiri dirasaka lebih aman
D. kalau ditengah jalan membahayakan keselamatan

47. Cara untuk mengantisipasi konflik SARA dalam permasalahan suku adalah….
A. melakukan provokasi
B. peningkatan komunikasi dan koordinasi sosial dalam rangka pemetaan pembangunan
C. membiarkan masalah tersebut berlarut   
D. melapor kepada ketua RT

48. Kesatuan adalah upaya untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras, dan agama. ketika terjadi perpecahan kita wajib untuk….
A. meleraikan/mendamaikan
B. memperkeruh suasana
C. menjaga persatuan dan kesatuan
D. tidak peduli

49. Berikut ini merupakan sikap yang bertentangan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu….
A. toleransi
B. sukuisme
C. peduli
D. cinta tanah air

50. Kebragaman Indonesia terrdiri atas perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan gender. sikap yang dapat ditunjukan dalam memahami keberagaman tersebut adalah….
A. melakukan bullying terhadap teman yang berbeda suku
B. berisik ketika teman sedang melaksanakan ibadah agamanya
C. mengejek teman yang berbeda ras
D. menghormati adat istiadat teman yang berbeda budaya dengan kita

Essai

1.     Tuliskan ciri-ciri komitmen yang dimiliki oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara?
    Jawab: - mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme
-    adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia
-    selalu bersemangat dan berjuang
-    melakukan pengorbanan pribadi dengan cara menempatkan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi.

2.   Jelaskan pengertian norma menurut pendapatmu!
    Jawab: sebagai petunjuk atau pedoman tingkah laku yang harus dilakukan ataupun yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, berdasarkan suatu alasan tertentu.

3.  Tuliskan sumber dari norma kesusilaan, norma kesopanan dan norma agama!
    Jawab:
-    Kesusilaan: aturan yang datang berasal dari hati nurani manusia tentang baik buruknya suatu perbuatan
-    Kesopanan: peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan atatu interaksi sehari-hari masyarakat tersebut
-    Agama: sekumpulan kaidah yang berasal dari whayu Tuhan yang di sampaikan melalu utusannyan yang berisi perintah, larangan, atau anjuran-anjuran

4.  Jelaskanlah secara singkat hal-hal yang melatarbelakangi keberagaman bangsa Indonesia!
Jawab:
-    Banyaknya suku bangsa yang mendiami wilaya Indonesia
-    Setiap suku bangsa merasa terikat dengan wilaya tertentu
-    Latar belakang sejarah dan lingkungan yang berbeda
-    Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan yang berbeda

5. Tuliskan tiga contoh perilaku toleran apa saja yang dapat kamu tunjukan terhadap keberagaman agama
Jawab:
-    Membiarkan orang lain memeluk dan meyakini agama  sesuai dengan keyakinan masing-masing
-    saling menghormati antarpemeluk agama yang berbeda
-    saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah
-    tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain yang sudah memeluk suatu agama.

 BACA JUGA LINK SOAL SEMESTER GANJI SMPhttp://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-semester-ganjil-smp-semua-pelajaran.html

 

Comments

Popular posts from this blog

PAS GANJIL AGAMA ISLAM KLS 9

<script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  PENILAIANAKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL LINK ONLINE      : https://bit.ly/PAS-AGAMA-ISLAM-Kls9 Mata Pelajaran       :    PAI dan Budi Pekerti Kelas / Semester    :    IX / 1 (satu) Hari / Tanggal        :     Waktu                     :    10.00 – 11.30 WIB (90 menit) <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>      Petunjuk Umum: 1.    Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan 2.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab 3.    Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang 4.    Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah 5.    Periksalah seluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas. A.

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha

PAS GENAP PKn KLS 7 SMP

  1.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan dan menetapkan UUD 1945 2.    Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Moh.Hatta sebagai wakil presiden 3.    Pembagian wilayah atas 8 provinsi 4.    Pembentukan Komite Nasional Berdasarkan pernyataan tersebut, keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ditunjuk oleh nomor…. a.    1 dan 2                b.    2 dan 4    c.  1 dan 3 d.  3 dan 4 2.    Perhatikan nama tokoh berikut! 1.    Otto Iskandardinata 2.    Mr. Achmad Soebardjo 3.    Mr.Sartono 4.    Ir.Soekarno Berdasarkan nama tokoh tersebut, yang merupakan ketua perancang UUD 1945 ditunjukan nomor…. a.    1                            b.    2  c.  3 d.  4 3.    Perhatikan tabel berikut! Berdasarkan tabel tersebut, usulan dasar Negara dari Moh.Yamin ditunjukan pada tabel nomor…. a.  I                          b.  II       c.  III d.  IV 4.    Perhatikan pernyataan berikut! 1.    Mengesahkan UUD 1945 2.    Membentuk Komite Nasional Daerah 3.    Memilih presiden dan wakil