LEMBAR SOAL
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJILSMP
TAHUN PELAJARAN
LINK ONLINE : https://tinyurl.com/PAS-INDO-VII
TOKEN : Indo7
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, semester : VII , Satu
Hari/Tanggal : Senin,
Waktu : 07.00 - 09.00
I. Tuliskan huruf ( A/B/C/D) untuk jawaban yang benar!
1. Di antara kalimat berikut yang termasuk ke dalam teks deskriptif adalah ...
A. Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.
B. Salju merupakan fenomena alam yang tidak terjadi di semua tempat. Fenomena ini dapat terjadi hanya di suatu wilayah yang temperaturnya cukup dingin.
C. Gunung terbentuk karena adanya gerakan tektonik dan gerakan orogenik pada lempeng. Gerakan-gerakan tersebut dikenal dengan sebutan orogenesis.
D. Air nabeez adalah air rendaman buah kurma atau kismis. Minuman ini merupakan salah satu minuman kegemaran Rasulullah SAW yang salah satu kegunaannya adalah untuk memulihkan tenaga dan mencegah penyakit sembelit.
2. Bacalah teks berikut !
Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.
Paragraf tersebut termasuk mendeskripsikan ....
A. Orang
B. Waktu
C. Tempat
D. Objektif
3. Bacalah kutipan teks berikut!
Jam pun menunjukkan pukul sembilan malam saat itu. Berdetak berjalan terasa lambat. Detak jantungku perlahan melambat. Firasat mengatakan bahwa hari ini adalah hari di mana jiwaku sepertinya akan hancur. Padahal malam pada akhir-akhir ini tidak seperti biasanya, bergelimang pancaran bintang dan cahaya bulan.
Kalimat yang mengandung emosional sangat kuat adalah ...
A. Jam pun menunjukkan pukul sembilan malam saat itu.
B. Berdetak berjalan terasa lambat.
C. Detak jantungku perlahan melambat.
D. Hari ini adalah hari di mana jiwaku sepertinya akan hancur.
4. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.
Berdasarkan kutipan teks tersebut, kalimat yang termasuk majas adalah …
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Di perairan sepanjang Selat Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur, ada keunikan menakjubkan wisatawan, yang tidak kalah menarik dengan Raja Ampat, Papua. (2) Di sana ada berbagai jenis ikan, termasuk jenis mamalia dan aneka warna terumbu karang yang dikelilingi puluhan pulau kecil, seperti Pulau Buaya, Pulau Ternate, dan Pulau Pura. (3) Di gugusan pulau-pulau ini terdapat satu selat, terletak antara Pulau Alor Kecil dan Pulau Kepa, seluas 3 km persegi, disebut Selat Kumbang atau warga setempat menyebutnya mulut kumbang. (4) Di mulut kumbang inilah, pada pagi dan sore hari, ratusan ekor lumba-lumba berwarna merah muda dan tampak jinak, muncul di permukaan air, mendekati perahu-perahu kecil yang melintas seperti menyapa pengunjung. (5) Selain lumba-lumba, jalur ini juga menjadi lintasan ikan paus dari perairan Paasifik menuju Papua, Selat Banda, Selat Pantar, terus ke Laut Sewu, tempat paus menjadi incaran pemburu tradisional warga Lamalera, Lembata.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. Persamaan keunikan Selat Pantar dan Raja Ampat.
B. Adanya puluhan pulau kecil indah di perairan NTT.
C. Keindahan dan keunikan pantai Selat Pantar, Alor, NTT.
D. Jinaknya lumba-lumba berwarna merah muda.
6. Perhatikan teks deskripsi berikut!
Kelas VII C sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan . Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.
Kalimat perincian pada teks deskripsi tersebut terdapat pada kalimat….
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
7. Perhatikan kutipan teks berikut!
(1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Mereka berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3)Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4)Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.
Kata bersinonim pada teks deskriptif tersebut terdapat pada kalimat ….
A. 1) dan (2)
B. 2) dan (3)
C. 3) dan (4)
D. 4) dan (5)
8. Perhatikan deskripsi bagian dari teks deskripsi Tari Kecak yang acak berikut!
1). Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies.
2). Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang.
3). Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan.
4). Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala.
5). Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi bagian teks deskripsi yang sistematik jika disusun dengan urutan....
A. 1)-2)-3)-4)-5)
B. 1)-3)-5)-2)-4)
C. 2)-3)-1)-5)-4)
D. 3)-2)-4)-1)-5)
9. Perhatikan kutipan teks berikut!
Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang berdiameter mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. …. Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah....
A. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.
B. Pengunjung sudah lama mengincar pemandangan ini.
C. Tebing granit ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsin Sumatra Barat.
D. Penduduk ikut menjaga kebersihan Lembah Harau dengan baik.
10. Penggunaan awalan me-N yang tepat terdapat dalam kalimat ….
A. Tarian yang dibawakan anak-anak kelas VII C itu sangat mempesona
B. Nilai pelajaran bahasaIndonesia kelas VII A semester ini menurun sekali.
C. Siswa kelas VII B tidak ada yang saling mempengaruhi berbuat yang tidak baik.
D. Sebagai pelajar yang baik, kita harus menturuti apa yang dinasihatkan guru.
11. Lengkapilah paragraf deskripsi berikut!
Ruangan yang berukuran 5x7 m tersebut sangatlah nyaman ditempati. Dindingnya dicat dengan warna abu-abu dan sedikit corak coklat pastel pada sisi bawah. Tiga buah sofa berwarna merah, kuning, dan biru serta satu buah meja kayu ditempatkan di tengah ruangan. Di pojok ruangan terdapat sebuah rak buku berukuran besar. (....)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deksripsi tersebut adalah....
A. Rak ini sebagian besar memuat buku pelajaran, majalah, dan koran yang disusun rapi dan urut.
B. Terdapat pot yang menjadi tempat tumbuh pohon palem kecil yang bersandar ke rak buku bercat hijau tersebut.
C. Di luar ruangan terdapat sebuah taman bunga mungil yang berukuran 3 m x 4 m.
D. Taman bunga tersebut ditanami dengan bermacam tanaman hias, seperti mawar, melati, dan bougenvil.
12. Cermati kutipan teks berikut!
Di sebuah padang rumput ada tiga ekor biri-biri bersaudara. Karena musim kemarauadang rumput mulai mengering. Ketiga biri-biri itu bingung dan mulai merasa kuatir. Badannya mulai menjadi kurus karena kurang makan. Akhirnya, mereka berunding untuk pindah ke tempat lain. Si Sulung mengusulkan agar mereka pindah ke padangrumput lain, tetapi mereka harus menyeberangi sungai yang ada titian di atasnya
Kutipan tersebut lebih banyak menginformasikan unsur....
A. Latar
B. Tema
C. Penokohan
D. Amanat
13. Bacalah kutipan teks cerita imajinasi berikut dengan saksama!
Pada saat yang sama peri kecil muncul sambil mengucurkan air mata. Dia mengaku bersalah dengan apa yang diperbuatnya. Dia sudah berbohong dan menuduh orang lain melakukan perbuatan jahat. Semua peri di negeri Fantasia merasa geram kepada peri kecil tersebut. Untungnya Ratu Peri menenangkan mereka dengan lembut.
Tema teks cerita imajinasi tersebut adalah ….
A. Keberanian
B. Kejujuran
C. Sosial
D. Keluarga
14. Perhatikan kutipan teks berikut !
Pada zaman dahulu di negeri antah-berantah hiduplah sekelompok naga yang cukup besar. Jumlah mereka sampai berpuluh-puluh. Tubuh naga cukup besar dan di punggungnya terdapat
Kutipan teks cerita imajinasi tersebut merupakan struktur ....
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Koda
15. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
“Serbuuuu….!” teriak Nataga sambung menyambung dengan seluruh panglima.
Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget, tak percaya.
Kutipan teks tersebut merupakan teks cerita fantasi bagian struktur ….
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Reorientasi
16. Bacalah kutipan teks cerita berikut!
Selesai Dani menyelesaikan kalimatnya, terdengar dentuman keras. Buuuumm…! Seakan ada yang mengangkat mereka bertiga tiba-tiba sudah kembali berada di area Candi Trowulan. Ketiganya mengusap mata. Seakan tidak percaya mereka saling berangkulan karena merasa bahagia sudah kembali pulang
Kutipan teks tersebut merupakan teks cerita fantasi bagian struktur ….
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Reorientasi
17. Bacalah penggalan cerita imajinasi
(1) Harry Potter tinggal bersama Mr. & Mrs. Dursley dan sepupunya Dudley Dursley di Privet Drive. (2)Hidupnya selama hampir 11 tahun dijalani dengan sangat mengenaskan. (3).Dimana paman, bibi, dan sepupunya sama sekali tidak menyukai keberadaannya di keluarga mereka.(4), Namun, sebuah surat atau tepatnya ratusan surat yang dikirimkan kepadanya tepat menjelang ultahnya yang ke sebelas, telah membuat hidupnya berubah.”
Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks cerita imajinasi tersebut adalah....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Cermati kalimat berikut!
1. Pandangannya tertuju pada sebuah bangunan tua.
2. Orang pribumi tersebut minta tolong pada pak Karta.
3. Pak Karta mendekati bangunan itu dengan mengendap-endap.
4. Pak Karta memandang sekeliling kawasan rumah itu.
5. “Tolong, pak, lepaskan aku. Aku tidak tahan hidup seperti ini”, kata orang pribumi tersebut.
6. Pak Karta terkejut, ia melihat orang pribumi dari balik jendela bangunan itu.
Urutan yang tepat agar menjadi teks imajinasi yang padu adalah ....
A. 4-1-3-6-2-5
B. 4-2-1-3-5-6
C. 4-3-5-1-6-2
D. 4-5-2-3-1-6
19. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Minggu pagi yang cerah Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan. Mereka merupakan siswa pilihan dari sebuah SMP yang sedang melakukan tugas pengamatan untuk karya ilmiah remaja.
“Toloooong,” tiba-tiba terdengar suara Handi berteriak minta tolong. Dani dan Ardi yang berada tidak jauh dari tempat itu segera berlari menghampiri. Betapa kagetnya mereka berdua melihat Handi berada di sebuah lubang dan hanya kelihatan tangannya. Dengan reflek Ardi dan Dani menarik berusaha menolong Handi. Akan tetapi, “Aaaah…!” terdengar teriakan keras dan mereka bertiga terseret masuk ke lubang itu.
Ringkasan yang tepat untuk kutipan teks cerita fantasi tersebut adalah ….
A. Minggu pagi yang cerah beberapa anak dari SMP di Trowulan melakukan pengamatan untuk karya ilmiah remaja mereka. Di tengah kegiatan salah seorang dari mereka berteriak meminta tolong kepada teman-temannya
B. Minggu pagi yang cerah beberapa siswa dari sebuah SMP berada di Candi Trowulan untuk mengadakan penelitian. Tiba-tiba mereka terperosok ke dalam sebuah lubang yang dalam.
C. Minggu pagi yang cerah Ardi, Handi, dan Dani berada di sekolah untuk melakukan pengamatan. Tiba-tiba mereka terseret ke dalam Candi Trowulan melalui sebuah lubang.
D. Minggu pagi yang cerah Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan untuk melakukan pengamatan. Tiba-tiba Handi terseret ke sebuah lubang bersama teman-temannya.
20. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Dari situlah warga mulai memercayai mitos itu. (2) Sampai saat itu, belum ada yang berani menebang hutan sembarangan. (3) Sebelum ke desa, aku harus melewati hutan itu. (4) Aku berhenti tepat ditepi hutan,
Penggunaan konjungsi urutan waktu terdapat dalam kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
21. Cermati kutipan berikut!
Sungguh, aku menyesal. Kini aku mengerti, lorong gelap ini adalah wujud ucapanku yang terkabiul. Sekarang aku di sini tanpa ayah ibu. Aku menangis sejadi-jadinya. Mulai menyadari kesalahanku. Sebenarnya mereka sayang padaku. Aku mengerti kenapa ayah dan ibuku selalu mengingatkanku, mereka ingin aku tumbuh menjadi orang yang penuh dengan etika dan sopan santun. Ketika menghapus air mata, tiba-tiba aku telah berada di kamar tidurku kembali.
Hal yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata pada kutipan teks tersebut adalah ...
A. Seorang anak yang dibiarkan sendiri oleh ayah dan ibunya.
B. Sebuah lorong gelap tercipta karena ucapan seseorang yang terkabul.
C. Seorang anak laki-laki menangis karena menyesali perbuatannya.
D. Orang tua yang selalu mengingatkan anaknya agar bersopan-santun.
22. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
Kutipan teks soal tersebut terdapat struktur ....
A. Latar belakang
B. Tujuan
C. Langkah-langkah
D. kesimpulan
23. Kutipan teks prosedur berikut yang merupakan cara melakukan adalah....
A. Anda mengalami insomnia (tidak bisa tidur)? Nenek moyang kita mewariskan resep tradisional untuk penderita insomnia. Bahan-bahannya mudah ditemukan.
B. Angklung merupakan warisan seni tradisional Indonesia. Sebagai warisan seni yang sangat berharga, kita hendaknya belajar memainkan angklung.
C. Tari Tor-tor merupakan salah satu tari tradisional dari Sumatera Utara. Cara menarikannya cukup sederhana dengan gerakan tangan dan kaki injit-injit. Gerakan salah satu jenis Tari Tor-tor dilakukan seperti berikut!
D. Anda mungkin sudah tidak asing dengan salah satu kue tradisional satu ini. Namanya adalah kue serabi kinca, yaitu sejenis camilan serabi berwarna hijau muda karena telah diberi pewarna hijau dan aroma wangi daun pandan.
24. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
1) Calon siswa mengisi formulir secara online
2) Calon siswa mencetak sebagai tanda bukti pendaftaran online
3) Calon siswa melakukan verifikasi di sekolah
4) Calon siswa megikuti tes
Teks prosedur kompleks tersebut adalah prosedur ....
A. Pendaftaran sekolah
B. Pendaftaran sekolah secara online
C. Pendaftaran sekolah secara manual
D. Pendaftaran anggota OSIS
25. Bacalah Petunjuk Berikut!
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang jalan.
1) Pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai.
2) Jika bersama anak-anak atau orang tua, pegang tangannya.
3) Gunakan zebra cross jika ada.
4) Jangan menyeberang di tikungan jalan.
Kalimat tercetak miring tersebut memiliki makna ….
A. Penyeberang berjalan melewati zebra cross jika ada.
B. Penyeberang memakai zebra cross yang ada di jalan.
C. Penyeberang mematuhi peraturan dengan memakai zebra cross.
D. Penyeberang harus mencari zebra cross sebelum menyeberang jalan.
26. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakan sabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman tersebut yang tepat adalah ....
A. 1-3-4-2-5
B. 5-3-4-2-1
C. 5-1-3-4-2
D. 1-5-3-4-2
27. Perhatikan pernyataan berikut!
Teks Prosedur Membuat Rendang
1) Setelah semua bumbu dimasukkan, aduk merata dan tunggu sampai santan mendidih serta mengeluarkan minyak.
2) Pertama-tama, potong dan gepreklah daging sapi yang telah dicuci.
3) Ungkeplah daging sapi yang telah digeprek dengan bumbu yang telah dihaluskan sampai beruap dan daging ungkep kering.
4) Setelah diungkep, masukkan santan kental, merica bubuk, sereh, asam kandis, bunga pekak, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, garam, dan gula pasir.
5) Aduk-aduk terus sampai serundeng menyatu dengan daging sampai berubah warna dan mengering, lalu sajikan.
6) Setelah santan mengeluarkan minyak, kecilkan api dan masukkan bahan pelengkap Kelapa serundeng yang sudah disangrai.
7) Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan lengkuas.
Urutan tepat teks prosedur membuat rendang tersebut adalah...
A. 2,3,1,4,7,5,6
B. 2,4,7,3,6,1,5
C. 2,7,3,4,1,6,5
D. 2,5,1,4,6,7,3
28. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Masukkan buah mangga ke dalam blender
2. Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhna tercampur
3. Setelah selesai matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas
4. Siapkan blender
5. Jus mangga siap dihidangkan
6. Masukkan air dan es batu juga gula secukupnya
Urutan tepat prosedur membuat jus mangga adalah ….
A. 4,1,6,2,3,5
B. 4,6,2,1,3,5
C. 1,2,5,3,4,6
D. 4,2,3,1,6,5
29. Kutipan teks prosedur berikut yang merupakan cara menggunakan adalah....
A. Anda mengalami insomnia (tidak bisa tidur)? Nenek moyang kita mewariskan resep tradisional untuk penderita insomnia. Bahan-bahannya mudah ditemukan.
B. Bila Anda menurunkan suhu lebih rendah dari suhu awal maka tunggulah beberapa saat sampai lampu suhu menyala lagi sebelum melanjutkan ke tahap menyetrika.
C. Tari Tor-tor merupakan salah satu tari tradisional dari Sumatera Utara. Cara menarikannya cukup sederhana dengan gerakan tangan dan kaki injit-injit. Gerakan salah satu jenis Tari Tor-tor dilakukan seperti berikut!
D. Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat.
30. Bacalah teks prosedur berikut!
Bahan:
1 bungkus mie instan
2 gelas (300 cc) air
Langka-langkah:
1) Rebus mie dalam 2 gelas (300 cc) air selama 3 menit sambil diaduk.
2) Sementara mie direbus, masukkan bumbu, kecap manis, dan saus cabe ke dalam piring.
3) Tiriskan mie, kemudian campur dengan bumbu aduk hingga rata.
4) Taburkan bawang goreng dan mie siap dihidangkan.
Tujuan dalam teks prosedur tersebut adalah ...
A. Untuk memandu membuat mie instan dengan tepat.
B. Untuk memandu membuat omelet mie.
C. Untuk mengembangkan cara membuat mie instan dengan tepat.
D. Untuk mengetahui membuat mie instan
31. Bacalah teks prosedur berikut!
Petunjuk pembuatan kue bolu:
1) Sediakan bahan untuk membuat kue.
2) Kemudian, masukkan gula dan telor sedikit-demi sedikit.
3) Terakhir tepung terigu dan mentega dimasukkan kemudian diaduk hingga rata.
4) Anda sebaiknya mencampurkan mentega yang sudah cair.
5) Masukkan adonan ke dalam cetakan adonan dan panggang adonan selama 15 Menit.
6) Setelah matang kue siap untuk disajikan
Kalimat pasif pada teks prosedur tersebut terdapat pada kalimat nomor....
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
32. Perhatikan kalimat berikut!
Masukkan adonan ke dalam cetakan adonan dan panggang adonan selama 10 Menit
Perbaikan kalimat bercetak tebal pada teks prosedur tersebut adalah....
A. Masukkan adonan ke dalam cetakan adonan dan panggang selama 10 menit.
B. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang selama 10 menit.
C. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan panggang adonan selama 10 menit.
D. Masukkan ke dalam cetakan adonan dan panggang adonan selama 10 menit.
33. Perhatikan teks berikut ini!
1. Masak air sampai mendidih
2. Kemudian tuang ke dalam cetakan
3. Sediakan agar-agar, gula, santan, susu cokelat, vanili, dan telur
4. Setelah mendidih, masukan agar-agar, vanili, gula, telur yang sudah dikocok, dan santan
5. Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat
Urutan kalimat agar menjadi paragraf yang padu adalah….
A. 1-2-3-4-5
B. 4-1-3-2-5
C. 3-1-4-5-2
D. 5-2-4-3-1
34. Cermatilah petunjuk pembuatan cilok khas Bandung!
1. Tepung terigu, garam, gula, merica dicampur dengan air panas sampai basahnya merata (jangan terlalu cair).
2, Setelah kalis, siapkan air untuk merebus yang sudah diberi garam dan sedikit minyak.
3. Setelah menunggu sampai agak dingin masukkan tepung kanji, daun bawang lalu uleni.
4, Jika telah mengkilat, angkat lalu tiriskan.
5. Bentuk adonan menjadi bulatan dan masukkan pada air yang mendidih.
4. Terakhir untuk membuat bumbu kacang, blender semua bumbu kacang lalu didihkan sampai kental.
Urutan pembuatan cilok yang tepat adalah ….
A. (1) – (3) – (2) – (5) – (4) – (6)
B. (1) – (2) – (3) – (4) – (5) – (6)
C. (1) – (2) – (5) – (3) – (4) – (6)
D. (1) – (3) – (5) – (3) – (4) – (6)
35. Cermati Teks Berikit!
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […] (4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A. Kupas bagian kulitnya!
B. Biarkan sekitar 10 menit!
C. Tempelkan pada kulit yang luka!
D. Lepaskan dari luka bila sudah sembuh!
36. Perhatikan petunjuk berikut!
1). Rendam cucian dalam air yang sudah diberi detergen selama 30 menit.
2). Pisahkan cucian yang mudah luntur.
3)Kucek cucian,kemudian bilas dengan air hingga bersih.
4). Larutkan 30 gram detergen ke dalam 10 liter air.
5. Jemur pakaian hingga kering.
Urutan yang tepat cara mencuci pakaian tersebut adalah....
A. (2),(4),(3),(1),(5)
B. (2),(4),(1),(3),(5)
C. (4),(3),(1),(2),(5)
D. (4),(3),(2),(1),(5)
37. Bacalah kutipan teks berikut!
Petunjuk Menggunakan WhattsApp
(1). Pastikan perangkat (gadget) dengan internet!
(2). Buka playstore dari perangkat!
(3). Pilih aplikasi gratis teratas!
(4). […]
(5). Instal aplikasi dengan lengkap!
(6). […]
(7). Selamat berkirim pesan atau gambar dengan kerabat dan teman!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk
tersebut adalah ….
A. (4) Daftar/login dengan email/akun fb!
(6) Setting profil dan lengkapi dengan foto!
B. (4) Download aplikasi WhattsApp!
(6) Daftar/login dengan email/akun fb!
C. (4) Download aplikasi playstore!
(6) Download aplikasi WhattsApp!
D. (4) Download aplikasi WhattsApp!
(6) Setting profil dan lengkapi dengan foto!
38. Bacalah petunjuk berikut ini!
1. Pijat kulit dengan lembut hingga terserap seluruhnya.
2. Usapkan dengan ujung jari kekulit wajah dan leher yang bersih.
3. Ratakan pelembab di kulit dengan telapak tangan.
4. Tuangkan pelembab ke ujung jari secukupnya.
Urutan petunjuk penggunaan pelembab wajah yang tepat adalah ….
A. (1) - (3) - (2) - (4)
B. (4) - (2) - (3) - (1)
C. (2) - (1) - (3) - (4)
D. (2) - (3) - (1) - (4)
39. Perhatikan kutipan teks Laporan Hasil Observasi berikut ini!
Museum merupakan salah satu kawasan penting dalam upaya pelestaarrian sejaah . Museum ialah forum yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelititan, dan kesenangan atau hiburan.
Fungsi museum yang utama ialah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya . Dengan demikian, museum mempunyai fungsi besar yaitu sebagai kawasan pelestarian
Objek yang sedang dibahas dalam teks di atas adalah....
A. Fungsi museum
B. Lokasi museum
C. Wisata museum
D. Museum
40. Perhatikan kutipan berikut ini!
Kunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. Spesies kunang-kunang juga kekayaan yang dianugerahkan kepada negara kita sebagai salah satu negara tropis.
Paragraf di atas merupakan potongan dari teks laporan hasil observasi, tepatnya bagian....
A. Definisi umum.
B. Deskripsi bagian.
C. Simpulan.
D. Penutup.
41. Bacalah teks laporan hasil observasi berikut!
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutanlebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burungcendrawasih, orang utan, dan komodo.
Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks....
A. Definisi umum.
B. Deskripsi bagian.
C. Deskripsi manfaat.
D. Penutup.
42. Bacalah kutipan teks berikut!
Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya meruncing yang panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai
tenggorokan terdapat kantong berupa kulit elastis yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari- jarinya terdapat selaput yang memudahkan berenang. Panjang tubuh pelican mencapai 1,5 cm. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya.
Hal yang dilaporkan pada teks tersebut adalah ....
A.Penangkaran burung pelikan
B.Tempat hidup burung pelikan
C.Perilaku burung pelikan
D.Ciri-ciri burung pelikan
43. Bacalah pernyataan berikut!
(1) Oleh karena itu, harimau saat ini termasuk binatang yang dilindungi pemerintah agar tidak punah.
(2) Harimau termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk
berburu mangsa
(3) Populasi harimau cenderung menurun karena sering diburu manusia
(4) Wilayahnya dapat mencapai kawasan pedesaan.
Susunan kalimat yang tepat untuk menuliskan laporan hasil observasi tentang harimau adalah
A. (2) – (3) – (4) – (1)
B. (2) – (4) – (1) – (3)
C. (2) - (1) – (4) – (3)
D. (2) – (1) – (3) – (4)
44. Bacalah kutipan berikut ini!
Kambing ialah salah satu jenis binatang yang sering dipelihara sebagai binatang ternak. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah .....
A. Kambing itu bermetamorfosis kuda yang sanggup mengantarkan Toni menjelajah ruang dimensi alpha.
B. Bulunya putih dan sehalus kapas dikala kita belai.
C. Ikat kambing dengan tambang biar tidak berjalan terlalu jauh dikala digembalakan.
D. Kambing merupakan binatang herbivora, yaitu binatang yang memakan tumbuhan.
45. Bacalah 2 kutipan teks laporan hasil observasi berikut !
Teks ke- 1
Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buah pepaya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.
Teks ke-2
Sirsak adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerja memperlambat pertumbuhan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan
Persaaman isi teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
A. Kedua teks tersebut menjelaskan manfaat buah dapat mengobati penyakit kanker.
B. Kedua teks teks menjelaskan ciri-ciri buah
C. Kedua teks tersebut menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam buah
D. Kedua teks tersebut menginformasikan zat antioksidan yang dapat mencegah kanker
46. Bacalah wacana berikut dengan saksama!
Bendungan di Desa Jatirogo ini tidak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet, tinggi permukaannya bisa diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan karet itu dikempiskan. Dan air bah lancar mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan diisi penuh, sehingga tingginya mencapai 3 m. Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan sebagai air minum dan irigasi. Pada saat yang sama, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai.
Simpulan isi wacana di atas adalah…
A. Bendungan dari bantalan karet dapat membendung sungai.
B. Bendungan dari bantalan karet sangat bermanfaat.
C. Bendungan dari bantalan karet dapat mengalirkan air.
D. Pemanfaatan air melalui bendungan bantalan karet.
47. Bacalah kutipan teks LHO berikut!
(1) Manusia memiliki tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. (2) Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. (3) Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. (4) Darah pada pembuluh darah arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. (5) Pembuluh darah vena adalah merupakan pembuluh darah yang sempit.
Kalimat yang tidak efektif ditunjukan kalimat nomor ....
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
48. Bacalah kutipan teks LHO berikut!
Tanaman kangkung memerlukan air yang cukup. Kadang-kadang tanaman itu ditanam di sawah, di kolam, dan di kali yang arus airnya tidak deras. Di sela-sela tanaman kangkung, hidup juga ikan. Ikan tidak bisa hidup tanpa air yang cukup karena binatang ini hidupnya tergantung pada air. Tanaman di kolam akan tumbuh subur bila disertai ikan.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam kutipan teks laporan tersebut adalah …
A. Oleh karena itu, kangkung dan ikan harus hidup berdampingan.
B. Kangkung dan ikan hidupnya saling bergantung.
C. Ikan akan lebih cepat besar bila ditanam berdampingan dengan kangkung.
D. Jadi, kangkung dan ikan sama-sama membutuhkan air dalam hidupnya.
49. Cermatilah penggalan laporan berikut!
Setelah diadakan survei ke suatu daerah pegunungan ternyata diperoleh suatu data tentang kesehatan masyarakat di sana. Masyarakat yang mengalami penyakit gondok 55%, kataraks 20%, reumatik 10%, batuk 2%, dan asma 7%.
Simpulan yang tepat sesuai dengan penggalan laporan tersebut adalah ….
A. Tak dapat disangkal lagi, masyarakat di daerah pegunungan sangat terbelakang dan tidak sehat.
B. Patutlah di daerah pegunungan masyarakat mendapat bantuan terutama bantuan medis.
C. Masyarakat di daerah pegunungan sebagian besar menderita penyakit gondok.
D. Pada umumnya masyarakat di daerah pegunungan mengalami penyakit gondok
50. Perhatikan teks berikut!
Recycling atau daur ulang adalah proses mengumpulkan dan memproses bahan yang tidak terpakai Yang dikategorikan sebagai sampah kemudian merubahnya menjadi produk baru.Daur ulang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A. Mengumpulkan
B. Memproses
C. Merubahnya
D. Bermanfaat
II. SOAL URAIAN
51. Perhatikan gambar berikut!
Buatlah teks deskripsi untuk gambar tersebut!
Identifikasi : Monumen Nasional atau tugu Monas Jakarta adalah sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang kegigihan perjuangan bangsa Indonesia. Lokasinya terletak di depan istana kepresidenan RI
Deskripsi : Monas menjulang setinggi 132 meter. Di bagian halama terdapat berbagai relief berbagai kerajaan besar di Indonesia. Di bagian cawan terdapat ruang kemerdekaan …..
Kesimpulan : Monas selalu dikunjungi banyak wisatawan. Kita bisa menikmati berbagai fasilitas wisata dan bahan pendidikan
(Perhatikan struktur dan unsure kebahasaannya).
52. Bacalah kutipan teks cerita imajinasi berikut!
Sepasang Saudara penyihir
Pada suatu ketika di sebuah desa yang damai, hiduplah dua saudara kembar yang memiliki kekuatan sihir. Mereka adalah Niko dan Joko. Walaupun mereka saudara kembar, tetapi watak keduanya amatlah berbeda drastis. Niko begitu sombong dan angkuh sedangkan Joko adalah anak yang baik hati. Adapun Niko mempunyai keistimewaan yaitu menguasai sihir lebih banyak sehingga dengan sombongnya selalu memamerkan kemampuannya.
Joko yang merupakan kakak dari Niko selalu melarang adiknya untuk memamerkan kekuatannya kepada teman-temannya atau menggunakan sihir dengan sembarang. Akan tetap Niko selalu mengelak dan mengatakan bahwa Joko iri dengan kemampuan sihir Niko. Perilaku Niko justru menjadi-jadi, dirubahnya semua benda di sekelilingnya menjadi batu begitupun hewan ternak milik keluarganya.
Joko terus menasihati si adik tapi tetap saja Niko yang keras kepala dan selalu merasa bahwa dirinya paling kuat dan hebat itu sehingga seluruh benda di dalam rumahnya diubah menjadi batu. Ada satu benda yang belum diubah, yaitu cermin. Niko yang sedang membaca mantera lalu berniat mengubah sebuah cermin menjadi batu ternyata berbalik ke arahnya. Mantera itu ternyata terpantul kembali ke arah Niko.
Niko akhirnya berubah menjadi batu. Melihat keadaan kakaknya, Joko memberitahukan guru sihir kemudian meminta bantuannya untuk membebaskan sang kakak dari sihir yang diperbuat sendiri. Tetapi guru sihirnya tidak dapat membantu disebabkan mantera tersebut bersifat abadi dan hanya bisa di ubah oleh orang yang memiliki telah membacakan mantera sihir mengubah benda menjadi batu
Tentukan struktur teks cerita imajinasi tersebut! (tuliskan bukti teksnya)
53. Teks prosedur.
Tuliskan langkah-langkah permainan bentengan !
54. Bacalah kutipan laporan hasil observasi berikut!
Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal polutan gas ataupun butiran padat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. Komplek industri yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar. Sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam.
Tuliskan informasi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut!
BACA JUGA LINK SOAL SEMESTER GANJI SMP: http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-semester-ganjil-smp-semua-pelajaran.html
Comments
Post a Comment
Silahkan memberikan komentar dengan baik dan sopan.