Skip to main content

PAS GANJIL AGAMA KATOLIK KLS 7

 


PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Agama Katolik
Hari/Tanggal       :   
Kelas                   :   VII (Tujuh)
Waktu                  :   09.30 – 11.00
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>
1.    Amati gambar berikut!  mumnya

Perhatikan pernyatan berikut!
1.    Mempunyai kepribadian lembut
2.    Kaum yang lemah dan tertindas
3.    Punya daya tarik yang mempesona
4.    Gagah perkasa  dan selalu berani
5.    Selalu tampil feminim dan  cantik.
Umumnya remaja memiliki kebangaan terhadap keberadaan dirinya sebagai perempuan dan laki-laki. Berdasarkan gambar di atas hal-hal  yang dapat dibanggakan dari seorang perempuan terdapat pada nomor ....
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 3 dan 5
C.    2, 3 dan 4
D.    3, 4 dan 5

2.    Dalam banyak hal anak laki-laki lebih sering mendapat banyak kesempatan untuk mendapat pendidikan yang tinggi dan perempuan kurang memperoleh kesempatan yang sama dan memandang kedudukan kaum laki-laki lebih penting dari kaum perempuan yang disebut sebagai budaya patriarkhi.
Perhatikan pernyatan berikut!
1.    Kaum laki-laki sangat menghargai dan melindungi perempuan
2.    Kaum laki-laki menghormati perempuan sebagai  pasangan hidup
3.    Kaum laki-laki dianggap andalan masa depan dan menguasai banyak hal
4.    Kaum laki-laki diangap memiliki kepribadian yang kuat dan hebat
5.    Kaum laki-laki diangap sebagai tulang punggung keluarga yang dibanggakan. Berdasarkan pernyataan tersebut hal-hal yang menyebabkan pandangan yang
Keliru tentang perempuan dan laki-laki terdapat pada nomor....
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 2 dan 4
C.    2, 3 dan 4
D.    3, 4 dan 5

3.    Perhatikan gambar Mantan perdana Menteri India berikut!
 

Indira Gandhi merupakan mantan perdana menteri wanita pertama di India. Berkaitan dengan kesederajatan sebagai perempuan dan laki-laki maka Hal yang dapat menunjukkan kesederajatan perempuan dan Laki-laki dalam gambar tersebut adalah....
A.    Perempuan mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dan terhormat dari laki-laki
B.    Perempuan dapat menguasai dan menindas kaum laki-laki sebagai pemimpin
C.    Perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki menjadi  pemimpin
D.    Perempuan dapat menunjukkan dirinya lebih unggul dan berprestasi dari laki-laki

4.    Cermati artikel berikut!
Katekismus Gereja Katolik Artikel 372 “Pria dan wanita diciptakan “satu untuk yang lain”, bukan seakan-akan Allah membuat mereka sebagai manusia setengah-setengah dan tidak lengkap, melainkan Ia menciptakan mereka untuk satu persekutuan pribadi, sehingga kedua orang itu dapat menjadi “penolong” satu untuk yang lain, karena di satu pihak mereka itu sama sebagai pribadi (“tulang dari tulangku”), sedangkan di lain pihak mereka saling melengkapi dalam kepriaan dan kewanitaannya.

Makna yang terkandung dalam katekismus artikel 372 adalah ....
A.    Pria dan wanita diciptakan berbeda untuk saling menolong
B.    Pria dan wanita diciptakan berbeda untuk saling menguasai
C.    Pria dan wanita diciptakan sama sebagai pribadi untuk bersaing
D.    Wanita diciptakan dari tulang laki-laki maka perempuan lemah

5.    Cermati artikel beriku! Artikel 2345 Kemurnian adalah satu kebajikan susila. Ia juga merupakan anugerah Allah, satu rahmat, satu buah roh Roh Kudus yang menganugerahkan kekuatan untuk mengikuti kemurnian Kristus kepada mereka  yang dilahirkan kembali dalam air Pembaptisan. Salah satu wujud untuk mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki berdasarkan artikel tersebut adalah  dengan cara .....
A.    menjaga kesucian dan kehormatan  diri sebagai perempuan atau laki-laki
B.    membiasakan diri mengkonsumsi minuman yang kadar alkohol tinggi
C.    menggunakan obat terlarang untuk menjaga kekebalan anggota tubuh
D.    mempertontonkan anggota tubuh untuk mendapatkan bayaran mahal

6.    Tentang kesucian diri St. Paulus dalam suratnya  kepada umat di Korintus menegaskan bahwa tubuh kita merupakan Bait Roh Kudus ( 1 Kor 6:13b-20 ), yakni tempat roh Allah hadir dan berkarya dalam diri manusia . Makna dari ayat firman Tuhan tersebut adalah....
A.    Tubuh yang kita miliki dapat digunakan untuk menjerumuskan kita dalam dosa
B.    Tubuh yang kita miliki menghasilkan buah-buah kebajikan dan susila yang baik
C.    Tubuh yang kita miliki merupakan milik pribadi maka bebas melakukan apapun
D.    Tubuh yang kita miliki merupakan anugerah untuk dapat memuaskan hasrat

7.    Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Berkata kasar kepada lawan jenis
2.    Melakukan tindakan kekerasan
3.    Melecehkan kamu perempuan
4.    Mau bergaul dengan siapapun
5.    Menjaga kesopanan dan kesusilaan
6.    Tidak menghina lawan jenis
Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan salah satu tindakan menghormati martabat manusia terdapat pada nomor....
A.    1, 2 dan 3
B.    2 ,3 dan 4
C.    3, 4 dan 5
D.    4, 5 dan 6

8.Laki-laki dan perempuan pada dasarnya merupakan anugerah  Allah yang indah dan patut disyukuri. Maka perlu dihormati, dijalankan dan dikembangkan secara benar dan bertanggungjawab. Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki, mampu memancarkan  citra kekuatan dan kasih Allah yang lemah lembut.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Terlibat dalam pergaulan bebas untuk kesenangan diri
2.    Memamerkan diri dan menjual tubuh secara murahan
3.    Mengembangkan diri menjadi pribadi yang lemah lembut
4.    Menjaga kemurnian dan kesucian diri baik fisik maupun jasmani
5.    Selalu berusaha mengembangkan diri dengan terus belajar dan berlatih.

Berdasarkan pernyataan tersebut hal-hal yang dapat dilakukan agar dapat mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki secara benar terdapat pada nomor....
A.    1, 2 dan 3
B.    2, 3 dan 4
C.    2, 4 dan 5
D.    3, 4 dan 5

9.Yesus hidup dalam masyarakat Yahudi tatkala kaum perempuan menjadi warga masyarakat kelas dua dalam tatanan masyarakat. Pada masa itu kaum perempuan Yahudi banyak mendapatkan perlakuan tidak adil. Peraturan-peraturan yang diberlakukan dalam pertemuan jemaat menunjukkan betapa kaum perempuan terpinggirkan dan kurang diberi tempat.
Berikut merupakan contoh tindakan perlakuan tidak adil terhadap kaum perempuan dalam masyarakat Yahudi adalah ....
A.    Perempuan yang kedapatan berbuat zinah dihakimi secara sepihak
B.    Yesus memuji seorang Perempuan Kanaan yang sangat  percaya
C.    Yesus menempatkan seorang janda miskin memberi sumbangan dengan jujur
D.    Perempuan Yerusalem yang  senantiasa memohon belas kasihan kepada Yesus

10.  Perhatikan pernyataan berikut:
 ( 1)  memberi perhatian dengan mengunjungi penghuni penjara
  (2)  membiarkan orang miskin hidup dalam penderitaan
  (3)  melawat dan mendoakan yang menderita sakit penyakit di rumah sakit
  (4)  berbelas kasih terhadap yang orang yang menderita dan tak berdaya
Berdasarkan pernyataan di atas, contoh-contoh perbuatan kasih yang dapat ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. 1 dan 2                                
B. 2 dan 3  
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

11.    Perhatikan kutiban  Kitab Suci  Yohanes 8:2-11“
Dan ketika mereka terus menerus  bertanya kepadaNya, Ia-pun  bangkit berdiri dan  berkata kepada mereka, “Barang siapa diantara kamu tidak berdosa hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.Setelah mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang dan tinggalah Yesus bersama  perempuan itu , lalu Yesus berkata kepada perempuan itu, adakah seorang yang menghukum engkau?’, jawabnya tidak tuan, lalu Yesus berkata". "Akupun tidak menghukum engkau, Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi.

Berdasarkan kutiban tersebut berkaitan dengan perjuangan Yesus dalam menegakan kesederajatan perempuan dan laki-laki maka makna dan tujuan Yesus adalah.....
A.    Yesus ingin memperlakukan perempuan yang dianggap berzinah secara manusiawi
B.    Yesus ingin agar kaum laki-laki memberikan hukuman yang pantas bagi perempuan ini
C.    Yesus ingin memperlihatkan bahwa kaum  laki-laki lebih terhormat dari pada perempuan
D.    Yesus ingin memperlihkan bahwa kaum laki-laki bebas melakukan apa saja bagi perempuan

12. perhatikan lirik lagu berikut ini:
Keluarga Cemara
Harta yang paling berharga adalah keluarga, istana yang paling indah adalah keluarga, Puisi yang paling bermakna adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga.

Berkaitan dengan keluarga, makna yang dapat kita petik dari lirik lagu tersebut adalah ....
A.    Dalam keluarga setiap anggota sibuk dengan kepentinganya sendiri
B.    Keluarga tempat pertama mengalami kehangatan kasih sayang
C.    Keluarga hanya merupakan tempat kita menumpang hidup
D.    Dalam keluarga kita mendapat banyak peraturan yang mengekang

13.Perhatikan pernyataan berikut!
(1). Jarangnya komunikasi
(2). Rekreasi keluarga
(3). Kesibukan pekerjaan
(4). Kurang adanya kepedulian
(5). Saling berbincang bersama

Berdasarkan pernyataan tersebut, masalah yang menyebabkan bergesernya nilai kebersamaan dalam keluarga adalah ....
1,2 & 3      
B.1,3 & 4        
C. 2,3 & 4      
D. 3.4 & 5

14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) menyediakan kebutuhan material  dan spiritual  anak-anak
(2) pewarta iman pertama dan utama bagi anak-anaknya
(3) mengorbankan anak-anak demi kesenangan pribadinya
(4) mengasihi dan menghormati setiap anak dalam keluarga

Dari pernyataan di atas, yang merupakan kewajiban orang tua yang harus diberikan kepada anak-anak terdapat pada nomor ....
A. 1 dan 3                         
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

15. Perhatikan kutiban berikut:
Allah berfirman, Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.(Kel 20:12)
Berdasarkan kutiban tersebut, yang menjadi alasan orang harus selalu menghormati orangtua adalah ….
A.    Orangtua sebagai wakil Allah yang telah melahirkan dan mendidik anak-anaknya
B.    Orangtua yang selalu sibuk dalam bekerja sehingga melupakan anak-anaknya
C.    Orangtua selalu mengorbankan anak-anaknya untuk kepentingan pribadinya
D.     Orangtua yang  sering membuat berbagai peraturan dalam mengatur anak-anaknya

16. Perhatikan pernyataan berikut:
1.     Menggali sebanyak mungkin potensi alam karena menghasilkan kekayaan yang berlimpah
2.    Mengembangkan isi dunia karena tuntutan modernitas dengan membangun pusat bisnis
3.    Mengganti lahan persawahan dan hutan lindung untuk membangun mall dan jalan layang
4.     Merawat, memelihara, mengolah dan mengembangkan alam secara bijaksana

Dari pernyataan di atas, yang merupakan tugas pokok manusia sebagai rekan kerja Allah terhadap alam ciptaanNya adalah ....
A. 1                                      
B. 2
C. 3
D. 4

17. Sebagai citra Allah, kita diharapkan menjadi cerminan sifat-sifat Allah yang Maha baik, Maha Penyayang, Maha Setia dan sebagainya.Cerminan sifat-sifat Allah itu dapat kita lakukan melalui sikap dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan cara….
A.    Bekerjasama dengan teman saat mengikuti ulangan
B.    Mengajak teman-teman  untuk bolos sekolah
C.    Mengejek teman dan mengajaknya  berkelahi di kelas
D.    Berteman dengan siapapun tanpa membeda-bedakan


18.Perhatikan daftar berbagai kegiatan dalam masyarakat berikut ini:
1. anggota karang taruna
2. marrriage ecounter
3. kelompok gang motor
4. anggota paduan suara

Dari daftar tersebut, kegiatan  yang dapat membantu remaja mengembangkan bakat dan membentuk kepribadian yang baik terdapat pada nomor ....
A. 1 dan 2                                                       
B. 1 dan 3    
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4

19.  Cermati puisi berikut!
Guru Bak Pelita
Kamu jadi pintar, menulis dan membaca
Karna siapa
Kamu jadi tahu, berbagai macam ilmu
Karna siapa

Reff. Guru bak pelita, penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara
Kamu jadi pintar menulis dan membaca
dibimbing pak guru
Kamu jadi tahu berbagai macam ilmu
Dibimbing bu guru

Berdasarkan isi dari puisi tersebut, peran utama seorang guru di sekolah adalah ....
A.    Membebani siswa dengan berbagai peraturan
B.    Menghukum siswa yang terlambat sekolah
C.    Membantu mencerdaskan para siswa
D.    Memberi tugas sebanyak mungkin

20. Perhatikan artikel berikut!

Sikap terhadap mata pelajaran
Dari sejumlah mata pelajaran, Richard paling menyukai olahraga, dan paling membenci matematika. Demi kegiatan olahraga, ia dapat mengorbankan apa saja, tetapi setiap pelajaran matematika ia langsung merasa stres, bahkan ia kerap kali membolos.

Berdasarkan artikel tersebut pendapatmu tentang sikap Richard adalah....
A.    Ricard tidak perlu mengikuti pelajaran matematika
B.    Ricard lebih baik meningkatkan kegemaran olaraga saja
C.    Ricard harus  terus berusaha untuk mempelajari matematika
D.    Ricard tidak perlu setres karena pelajaran matematika tidak penting

21. .Bacalah teks berikut ini:
Diberbagai surat kabar dan berita Tv sering kita membaca, mendengar dan melihat berita tentang bencana alam berupa banjir dan tanah longsor, karena sifat manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan .
Perhatikan gambar berikut!


Sikap yang perlu dikembangkan agar Peristiwa tersebut tidak terjadi adalah ....
A.    Manusia harus  selalu memelihara alam  raya dengan  baik
B.    Manusia memanfaatkan seluruh hasil alam dengan secara bebas
C.    Manusia mampu memanfaatkan alam yang banyak  untuk kekayaan
D.    Manusia bangga dapat mengguasai alam dengan  sangat mudah

22. Perhatikan syair lagu berikut!
Guru Bak Pelita

Kamu jadi pintar, menulis dan membaca,  Karna siapa?
Kamu jadi tahu, berbagai macam ilmu Karna siapa?

Reff. Guru bak pelita, penerang dalam gulita Jasamu tiada tara
Kamu jadi pintar menulis dan membaca dibimbing pak guru
Kamu jadi tahu berbagai macam ilmu dibimbing bu guru

Berdasarkan isi syair lagu tersebut, peran seorang guru di sekolah bagi perkembanganmu yaitu ....
A.    Memberikan banyak beban tugas yang memberatkan
B.    Mengajarkan berbagai macam ilmu bagi siswanya
C.    Membimbing para murid yang rajin dan pintar saja
D.    Menghukum para siswa yang malas mengerjakan PR

23.    Seorang guru bahasa Indonesia marah besar kepada Renata, karena pada saat ia sedang menjelaskankan Renata tidak memperhatikan, malahan ia main lempar-lemparan kertas kepada temannya. Walaupun sudah diperingatkan satu kali, Renata tetap saja melakukan perbuatannya itu. Guru tersebut akhirnya menyuruh Renata keluar dari ruang kelas, dan meminta supaya menghadap pada jam istirahat. pendapatmu tentang tindakan Guru terhadap Renata yaitu ...
A.    Guru sudah tepat dalam memberi hukuman kepada Renata agar bisa berubah
B.    Guru sebaiknya membiarkan saja Renata berulah karena itu kesalahan sendiri
C.    Guru harus bertindak kasar karena tidak memperdulikan kepentingan Renata
D.    Guru sebaiknya harus lebih sabar karena merupakan kebebasan seorang siswa

24.    Suhadi sering tidak melaksanakan piket kelas. Kepada teman-temannya ia selalu mengatakan: untuk apa saya piket? membersihkan kelas itu tugas karyawan sekolah, bukan tugas siswa, lagi pula kita ‘kan sudah membayar mahal! Di rumah pun saya tidak pernah bersih-bersih, karena itu pekerjaan orang tua atau pembantu rumah tangga! Bagaimana pendapatmu tentang sikap Suhadi?
A.    Mendukung  perilaku Suhadi karena merasa masalah itu sangat benar
B.    Menolak  sikap Suhardi karena melanggar  norma dan peraturan  sekolah
C.    Memberi pujian kepada Suhardi atas keberanian memperjuangkan kebenaran
D.    Membantu Suhardi mempengaruhi teman yang lain agar tidak melakukan piket

25.      Stefanus anak yang pandai, nilai-nilai ulangannya selalu baik. Sayang, ia kurang disenangi oleh teman-temannya, ia lebih banyak menyendiri dan tidak mau bergaul dengan teman lain, apalagi yang kemampuannya lebih rendah dari dia. Bila ada temanmu seperti itu, bagaimana pendapat mu?
A.    Stefanus tidak perlu menghiraukan teman yang lain karena merasa paling pintar
B.    Stefanus harus merubah sikap dan membuka diri bergaul dengan semua teman
C.    Stefanus harus terus menjauhi  diri dari pergaulannya  dengan teman-teman  
D.    Stefanus harus mempertahankan sikapnya agar tidak terpengaruh teman yang lemah.

26.    Perhatikan kutiban lagu berikut” Himne Guru”
Terpujilah wahai engkau Ibu-Bapak guru Namamu akan selalu hidup, dalam sanubariku Semua bhaktimu akan ku ukir  di dalam hatiku S’bagai prasasti, terima kasihku ‘tuk pengabdianmu  Engkau sebagai pelita dalam kegelapan  Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan  Engkau patriot pahlawan pembangun insan cendikian.

Menurut pendapatmu siapakah gurumu....
A.    Pejuang pendidikan yang hanya menyalurkan hobi
B.    Pendidik yang hanya  melaksanakan tugas dan tanggungjawab
C.    Seorang pahlawan tanpa tanda jasa yang patut dihormati
D.    Seorang pendidik yang mengukir prestasi untuk kehormatannya
 

27.    Perhatikan gambar!
 

Pembaca sabda di gereja Katolik, adalah salah satu petugas liturgi penting dalam perayaan Ekaristi. Berdiri di depan mimbar,  dan membacakan sabda-sabda dari Kitab Suci bagi seluruh umat di sebut....
A.    Misdinar
B.    Komenator
C.    Lektor
D.    Tatib

28.    Perhatikan gambar berikut!  
 

mereka yang membantu Imam saat mengadakan Perayaan Ekaristi. Tugasnya  antara lain membantu Imam, mengantar persembahan, menuangkan air putih dan anggur serta membawa air cuci tangan Imam, dan menjadi panutan umat. ... Tentu saja organisasi ini tidak kalah maju dan juga berperan penting bagi anak dalam pengembangan iman Katolik.
Tugas pelayanan dalam gereja katolik ini disebut....
A.    Pemazmur
B.    Lektris
C.    Komentator
D.    Misdinar

29.    Sesungguhnya sejak seseorang dibaptis, ia menjadi anggota komunitas Gereja yang dipanggil untuk ikut bertanggung jawab dan terlibat aktif dalam kegiatan Gereja. Sebab iman di satu pihak berdimensi pribadi, tetapi juga berdimensi komunal. Iman pertama-tama relasi pribadi seseorang dengan Tuhan yang perlu ditampakkan dalam kebersamaan.  
Perhatikan pernyataan berikut!
1.    Dapat mengenal banyak umat
2.    Waktu banyak yang terbuang
3.    Bisa belajar melayani sesama
4.    Menjadi malas membaca firman
5.    Belajar untuk lebih peduli sesama

Manfat yang dapat diperoleh dalam keterlibatan dan kebersamaan dalam kegiatan Gereja terdapat pada nomor....
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 3 dan 5
C.    2, 3 dan 4
D.    3,4 dan  5

30.    Orang beriman dapat memberi banyak hal demi kemajuan Gereja, dan sebaliknya Gereja menyediakan berbagai macam pelayanan agar kehidupan orang beriman semakin berkembang menuju kesempurnaannya, baik melalui keteladanan tokoh-tokohnya maupun melalui kegiatan-kegiatannya.
Perhatikan pernyatan berikut!
1.    kegiatan karangtaruna
2.    menjaga keamanan lingkungan
3.    menjadi putera /puteri altar
4.    mengikuti pertemuan lingkungan
5.    membantu ketua lingkugan/basis.

Berdasarkan pernyataan tersebut yang termasuk kegiatan pelayanan Gereja terdapat pada nomor....
A.    1, 2 dan 3
B.    1, 3 dan 5
C.    2, 3 dan 4
D.    3, 4 dan 5

31.Dalam Gereja Katolik, otoritas utamanya dalam sebuah gereja  terdiri dari para uskup, sementara para imam dan deakon bertugas sebagai para asisten mereka, rekan kerja atau pemberi bantuan.  Perhatikan pernyataan berikut!
1, Bruder
2. Paus
3.Suster
4. Uskup
5. Imam

Yang merupakan Hierarki dalam Gereja Katolik adalah ....
A.    1, 2 dan 3
B.    2, 3 dan 4
C.    2, 4 dan 5
D.    3, 4 dan 5

32.  Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Efefsus 6:1 diungkapkan bahwa,:Hai anak-anak, taatilah orangtuamu di dalam Tuhan karena haruslah demikian,Berkaitan dengan  dengan kutiban Kitab Suci tersebut, contoh tindakan yang menujukkan ketaatan pada orangtua adalah ....
A. menjaga nama baik orangtua dengan bertutur kata yang santun
B. rajin membantu pekerjaan rumah untuk mendapatkan hadiah
C. mengikuti ajakan teman-teman  untuk mengembangkan talenta
D. selalu rajin belajar disaat akan menjelang ulangan akhir semester

33. Simaklah pesan kutiban “Perumpamaan tentang talenta”
“16Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. 17Hamba yang menerima dua talenta itu pun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. 18Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang itu di dalamnya.”

Berdasarkan kutiban di atas, Sebagai pelajar kita dapat mencontoh tindakan hamba yang mengembangkan talenta dengan cara ...
A.    melatih terus menerus tanpa takut gagal
B.    malu bertanya kepada orang lebih pintar
C.    mudah putus asa bila mengalami kegagalan
D.    bersikap pasrah pada keadaan yang dimiliki

34. Manusia mempunyai martabat yang sangat luhur .keluhuran manusia tampak dalam hal daya cipta. Contoh Daya cipta  yang dapat merusak dan menghancurkan kesejahteraan manusia adalah


35. Guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa, karena para guru mau mengajar, bahkan sampai ke pedalaman tanpa mengutamakan uang, melainkan demi memajukan pendidikan bangsa dan mencerdaskan anak-anak . Contoh perilaku menghormati  dan menghargai guru dapat diwujudkan dengan cara berbuat baik kepada guru antara lain….
A. mendoakan dan mentaati nasihat-nasihatnya
B. berseragam tidak sesuai dengan aturan sekolah
C. selalu menceritakan keburukan guru kepada orangtua
D. sering terlambat masuk sekolah dan mendapat hukuman

36. Berfirmanlah Allah, baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita, supaya mereka dapat berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang  melata yang meraya di bumi.
Berdasarkan kutiban tersebut, Allah menghendak i supaya  manusia berkuasa atas segala ciptaaNya,
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) membuang sampah pada tempat yang telah disediakan
(2) menebang pohon tanpa memikirkan keseimbangan alam
(3) merawat dan mengembangkan semua ciptaan Allah
(4) mengambil  semua isi alam dengan bebas tanpa aturan

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan wujud  nyata ikut memelihara alam terdapat pada nomor....
A. 1 dan 2                     
B. 1 dan 3  
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

37. Perhatikan pernyataan berikut!
1) tidak dapat melihat dan lumpuh
(2) berpikir lamban dan tidak bisa menganalisa
(3) susah menghafal dan tidak konsentasi
(4) melarat dan tidak bisa bersekolahSetiap manusia dianugerahkan oleh Allah memiliki kemampuan dan keterbatasan.

Yang termasuk keterbatasan intelektual sesuai pernyataan diatas adalah ....
A. 1 dan 2     
B. 1 dan 3         
C. 2 dan 3         
D. 3 dan 4

38. Suara dalam hati manusia yang memerintahkan dirinya untuk berbuat baik dan melarangnya berbuat jahat disebut...
A.    hati nurani
B.    suara sanubari    
C.    suara kasih
D.    suara damai

39. Perhatikan pernyataan berikut!
( 1) memberi perhatian dengan mengunjungi penghuni penjara
(2) membiarkan orang miskin hidup dalam penderitaan
(3) melawat dan mendoakan yang menderita sakit penyakit di rumah sakit
(4)  berbelas kasih terhadap yang orang yang menderita dan tak berdaya
Berdasarkan pernyataan di atas, contoh-contoh perbuatan kasih yang dapat ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. 1 dan 2                                
B. 2 dan 3  
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

40. Tindakan mewujutkan rasa kebersamaan sebagai suatu persekutuan ditunjukkan pada gambar ....


I1. Essay

Perhatikan dan bacalah teks berikut!
Belajar Melayani melalui Legio Mariae
Nama saya Agnes. Saya sekarang duduk di kelas IX di salah satu SMP Negeri di kota saya. Selain kegiatan sekolah, sejak kecil saya senang mengikuti sekolah minggu. Tetapi sejak saya SMP mulai aktif menjadi anggota presidium Legio Mariae yunior yang ada di stasi saya, sampai akhirnya, sudah satu tahun ini, saya dipilih menjadi Ketua presidium. Anggota presidium saya berjumlah 17 orang, terdiri atas 11 teman perempuan dan 6 teman laki-laki. Kami rapat setiap hari Minggu setelah misa selesai. Presidium kami mempunyai pembimbing rohani, seorang Bapak yang lemah lembut dan menyenangkan. Beliau selalu hadir dalam rapat kami.
Teman-teman mungkin sudah tahu kegiatan Legio Mariae ‘kan? Legio Mariae adalah Pasukan atau Tentara Maria. Kami yang tergabung dalam Legio Mariae adalah Pasukan atau tentaranya Maria yang selalu siap sedia bertempur. Tetapi pertempuran kami adalah untuk memerangi kuasa jahat dan menaklukkan jiwa-jiwa setiap manusia agar bertekuk lutut  hidup di bawah kuasa Tuhan Yesus. Sebagai tentara kami harus selalu siaga, membekali dan mempersenjati diri. Bekal dan senjata kami bukan makanan-minuman atau senjata api, melainkan bekal dan senjata rohani. Itulah sebabnya dalam setiap rapat mingguan kami berdoa rosario, dan mendengarkan nasehat rohani dari pembimbing rohani, lalu dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan tugas minggu lalu dan pembagian tugas yang harus dilaksanakan berikutnya, dan ditutup kembali dengan doa. Karena kami ini masih junior, tugas-tugas yang kami lakukan disesuaikan dengan kemampuan kami, antara lain: membaca dan merenungkan Kitab Suci atau bacaan rohani, mengikuti pertemuan lingkungan/kelompok basis, menjadi lektor, menjadi putera atau puteri altar, mengunjungi teman yang sakit, membereskan buku-buku misa, membantu membersihkan gereja, membantu ketua lingkungan menyebarkan undangan. Ternyata menjadi anggota Legio Mariae menyenangkan. Saya dapat mengenal banyak Umat, saya belajar melayani sesama, saya belajar berdisiplin, saya belajar peduli, dan saya menjadi rajin berdoa maupun membaca Kitab Suci.

Jawablah pertanyaan berikut!
41. Ungkapkanlah hal yang berkesan bagimu dari cerita di atas?

42. Buatlah  daftar  apa saja kegiatan Gerejani yang dapat diikuti remaja SMP selain dalam cerita tersebut?  

43. Jelaskan  manfaat apa saja yang kamu peroleh dalam kegiatan Gereja tersebut?

44. Mengapa sebagai warga Gereja kita juga perlu mengikuti berbagai kegiatan Gerejani?

45. Salah satu kegiatan Gereja yang dapat dikuti oleh remaja SMP  yaitu menjadi lektor atau lektris.  Jelaskan dengan singkat,  apa  yang dimaksud dengan lektor atau lektris dan apa saja  tugas seorang lektor atau lektris Gereja?


II. ESSAY
1.    Hal-hal yang berkesan yaitu:
-    Dapat ambil bagian untuk terlibat dalam kegiatan
-    Mengembangkan ketrampilan kepemimpinan
-    Berperan serta dalam pelayanan
-    Merasa memilki dan adanya dukungan kebersamaan
-    Memperoleh banyak pengalaman dan pendidikan
-    Merasa penuh sukacita dan kebahagiaan

2.    Daftar kegiatan Gereja yang dapat dikuti Remaja SMP
NO       KEGIATAN GEREJA
1.        Orang Muda Katolik
2.        Ziarek
3.        Misdinar
4.        Lektor/Lektris
5.        Pemazmur
6.        Paduan suara/koor
7.        Komentator
8.        Tatalaksana
9.        Bulan  Kitab Suci

BACA JUGA LINK SOAL SEMESTER GANJI SMPhttp://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-semester-ganjil-smp-semua-pelajaran.html

Comments

Popular posts from this blog

4. LINK SEMESTER GENAP SMP SEMUA PELAJARAN

   LINK SEMESTER GENAP SELURUH MATA PELAJARAN SMP   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script> BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA  ISLAM KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-7-smp.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-8-smp_11.html KELAS 9   KRISTEN KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/blog-post_11.html KELAS 8   https://gammaomega1990.blogspot.

2. LINK SEMESTER GANJIL SMP SEMUA PELAJARAN

  <script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP   BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA ISLAM   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-7.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-8.html KELAS 9   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-9.html   1. AGAMA KRISTEN   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-kristen-kl

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha