Skip to main content

PAS GANJIL IPS KLS 7


PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SMP
TAHUN PELAJARAN
 

TOKEN : IPS7
 <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script>

LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran        :     Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester     :     VII (tujuh) / I
Hari / Tanggal         :    
Waktu                      :     09.30- 11.00

I.    SOAL PILIHAN GANDA

1.    Perhatikan gambar berikut!
 

Gerakan angin pada peta tersebut disebabkan karena….
A.    Tekanan udara di benua Asia tinggi
B.    Tekanan udara di benua Australia tinggi.
C.    Benua Australia memiliki suhu yang tinggi
D.    Posisi matahari berada di belahan bumi selatan

2.    Bapak Anto menempuh perjalanan dari kota Medan pkl 05.00, menuju kota Denpasar dengan lama penerbangan 5 jam, maka waktu setempat menunjukan pukul. ….
a.    9 .00       
b.    10.00   
c.     11.00.   
d.     12.00

3.    Baca daftar kota-kota di Indonesia!
1.    Bandar Lampung
2.    Balikpapan   
3.    Surabaya
4.     Manado
5.     Ambon
Dari daftar tersebut kota yang terletak di wilayah waktu Indonesia bagian barat. . .
a.    1 dan 2   
b.    1 dan 3   
c.    2 dan 4
d.     3 dan 5

4.    Perhatikan gambar berikut!


Pada gambar tersebut angin muson timur laut
menyebabkan Indonesia berlangsung musim ...
a.    kemarau
b.    pancaroba.
c.    hujan
d.    panas

5.    Perhatikan daftar fauna di Indonesia !
1.     Gajah   
2.     Cendrawasih   
3.     Badak
4.     Kanguru
5.    Komodo
Dari daftar tersebut, fauna Indonesia bagian barat. . .
a.    1 dan 3   
b.    2 dan 3   
c.     2 dan 4
d.     1 dan 5

6.    Perhatikan gambar-gambar berikut!  
Contoh- contoh interaksi sosial tersebut merupakan bentuk interaksi sosial….
A.    Kerjasama
B.    Akomodasi
C.    Kompetisi
D.    Kontraversi

7.    Perhatikan daftar faktor pertumbuhan penduduk !

1.    Kelahiran       
2.    Imigrasi
3.     Kematian
4.     Emigrasi
5.  Urbanisasai

Dari daftar tersebut, faktor yang mempengaruhi pertum¬buhan penduduk alami. . .
a.    1 dan 3       
b.    2 dan 3   
c.     3 dan 4
d.     4 dan 5

8.    Perhatikan faktor pertumbuhan penduduk !

1.    Pernikahan usia dini
2.    Keluarga Berencana
3.    Tingkat pendidikan rendah
4.    Banyak wanita karir
5.    Undang-undang pernikahan

Dari daftar tersebut, faktor yang mendorong kelahiran . . .
a.    1 dan 3       
b.    2 dan 3   
c.    2 dan 4
d.     4 dan 5

9.    Perhatikan daftar data penduduk suatu negara!

1.    Angka kelahiran tinggi
2.    Angka ketergantungan rendah
3.    Angka kematian tinggi
4.    Angka kelahiran rendah
5.    Angka kematian rendah

Dari daftar tersebut, piramida penduduk ekspansif dipengaruhi oleh faktor …
a.    1 dan 3   
b.     2 dan 4   
c.    3 dan 4
d.    1 dan 5.

10.     Indonesia berada di jalur gempa teraktif dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik dan berada di atas tiga tumbukan lempeng. Kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah rawan bencana gempa, letusan gunung berapi dan tsunami tetapi di sisi lain juga merupakan potensi sumber daya alam yang menguntungkan. Potensi alam dengan bentuk muka bumi yang beraneka ragam merupakan…bagi pembangunan nasional.
A. modal dasar
B. modal alami.
C. modal turunan
D. modal tambahan

11.    Perhatikan daftar penyebab kerusakan lingkungan!

1.     Banjir
2.    Gunung meletus
3.    Kemarau panjang
4.    Pencemaran air
5.    Gempa bumi

Dari data tersebut, faktor alam sebagai penyebab kerusakan lingkungan hidup adalah….
a.    1 dan 3       
b.    2 dan 4   
c.     3 dan 4
d.    2 dan5.

12.    Perhatikan daftar usaha mengatasi kerusakan lingkungan!

1.    Reboisasi       
2.    Terassering       
3.    Tebang pilih
4.    Pembuatan bendungan
5.     Tanaman pelindung

Dari data tersebut, untuk mengatasi pengolahan tanah pada lahan miring ditempuh dengan . .
a.    1 dan 2       
b.    2 dan 4
c.     1 dan 3
d.     2 dan 5

13. Perhatikan data dampak urbanisasi!

1.     Murah tenaga kerja
2.     Pemukiman kumuh
3.    Tersedia lapangan kerja
4.    Banyak tindakan kriminal
5.    Tersedianya tenaga kerja kasar

Dari daftar tersebut, dampak negatif urbanisasi di kota adal;ah….
a.    1 dan 3   
b.    2 dan 4
c.    1 dan 5
d.    4 dan 5

14.    Seorang ibu biasanya pergi  belanja ke pasar 
A. kemudian ada pembangunan pasar B yang jaraknya lebih dekat sehingga si ibu tadi beralih ke pasar B.  
Contoh kasus tersebut dikenal sebagai….
a.    Dapat dipindahkan ( transferiability )
b.    Keterhubungan  ( connectivity )
c.    Kesempatan antara (intervening opportunity ).
d.    Saling melengkapi ( complementary)

15.    Si ibu tinggal di Kresek ingin membeli baju seragam di pasar Obor, tetapi di Kalisari ada Toko Agung yang menyediakan seragam lengkap. Setelah berpikir ongkos dan lain- lain , akhirnya diputuskan untuk membeli seragam di Toko Agung.
Contoh kasus tersebut  dikenal sebagai….
a.    Dapat dipindahkan ( transferiability )
b.    Keterhubungan ( connectivity )
c.    Kesempatan antara ( intervening opportunity ).
d.    Saling melengkapi ( complementary)


16.    Perhatikan gambar!

Pada gambar tersebut, merupakan bentuk hubungan sosial adalah….
a.    Persaingan           
b.    Kerjasama
c.  asimilasi
d.  kompetisi
 
17.    Perhatikan daftar berikut!

1.    Tingkat pendidikan
2.    Kemajuan
3.    Ada hubungan komunikasi
4.    Terjadi kontak sosial
5.    Lapangan pekerjaan

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan syarat terjadinya hubungan sosial adalah….
a.    1 dan 2           
b.    2 dan 3
c.  3 dan 4.
d.  4 dan 5

18.    Mengapa penduduk wilayah pegunungan membutuhkan penduduk wilayan pantai?
a.    Karena penduduk wilayah pegunungan lebih kaya dari pada daerah pantai
b.    Karena penduduk wilayah pegunungan membutuhkan ikan laut sebgai protein hewani dalam hidupnya.
c.    Karena penduduk wilayah pegunungan membutuhkan sayur- sayuran dan buah- buahan untuk memenuhi kebutuhannya
d.    Karena penduduk wilayah pegunungan lebih makmur hidupnya daripada penduduk pantai

19.    Perhatikan pernyataan berikut!
-    Tempat yang berada di muka bumi
-    Mencakup sebgaian atau seluruh muka bumi
-    Tempat tinggal makluk hidup

Pernyataan tersezbut menunjukkan pengertian dari….
a.    Waktu
b.    Planet
c.    Ruang.
d.    Ekosistem
 
20.    Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut menunjukkan interaksi sosial yang….
a.    Saling menggantikan
b.    Saling melengkapi.
c.    Kesempatan antara
d.    Keadaan yang bisa dipindahkan

21.    Perhatikan gambar berikut!
 

Mengapa wilayah A lebih cenderung memilih  berdagang dengan wilayah C padahal sebelumnya berdagang dengan wilayah B?
a.    Karena wilayah C lebih makmur daripada wilayah B
b.    Karena wilayah C lebih kaya daripada wilayah B
c.    Karena wilayah C lebih banyak penduduknya daripada wilayah B
d.    Karena wilayah C lebih dekat daripada wilayah B.

22.    Apakah yang bisa dilakukan pemerintah  supaya bisa memudahkan transfer barang kebutuhan pokok dari wilayah satu ke wilayah lainnya?
a.    Membangun sekolah dan universitas  yang berstandar Internasional
b.    Membangun jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara di seluruh wilayah Indonesia.
c.    Membangun Rumah Sakit dan puskesmas sampai daerah yang terpencil
d.    Membangun industri dan pertanian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia

23.    Perhatikan gambar berikut!


Tanda panah tersebut menunjukkan bagian peta, yaitu….
a.    Judul peta.
b.    Skala peta
c.    Simbol peta
d.    Orientas i Utara

24.    Di sebelah utara Indonesia berbatasan negara dengan bendera sebagai berikut….



25.    Perhatikan data berikut ini!
-    Terdapat dua musim selama setahun
-    Penguapan air laut yang tinggi
-    Suhu rata- rata 27° C
-    Matahari bersinar sepanjang tahun

Data tersebut menunjukkan ciri- ciri iklim….
a.    Sub tropis
b.    Tropis.
c.    Sedang
d.    Kutub

26.    Uraian tentang flora di Indonesia
-    Banyak hutan kayu putih
-    Ada beberapa jenis tanaman matoa
-    Banyak tanaman sagu

Uraian tersebut menunjukkan flora dari….
a.    Indonesia kawasan timur.
b.    Indonesia kawasan barat
c.    Indonesia bagian tengah
d.    Indonesia kawasan asiatis

27.    Perhatikan peta Indonesia berikut!

Garis yang ditunjukkan pada huruf A dinamakan garis….
a.    Weber
b.    Ekuator
c.    Wallace.
d.    Astronomi

28.    Yang termasuk fauna Indonesia tipe peralihan adalah….


29.    Perhatikan gambar berikut!

Seorang anak menirukan ibunya memasak, hal ini menunjukkan faktor interaksi sosial….
a.    Identifikasi
b.    Sugesti
c.    Imitasi
d.    Simpati

30.    Perhatikan data berikut!
 

Berdasarkan data tersebut, pulau yang memiliki kepadatan penduduk terbesar ketiga adalah….
A.    Kalimantan           
B.    Sulawesi
C.  Sumatera
D.  Papua

31.    Perhatikan contoh kegiatan berikut!

(1)    Pak Amir membuka toko pakaian khusus anak dan remaja
(2)    Bu Dian menjual makanan dan minuman khas Sulawesi Selatan
(3)    Siswa SMPN I Semarang memanfaatkan eceng Gondok sebagai energy alternative.
(4)    Karang Taruna mengumpulkan barang bekas layak pakai

Berdasarkan daftar tersebut, tindakan yang merupakan gagasan kreatif adalah nomor….
A.    (1)           
B.    (2)
C.  (3)
D.  (4)

32.    Jawa Barat memiliki beberapa keunggulan keindahan alam diantaranya gunung, sungai, air terjun dan setu (danau kecil). Kondisi geografis yang demikian mempengaruhi terhadap kegiatan manusia. Banyak penduduk yang beraktivitas dalam kegiatan kuliner khas Jawa Barat terutama di area yang menjadi objek wisata. Hal ini didasarkan pada pemahaman bahwa kuliner adalah….
A.    Bisnis yang menjanjikan
B.    Salah satu potensi daerah.
C.    Sangat penting dalam dunia wisata
D.    Jenis makanan khas daerah

33.    Perhatikan daftar berikut!
(1)    Memperluas lapangan kerja
(2)    Melakukan rotasi atau redistribusi tenaga kerja
(3)    Mempermudah proses penerimaan tenaga kerja
(4)    Melakukan program transmigrasi
(5)    Meningkatkan pengetahuan dan keahlian tenaga kerja
(6)    Mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri

Kebijakan /tindakan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja ditunjukkan nomor….
A.    (1 ), (2 ), dan (3 )           
B.    (1 ), (3 ), dan (5 )
C.  (2 ), (4 ), dan (6 )
D.  (4 ), (5 ), dan (6 )

34.    Perhatikan gambar berikut ini!

Gambar tersebut menunjukkan rumah adat….
a.    Gapura Candi Bentar dari Bali
b.    Krong Bade dari Nangroe Aceh.
c.    Istana Buton dari Sulawesi Utara
d.    Susalaki dari Nusa Tenggara Timur

35.    Daftar bentuk muka bumi
1.    Lipatan                      
2.    Dataran Delta                 
3.    Tombolo
4.  Lembah
5.  Patahan

Dari daftar tersebut, bentuk muka bumi hasil sedimentasi dengan nomor….
a.    1 dan 2             
b.    2 dan 3
c.  3 dan 4
d.  4 dan 5

36.    Perhatikan tabel berikut!

Batuan sedimen ditunjuk pada romawi….
a.    I.             
b.    II
C.  III
D.  IV

37.    Perhatikan daftar berikut!
1.    Konflik                   
2.    Kontraversi              
3.    Kompetisi
4.  Asimilasi   
5.  Kerja sama
6.  Akomodasi
Dari daftar tersebut, bentuk interaksi sosial yang bersifat assosiatif adalah….
a.    1, 2, dan 3               
b.    1, 3, dan 5
c.  3, 4, dan 5
d.  4, 5, dan 6

38.    “sekali dalam satu bulan warga perumahan Suka Maju secara bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan”. Peristiwa sosial tersebut dikenal dengan….
a.    Musyawarah dan mufakat
b.    Kerukunan dan gotong royong.
c.    Ronda dan siskamling
d.    Swadaya masyarakat

39.    Perhatikan tabel berikut!

Tabel tersebut, provinsi yang memiliki pertumbuhan penduduk paling tinggi ditunjukkan pada nomor….
a. 1           
b. 2
c. 3        
d. 4.

40.     Perhatikan peta arah angin berikut!

Berdasarkan gambar tersebut, musim yang sedang terjadi di Indonesia, yaitu….
a.    Musim hujan                     
b.    Musim kemarau      
c.  musim peralihan
d.  musim pancaroba


II.    SOAL ESSAY

1. Kehidupan manusia tidak akan lepas dari usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhannya. Adapun salah satu pemenuhan kebutuhan manusia adalah pemenuhan kebutuhan ekonomi. Sebagai sebuah lembaga, lembaga ekonomi memiliki tiga unsur penting, yaitu, produksi, distribusi, konsumsi barang dan jasa. Tuliskan fungsi lembaga ekonomi ( 3 fungsi).

2.    Secara sederhana, ruang lingkup pendidikan dapat dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu informal, formal,  dan non formal. Jelaskan lingkup pendidikan nonformal!

3.    Lembaga politik dibentuk untuk memberikan aturan-aturan pada masyarakat agar menjadi warga Negara yang baik ( good citizenship). Tuliskan fungsi- fungsi lembaga politik! (3fungsi).

4.    Jelaskan pengaruh interaksi sosial bagi kehidupan dalam nilai dan norma ditinjau dari segi sosial, ekonomi, dan budaya.

5.    Persaingan adalah suatu proses sosial ketika induvidu atau kelompok-kelompok manusia bersaing mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan pada masa tertentu. Pihak yang bersaing menjadi pusat perhatian public dengan cara menarik perhatian public atau dengan mempertajam prasangk yang telah ada, tanpa mempergunakan ancaman atau kekerasan. Persaingan memiliki beberapa fungsi. Tuliskan fungsi-fungsi tersebut! ( 5 fungsi)




KUNCI JAWABAN ESSAY:
1.    - sarana untuk mendapatkan barang kebutuhan
-    Tempat untuk melakukan pertukaran barang atau jasa
-    Menyerap tenaga kerja
-    Tempat menentukan harga barang
-    Pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
-    Pedoman tentang tata cara [pengupahan
2.    Pendidikan dalam masyarakat non formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Pendidikan jenis ini tidak terikat dengan waktu dan jenjang pendidikan, namun disesuaikan dengan kebutuhan individu itu sendiri.
3.    – menjaga ketertiban masyarakat di wilayahnya
-    Menjaga keamanan masyarakat dari ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri
-    Melakukan berbagai usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
4.    - Sosial: dalam aspek ini interaksim memberi peraturan mengenai cara bersikap dan berperilaku dalam masyarakat.
-    Ekonomi: interaksi memberi pandangan terhadap cara-cara dalam kegiatan perekonomian masyarakat.
-    Budaya: interaksi memiliki peranan dalam membentuk pandangan hidup. Perwujudan nilai-nilai sosial dalam peri kehidupan juga akan membentuk identitas budaya suatu masyarakat tertentu.
5.    – persaingan untuk menyalurkan keinginan-keinginan yang bersifat kompetitif dari individu-individiu atau kelompok-kelompok manusia
-    Persaingan sebagai jalan agar kepentingan-kepentingan serta nilai-nilai yang pada suatu masa menjadi pusat perhatian tersalurkan sebaik-baiknya oleh mereka yang bersaing
-    Persaingan sebagai alat untuk mengadakan seleksi
-    Persingan untuk menyaring orang-orang yang memiliki kemampuan tertentu
-    Mendorong seseorang untuk memiliki kemampuan tertentu sehingga dia memiliki kompetensi tersendiri.
 

BACA JUGA LINK SOAL SEMESTER GANJI SMPhttp://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-semester-ganjil-smp-semua-pelajaran.html

 



Comments

Popular posts from this blog

4. LINK SEMESTER GENAP SMP SEMUA PELAJARAN

   LINK SEMESTER GENAP SELURUH MATA PELAJARAN SMP   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-4481936863020894" crossorigin="anonymous"></script> BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA  ISLAM KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-7-smp.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/pas-genap-agama-islam-kls-8-smp_11.html KELAS 9   KRISTEN KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/05/blog-post_11.html KELAS 8   https://gammaomega1990.blogspot.

2. LINK SEMESTER GANJIL SMP SEMUA PELAJARAN

  <script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>  LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP   BACA JUGA LINK SELURUH UJIAN SMP   https://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-mid-ganjilmid-genap-semester.html BACA JUGA LINK SELURUH MATA PELAJARAN SMP http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/10/link-seluruh-mata-pelajaran-smp.html   <script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-2436925296730387" crossorigin="anonymous"></script> LINK 1. AGAMA ISLAM   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-7.html KELAS 8   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-8.html KELAS 9   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-islam-kls-9.html   1. AGAMA KRISTEN   KELAS 7   http://gammaomega1990.blogspot.com/2021/11/pas-ganjil-agama-kristen-kl

PAS GENAP BAHASA INDONESIA KLS 8 SMP

  1. Perhatikan teks berikut! Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan dengan Australia. .... Kalimat yang tepat untuk melanjutkan teks tersebut  adalah …. A. Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di dunia B. Australia adalah negara tetangga Indonesia C. Diprediksikan wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia D. Karenanya terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia bagian timur dengan wilayah Australia 2.  Perhatikan kalimat berikut! 1.    Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah  karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. 2.    Buku ini mengupas tentang pemanfaatan teknologi di berbagai kantor. Pada bab pertama diuraikan pentingnya teknologi dalam pengolaha